Hyunjoo Eks APRIL Minta Maaf Soal 'Endorse Jalur Belakang' di Instagram
Instagram/hyun.joo_lee
Selebriti

Salah satu contoh yang menimbulkan kecurigaan dari netizen adalah dari postingan 24 Agustus, ketika Hyunjoo mengubah tagar di postingan Instagram yang sebelumnya diunggah dari '#sponsor' menjadi '#ad.'

WowKeren - Mantan member APRIL, Hyunjoo meminta maaf setelah dituduh melakukan "endorse jalur belakang" di akun Instagram pribadinya. Lewat postingan Instagram, idol cantik tersebut mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di balik postingannya.

Pada Jumat (27/8) lalu, channel YouTube Korea "Girl Group News" merilis video berjudul "Apakah kecurigaan 'endorse jalur belakang' tentang mantan member APRIL Lee Hyunjoo benar??" yang akhirnya menyebar ke beberapa forum online. "Endorse jalur belakang" mengacu pada jenis iklan palsu di mana influencer atau siapa pun yang meposting produk berpura-pura membeli produk sendiri. Padahal sebenarnya, mereka dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikannya.

Salah satu contoh yang menimbulkan kecurigaan dari netizen adalah dari postingan 24 Agustus, ketika Hyunjoo mengubah tagar di postingan Instagram yang sebelumnya diunggah dari "#sponsor" menjadi "#ad." Pada tanggal 23 Agustus, dia juga masuk ke postingan yang belum diberi tag sama sekali, mengedit di "#ad", kemungkinan mengarah ke kecurigaan "endorse jalur belakang."

Sejak Januari tahun ini, banyak selebritas dan influencer telah menggunakan tagar untuk melabeli iklan atau produk bersponsor yang diberikan kepada mereka oleh brand untuk mencegah kebingungan di antara para followers mereka. Label semacam itu tidak wajib sampai tahun lalu, dengan Komisi Perdagangan yang Adil Korea mengumumkan bahwa pengiklan yang melanggar harus membayar denda hingga 2% dari penjualan atau pendapatan atau hingga 500 juta won.


Menanggapi tuduhan tersebut, Hyunjoo melalui akun Instagramnya pada 29 Agustus memposting surat permintaan maaf resmi. "Halo, ini Lee Hyunjoo. Aku mohon maaf atas kebingungan yang aku timbulkan terkait dengan foto-foto yang aku unggah di Instagram," tulisnya.

Hyunjoo mengungkapkan kalau ia berencana untuk mengunggah item yang telah dia tambahkan tag iklan secara terpisah di iklan YouTube, jadi untuk menghindari kesalahpahaman, dia memberi label sebagai iklan terlebih dahulu.

Dia melanjutkan, "Di luar itu, barang-barang bertanda sponsorship lainnya hanyalah produk yang aku terima sebagai hadiah, tapi aku menambahkan barang-barang itu ke fotoku untuk menunjukkan rasa terima kasihku."

"Aku tidak berpengalaman dalam menandai (postingan), dan aku minta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan. Ke depannya, aku akan melakukannya dengan lebih banyak pertimbangan," tutupnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru