Survei SMRC Ungkap Elektabilitas Habib Rizieq di Atas Puan-Airlangga, Prabowo Masih Jadi Juara
Nasional

Survei SMRC memetakan pilihan Capres RI oleh 981 responden yang terlibat dan Menhan Prabowo Subianto menempati posisi teratas elektabilitas. Habib Rizieq pun masuk di daftar ini.

WowKeren - Pemilihan Presiden masih lama, namun jajak pendapat untuk memetakan elektabilitas tokoh-tokoh politik Indonesia terus dilaksanakan. Yang terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang melakukan survei pada 15-21 September 2021 yang dilakukan dengan format pertanyaan semi terbuka berisikan 42 nama.

Yang tak disangka, hasilnya menunjukkan nama Habib Rizieq Syihab memiliki elektabilitas lebih tinggi daripada beberapa tokoh politik nasional. Elektabilitas Rizieq berada di angka 1,6 persen, bahkan di atas Wakil Presiden Ma'ruf Amin (1,4 persen), eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo (1,4 persen), Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (1,1 persen), dan Menteri BUMN Erick Thohir (1,0 persen).

Malah cukup jauh bila dibandingkan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani (0,8 persen) dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (0,3 persen). Padahal kedua nama ini sebelumnya sempat menyita perhatian dengan menyebar baliho di berbagai titik di Indonesia.


Meski demikian elektabilitas Rizieq masih tergolong kalah dibandingkan dengan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan elektabilitas 2,8 persen. Rizieq juga masih kalah unggul dibandingkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas sampai 3,0 persen.

Namun hasil survei SMRC juga menunjukkan tiga besar nama politikus Indonesia yang meraih elektabilitas tertinggi. Posisi nomor wahid ditempati oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas sampai 18,1 persen.

Kemudian posisi kedua ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 15,8 persen, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,1 persen raupan suara. Ketiga nama ini bersama Ridwan Kamil memang kerap bersaing untuk menempati posisi tertinggi survei elektabilitas Calon Presiden 2024.

Survei SMRC ini diselenggarakan dengan melibatkan 981 responden secara acak (multistage random sampling) dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei itu, SMRC mengajukan pertanyaan berupa, "Bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut?" yang diikuti dengan 42 nama pilihan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru