IU Niat Banget Rilis 'Strawberry Moon' Tengah Malam, Alasannya Singgung Soal Bulan Purnama
Instagram/dlwlrma
Musik

Pada 19 Oktober mendatang, IU akan segera merilis lagu terbarunya 'Strawberry Moon' yang menjadi comeback terbarunya kali ini. Tidak disangka ia memilih untuk merilis lagunya itu di waktu yang tidak biasa.

WowKeren - Jadwal comeback IU semakin dekat dengan perilisannya. Single digital "Strawberry Moon" disambut meriah oleh penggemarnya meski IU sempat membuat mereka jantungan karena mengunggah teaser pertamanya di tengah malam.

Baru-baru ini, IU dijadwalkan untuk comeback yang telah lama ditunggu-tunggu dengan "Strawberry Moon" pada 19 Oktober 2021. Namun, tidak seperti kebanyakan perilisan akhir-akhir ini, IU memilih untuk merilis teaser single tersebut di waktu orang-orang sudah beristirahat dari aktivitas mereka.

Sejak perubahan yang dilakukan pada chart musik dalam beberapa tahun terakhir, para artis telah beralih untuk merilis musik mereka pada pukul 5 hingga 6 sore KST. IU memiliki alasan yang sederhana karena hal tersebut.

Setelah perubahan pada situs streaming dilakukan, hanya musik yang diluncurkan antara pukul 12 hingga 6 sore pada hari itu sendiri yang akan masuk ke dalam grafik real-time. Oleh karena itu, kalau seseorang merilis lagu setelah jam 6 sore, musik lagu artis tersebut tidak akan ditampilkan di tangga lagu hingga hari berikutnya.


Perilisan ini akan sangat mempengaruhi peringkat streaming musiknya. Karena selama ini, untuk non-penggemar biasanya menerima rekomendasi musik terbaru melalui tangga musik yang baru. Tentu saja kebijakan peringkat ini kemudian akan merugikan sebagian besar artis, terutama pemula alias rookie.

Namun, tampaknya IU merasa tidak terlalu mengkahwatirkan permasalahan ini. Seperti diketahui, ini bukan pertama kalinya IU mengorbankan hasil jerih payahnya demi mengejar kepuasan berkarya. Sebelumnya, dengan peluncuran "Autumn Morning”, secara uniknya IU merilis lagu tersebut pada jam 7 pagi.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan peringkat tangga lagu yang membuat lagu IU cukup unik untuk dinantikan. "Jam 7 pagi adalah waktu yang tidak memiliki pengaruh sama sekali di chart sehingga orang jarang merilis lagu pada jam ini. Lagu ini seperti hadiah untuk para penggemar yang IU sampaikan di sini dengan tulus karena ia ingin membalas para penggemar dengan membiarkan mereka menikmati pagi musim gugur yang indah tanpa mempedulikan hasil." ungkap Edam Entertainment selaku agensi IU yang menjelaskan mengapa lagu tersebut dirilis pada pagi hari.

Sepertinya IU kembali menekankan prinsip tersebut lewat "Strawberry Moon", sebuah lagu yang cocok untuk langit yang gelap saat bulan muncul. Lagu ini akan menambah sederet karya IU yang dipersembahkan khusus untuk penggemarnya.

Sementara itu, "Strawberry Moon" akan dirilis pada tengah malam KST. Secara kebetulan, IU ternyata juga mengatur waktunya agar sesuai dengan jadwal adanya bulan purnama.

(wk/taki)

You can share this post!

Related Posts