Solbi Kembali Kena Kritik Tak Tahu Malu Jual Karya Seni Diduga Hasil Plagiat
INSTAGRAM/solbibest
Selebriti

Solbi kembali menerima kritikan dari netizen karena karya seninya yang dinilai meniru seniman lain, namun ia dengan tegas mengatakan jika terinspirasi dari orang tersebut.

WowKeren - Tidak ada yang salah dalam menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil karya seni yang dibuat sendiri. Namun, tampaknya tidak mudah bagi Solbi menjual karya seni hasil jerih payahnya karena ia diduga melakukan plagiasi.

Baru-baru ini, Solbi dlaporkan menjual ketiga karya seninya yang ditampilkan di Galeri Saatchi di London. Sebelumnya pada bulan Agustus, Solbi memamerkan karya seninya seri "Just a Cake- Piece of Hope" di FOCUS Art Fair. Dari 13 Agustus di Galeri Saatchi di London, pameran seni diadakan hingga 4 September dengan tema warna kehidupan di Galeri Fold dan Fitzrovia.

Akan tetapi, Solbi justru dikecam oleh netizen karena salah satu karya seninya "Just a Cake - Piece of Hope" itu dituding meniru dan menjiplak motif dari seni kue milik Jeff Koons yang dinamai "Play-Doh". Karya seni yang ia pamerkan di Galeri Saatchi menggunakan lilin yang dilelehkan dan dipahat agar terlihat seperti krim kue dari karya sebelumnya yang kontroversial.

Di tahun lalu, Solbi mulai dikecam ketika ia mengunggah foto karya seni kuenya di Instagram karena kemiripan kue yang dia buat dengan karya seni Jeff Koons yang sudah dibuat pada tahun 2014. Kontroversi ini meningkat ketika Solbi mengunggah foto kuenya dan menjelaskan bahwa para penggemarnya bisa segera membelinya karena sudah tersedia untuk dipesan.


Karena banyak netizen mengkritik bahwa kuenya menyerupai '"Play-Doh" Jeff Koons, Solbi mengedit unggahannya dan menghapus kalimat di bagian bahwa kue itu bisa dipesan. Sebagai gantinya, ia menjelaskan bahwa dia mendapat inspirasi dari seniman Amerika Serikat dan menjelaskan bahwa ia tidak menjual kue itu tetapi akan memakannya sendiri.

Solbi Kembali Kena Kritik Tak Tahu Malu Jual Karya Seni Diduga Hasil Plagiat

Sumber: Instagram

Meski demikian, Solbi terus menjelaskan bahwa dirinya hanya memberi penghormatan kepada karya seni dari seniman Amerika tersebut dan tidak akan menjual kue tersebut. Namun, netizen menemukan bahwa Solbi telah mengunggah foto kue secara online untuk dijual meskipun menjelaskan bahwa dia tidak akan menjual kue tersebut. Dengan semakin banyak netizen yang mengkritik Solbi, dia menghentikan pesanan kue online.

Sementara itu, setelah setahun sejak kontroversi, Solbi kembali memamerkan karya seninya yang berjudul "Just a Cake- Piece of Hope" mengambil motif dari kuenya. Sekali lagi, banyak netizen Korea mengungkapkan kekecewaan mereka dan harapan mereka bahwa dia meminta maaf karena menjiplak.

"Dia terang-terangan menyalin karya orang lain dan masih menggunakan motif yang sama untuk menghasilkan uang," komentar netizen. "Dia sangat tidak tahu malu," "Dia harus meminta maaf karena menjiplak," "Dia baru saja secara terbuka menyalin Play-Doh Jeff Koons. Aku bertanya-tanya apakah dia tidak malu," "Dia perlu meminta maaf. Aku tidak percaya dia masih membuat karya seni dengan motif yang sama," tutur netizen lainnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru