Unik Tapi Ngeri, 'Spider Apocalypse' di Australia Sebabkan Jalanan Diselimuti Jaring Laba-Laba
Unsplash/Anthony Ievlev
SerbaSerbi

Banjir di wilayah East Gippsland mengakibatkan warga Victoria dievakuasi. Sama seperti manusia, laba-laba juga mencari lokasi yang lebih tinggi dan kering.

WowKeren - Sebuah fenomena tak biasa yang disebut "spider apocalypse" atau "kiamat" laba-laba menyerang Australia. Memang terdengar seperti fenomena yang ada di film-film, namun memang seperti itulah yang terjadi di Gippsland, Australia.

Fenomena ini muncul akibat terjadinya hujan deras dan banjir di Victoria. Hamparan jaring laba-laba yang luas menyelimuti seluruh wilayah Gippsland. Pemandangan mengerikan namun unik ini diabadikan lewat tangkapan layar yang dibagikan secara online. Foto-foto itu diposting ke Reddit dengan judul "jika banjir tidak cukup, saya beri Anda, kiamat laba-laba".

Dalam foto tersebut terlihat kondisi jalanan yang diselimuti jaring laba-laba. Bagian tepi jalan raya yang merupakan tanah dan rerumputan tampak jelas berwarna putih karena diselimuti jaring-jaring laba-laba.


Sementara itu, banjir di wilayah East Gippsland minggu lalu mengakibatkan ribuan warga Victoria dievakuasi dari rumah mereka. Sama seperti manusia yang berusaha mencari tempat perlindungan ke lokasi yang lebih tinggi dan kering, laba-laba tampaknya juga demikian.

Fenomena ini disebut sebagai ballooning ketika kondisi cuaca yang lebih dingin telah mengakibatkan laba-laba menutupi bentangan tanah dengan jaring-jaring mereka. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk melindungi diri dari kondisi basah di tanah.

Ini adalah taktik bertahan hidup bagi hewan tersebut. Dengan jaring-jaring itu mereka bisa terus berburu selama kondisi tanah mengering. Prakiraan cuaca menyebutkan jika hujan kemungkinan akan turun lebih banyak selama akhir pekan ini sehingga besar kemungkinan fenomena ini akan terus berlanjut.

Ballooning sendiri merupakan istilah yang merujuk pada perilaku laba-laba atau hewan invertebrata lainnya bergerak di udara dengan melepaskan satu atau lebih benang halus untuk menangkap angin. Ini memungkinkan mereka untuk mengudara karena arus udara dan arus listrik. Ballooning dimanfaatkan laba-laba dan beberapa invertebrata lainnya untuk berpindah antar lokasi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts