IU Profile
IU Profile Photo

IU

Profesi
Penyanyi, aktris
Nama Asli
Lee Ji-eun
Tgl Lahir
May 16, 1993
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Penyanyi, aktris
Populer
Merilis single "Missing Child" (2008)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Tinggi Badan
162
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Pendidikan
  • Pernah sekolah di Seoul Eonju Middle School
  • Pernah sekolah di Dongduk High School
Kekasih
Jang Ki Ha (vokalis band "Kiha & The Faces", Mar-15 - Jan-17)
Populer Sejak
Merilis single "Missing Child" (2008)

Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal sebagai IU terlahir dalam keluarga yang stabil secara finansial pada 16 Mei 1993. Ia tumbuh bersama seorang adik laki-laki bernama Lee Jong Hoon. Sayangnya, keluarga IU sempat mengalami masa-masa sulit karena tekanan keuangan.

Dalam acara bincang-bincang "Healing Camp" yang tayang Juli 2014, IU mengungkapkan masa kecilnya yang penuh dengan kesusahan. "Proyek bisnis ayah saya gagal, dan itu berarti berbagai anggota keluarga saya akhirnya tinggal di tempat yang berbeda-beda," ungkapnya.

Awal masa-masa kesulitan keluarga IU turut dibahas dalam acara "TMI News" edisi Juli 2021, yang menyebutkan bahwa sang ibu menandatangani pinjaman kerabat. Namun kerabat tersebut mengambil pinjaman dan melarikan diri, sehingga ibu IU lah yang harus melunasi utang-utang itu.

Karena kesulitan finansial itu, IU terpaksa tinggal bersama adik laki-laki dan neneknya dalam satu rumah yang dipenuhi oleh kecoak. Dalam acara "Come to Play" pada Maret 2011, IU juga mengaku kecewa kala mendengar kerabatnya mengejek keinginannya untuk menjadi seorang penyanyi. Meski begitu, IU tak lantas menyerah untuk mencapai mimpinya. Sosok ayah yang gemar bernyanyi dan karaoke hingga pengalamannya tampil di depan umum saat SMP juga memantapkan niat IU untuk terus mengejar impiannya.

Akan tetapi, perjalanan IU untuk menjadi seorang penyanyi tidaklah mudah. IU sempat kesulitan mencari agensi yang mau menerimanya dan gagal lolos audisi sebagai penyanyi sebanyak 20 kali dalam dua tahun, termasuk audisi JYP Entertainment. Tak hanya gagal lolos audisi, IU bahkan pernah ditipu oleh tiga agensi entertainment abal-abal.

Pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young, sempat mengekspresikan kekecewaannya karena gagal menaungi penyanyi multi-talenta tersebut. "Hatiku hancur setiap kali melihat IU. Saya akan menemukan orang yang menolak IU dari audisi kami dan menghukumnya," ujar Park Jin Young dalam wawancara dengan "Entertainment Weekly" pada Februari 2011.

Beruntung pada tahun 2007, IU berhasil menemukan tempat untuk mengembangkan bakatnya di LOEN Entertainment. Ia resmi debut sebagai solois dengan single "Lost Child" dan perdana menampilkan lagu ballad tersebut di layar TV dalam program musik "M! Countdown" pada 18 September 2008. Meski teknik vokalnya menuai pujian, IU yang debut dengan lagu ballad mellow di usia 15 tahun belum bisa merebut hati para pendengar.

IU kemudian merilis studio album pertamanya yang bertajuk "Growing Up" dengan single utama "Boo", diikuti oleh mini album kedua bertajuk "IU...IM" dengan single utama "Marshmallow" pada 2009. Karya ini lah yang menjadi terobosan IU di dunia musik Korea Selatan. Di tahun 2010, untuk pertama kalinya IU sukses memuncaki tangga lagu domestik dengan single digital "Nagging" yang menampilkan Seulong dari group populer 2AM.

Tak berhenti sampai di situ, IU melanjutkan momentumnya dengan merilis single "Good Day" yang terkenal dengan nada tinggi tiga tingkatnya pada 2011. Lewat single tersebut, IU sukses mencetak salah satu lagu hits terbesar untuk paruh pertama tahun itu. Lagu tersebut bahkan dinobatkan sebagai lagu K-Pop terbaik di dekade 2010-an oleh Billboard pada 2019. IU pun sukses menyabet penghargaan Song of the Year dan Best Korean Pop Song dari Korean Music Awards 2012 berkat lagu hits tersebut.

Selain Korea Selatan, pada 2011 IU juga menyasar pasar Negeri Sakura dengan merilis EP Jepang pertamanya yang bertajuk "I U". EP tersebut berisi sejumlah lagu hits IU seperti "Nagging" dan "Good Day" yang dinyanyikan kembali dalam bahasa Jepang.

Di balik kesuksesan besarnya, karya musik IU rupanya tak lepas dari kontroversi. Pada tahun 2015, lirik lagu "Zeze" yang ditulis sendiri oleh IU dikritik oleh perusahaan penerbit Dongnyok Publishing. Lirik lagu tersebut dinilai "menseksualisasi Zeze", anak kecil tokoh utama dalam novel Brasil berjudul "My Sweet Orange Tree" yang menjadi inspirasi judul lagu itu.

IU sendiri telah menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan bahwa liriknya tidak pernah bermaksud untuk menseksualisasi seorang anak laki-laki berusia 5 tahun. "Zeze yang ada dalam lirik hanyalah pihak ketiga yang menekankan motif novel tersebut. Namun, saya menjadi tahu bahwa banyak orang mendengar lagu saya dan tersinggung dan terluka oleh lirik saya. Ini salah saya sebagai penulis lagu amatir," terang IU. Solois itu dengan bangga tetap menyebut "Zeze" sebagai lagu yang masih sangat ia cintai kala membawakannya dalam konser solo di Seoul pada 21 November 2015.

Meski lagunya sempat terseret kontroversi, IU tetap bisa membuktikan popularitasnya sebagai solois top Korea Selatan dengan menyabet Best Album Of The Year di ajang Melon Music Awards lewat studio album keempatnya, "Palette", pada 2017. IU juga membuktikan kualitas musiknya kala single "Celebrity" dinobatkan sebagai lagu terpopuler di Korea Selatan pada 2021 menurut Gaon Music Chart. Selain lewat "Celebrity" di posisi pertama, IU juga menempati posisi ke-4 dalam tangga lagu digital akhir tahun tersebut dengan single "Lilac". Dominasinya di tangga lagu digital membuat IU dijuluki "digital monster" di dunia K-Pop.

Tak hanya melalui musik, IU juga telah melebarkan sayapnya di dunia hiburan dengan menjadi cast tetap variety show SBS berjudul "Heroes" pada 2010. Popularitas IU semakin melejit dengan debut aktingnya sebagai pemeran pembantu di serial drama remaja "Dream High" yang turut dibintangi oleh Suzy, Kim Soo Hyun, hingga Ok Taecyeon 2PM pada 2011.

Karya IU di dunia akting turut diganjar oleh sejumlah penghargaan. Di tahun 2013, IU menerima penghargaan Best New Actress dari KBS Drama Awards untuk perannya di serial drama "You're the Best, Lee Soon-shin". Pada tahun 2015, IU bersama aktris Park Shin Hye dan sejumlah bintang hallyu lainnya juga menerima Prime Minister's Commendation dalam ajang penghargaan bergengsi Korean Popular Culture and Arts Awards.

Sementara itu, kesuksesan di dunia hiburan sejak usia remaja rupanya membawa efek positif dan juga negatif kepada hidup IU. Sisi positifnya, IU dilaporkan mampu membayar seluruh utang orangtuanya hanya dalam waktu tiga tahun setelah debut. Sisi negatifnya, popularitas IU yang luar biasa justru membuat adik laki-lakinya, Lee Jong Hoon, memilih untuk menyembunyikan fakta soal hubungan keluarga mereka.

"Dia (Lee Jong Hoon) merahasiakannya (hubungan keluarga dengan IU) sepanjang hidupnya. Hanya empat hingga lima teman dekatnya yang tahu. Dia memberitahu ibu bahwa ia masih merahasiakannya," ungkap IU saat menjadi bintang tamu acara "You Quiz on the Block" pada Maret 2021.

Selain itu, IU juga pernah buka-bukaan soal eating disorder atau gangguan makan yang dialaminya dalam acara "Healing Camp, Aren't You Happy" pada tahun 2014. IU mengaku selalu merasa cemas setelah debut, sehingga ia meragukan diri sendiri serta takut popularitas dan kesuksesannya dapat diambil kapan saja. Hal itu membuat IU sempat makan berlebihan alias binge eating dan kemudian memuntahkannya hingga ia mengidap bulimia.

Pelantun "Through the Night" tersebut juga mengungkapkan diet ekstremnya pada 2013, dimana ia hanya mengkonsumsi satu apel, dua ubi jalar, dan minuman bubuk protein per hari. Diet ekstrem tersebut bertujuan untuk membantunya menurunkan bobot 5 kilogram hanya dalam lima hari hingga kemudian dikenal dengan istilah "IU Diet Challenge".

Untungnya, IU mau mencari bantuan profesional serta saran dari orang lain. Dia mulai menjaga kesehatan mental dan fisiknya, salah satunya dengan membuat buku harian. IU juga menjadi jauh lebih baik dalam mengikuti aturan makan baru yang lebih sehat setelah mendapatkan pengobatan. Salah satunya adalah makan setelah berolahraga dan menikmati makanan berkualitas baik setiap hari.

Dari sisi kehidupan pribadi, IU beberapa kali terseret dalam rumor kencan selama kariernya. Salah satunya, IU sempat terseret skandal bersama Eunhyuk Super Junior di tahun 2012 karena mengunggah foto berdua di atas ranjang. LOEN Entertainment sebagai agensi IU kala itu menjelaskan bahwa foto tersebut diambil ketika Eunhyuk tengah mengunjungi IU yang sedang sakit. IU kemudian tak sengaja mengunggah foto pribadi tersebut kala mengupdate akun Twitter-nya.

Dalam acara "Incarnation" yang ditayangkan Juli 2013, IU meminta maaf dan mengakui dirinya tak sengaja mengunggah foto itu. Meski begitu, foto IU dan Eunhyuk itu sempat memicu rumor rencana pernikahan serta kehamilan. Rumor tersebut lantas dibantah langsung oleh IU dalam acara "Hwa Shin" yang tayang Juli 2013.

Pada 2015, IU mengkonfirmasi hubungan asmaranya dengan vokalis band Jang Kiha & The Faces, Jang Ki Ha. Melalui laman fan cafe resminya, IU mengungkapkan bahwa dirinya jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Jang Ki Ha. "Kami telah berkencan hampir dua tahun. Kami bertemu di sebuah acara radio dan aku jatuh cinta pada pandangan pertama," tulis IU.

Sayangnya, IU dan Jang Ki Ha dikabarkan putus pada Januari 2017. Dooroodooroo selaku agensi Jang Ki Ha, dan LOEN Entertainment kala itu sama-sama telah mengkonfirmasi kabar putus tersebut.

Meski sempat terseret dalam sejumlah skandal dan rumor, IU tetap dikenal dengan suara merdu, kemampuan akting yang mumpuni, hingga kedermawanannya. Tak hanya melunasi utang orangtuanya, IU diketahui juga selalu berdonasi di hari ulang tahunnya. Tahun ini, IU memberikan donasi sebesar 210 juta won atau setara Rp 2,3 miliar untuk mendanai operasi dan perawatan bagi remaja penyandang disabilitas pendengaran hingga mendukung rumah tangga dengan orangtua tunggal. Ia juga memiliki tradisi untuk berdonasi di akhir tahun dan menyumbangkan 200 juta won atau setara Rp 2,2 miliar ke ChildFund Korea untuk pasien kanker serta anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah pada 24 Desember 2021.

Diskografi dan Tur

Digital Single Non-Album

  • "Nagging (with 2AM Seulong)" (2010)
  • "Ice Flower (with Yuna Kim)" (2011)
  • "Bbibbi" (2018)
  • "Eight (Prod.&Feat. SUGA of BTS)" (2020)
  • "Strawberry Moon" (2021)

Mini Album/EP

  • "Lost and Found" (2008)
  • "IU…IM" (2009)
  • "Real" (2010)
  • "Real+" (2011)
  • "I U" (2011)
  • "Spring of a Twenty Year Old" (2012)
  • "Can You Hear Me?" (2013)
  • "Kkot-Galpi" (2014)
  • "CHAT-SHIRE" (2015)
  • "Kkot-Galpi #2" (2017)
  • "Love Poem" (2019)
  • "Pieces" (2021)

Studio Album

  • "Growing Up" (2009)
  • "Last Fantasy" (2011)
  • "Modern Times" (2013)
  • "Modern Times Epilogue" (repackage) (2013)
  • "Palette" (2017)
  • "LILAC" (2021)

Soundtrack

  • "You Are Always Like That" - Strike Love OST (2009)
  • "To The Sea" - The Great Queen Seondeok OST (2009)
  • "Wind Flower" - The Great Queen Seondeok OST (2009)
  • "Danny Boy" - Paradise OST (2009)
  • "Fifth Finger" - 19-Nineteen OST (2010)
  • "Because I'm a Woman" - Road No. 1 OST (2010)
  • "Someday" - Dream High OST (2011)
  • "Hold My Hand" - The Greatest Love OST (2011)
  • "Heart" - Producer OST (2015)
  • "Give You My Heart" - Crash Landing On You OST (2020)
  • "Into the I-LAND" - I-LAND Part.1 Signal Song (2020)

Tur

  • 1st Korea Tour: Real Fantasy (2012)
  • 2nd Korea Tour: Modern Times (2013)
  • 3rd Korea Tour: Chat-Shire (2015)
  • 24 Steps: One, Two, Three, Four (2016)
  • 2017 Tour Concert (2017)
  • 2018 10th Anniversary Tour Concert <이지금 dlwlrma> (2018)
  • 2019 Tour Concert (2019)
  • The Golden Hour: Under the Orange Sun (September 2022)

Filmografi

Film:

  • "Real" sebagai cameo (2017)
  • "Shades of the Heart" sebagai Mi Young (2019)
  • "Persona" (Netflix) sebagai IU/Eun/Jieun/Hanna (2019)
  • "Broker" sebagai Soyoung (2022)
  • "Dream sebagai Lee So-min (akan datang)

Serial Drama:

  • "Dream High" sebagai Kim Pil Suk (2011)
  • "Dream High 2" sebagai Kim Pil Suk (cameo) (2012)
  • "Salamander Guru and The Shadow Operation Team" sebagai Ji Eun (cameo) (2012)
  • "You're The Best Lee Soon Shin" sebagai Lee Soon Shin (2013)
  • "Bel Ami" sebagai Kim Botong (2013)
  • "The Producers" sebagai Cindy (2015)
  • "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo" sebagai Hae Soo / Go Hajin (2016)
  • "My Ajusshi" sebagai Lee Ji An (2018)
  • "Hotel del Luna" sebagai Jang Man Wol (2019)

Penghargaan:

Korean Music Awards

  • 2012: Song of The Year, Best Korean Pop Song, Netizens’ Choice – Female Artist of the Year
  • 2016: Netizens' Choice – Female Artist of the Year
  • 2018: Best Pop Album
  • 2022: Best Pop Album

Gaon Chart Music Awards

  • 2012: Artist of the Year – February∙December
  • 2014: Artist of the Year – October
  • 2018: Artist of the Year (Digital Music – March∙April), Music Steady Seller of the Year, Lyricist of the Year
  • 2019: Artist of the Year (Digital Music – October)
  • 2020: Artist of the Year (Digital Music – November)
  • 2021: Lyricist of the Year, Music Steady Seller of the Year, Artist of the Year – May
  • 2022: Lyricist of the Year, Artist of the Year - January∙March∙October

High1 Seoul Music Awards

  • 2011: Digital Music Award, Bonsang
  • 2012: Bonsang, Best Album
  • 2018: Best Album
  • 2022: Best Song Award, Bonsang

Golden Disk Awards

  • 2010: Digital Song Bonsang
  • 2018: Digital Song of the Year, Digital Song Bonsang
  • 2021: Digital Song of the Year, Digital Song Bonsang
  • 2022: Digital Song of the Year, Digital Song Bonsang, Album Bonsang

Hanteo Music Awards

  • 2021: Best Female Solo Artist

Mnet Asian Music Awards (MAMA)

  • 2011: Best Vocal Performance – Solo
  • 2012: Best Female Artist
  • 2014: Best Female Artist, The Most Popular Vocalist
  • 2017: Best Female Artist
  • 2020: Best Female Artist, Best Vocal Performance – Solo, Best Collaboration
  • 2021: Best Female Artist, Best Vocal Performance, Best Collaboration

Asia Artist Awards
  • 2018: Artist of the Year – Television/Film, Asia Hottest, STARPAY Popularity Award
  • 2021: U+ Idol Live Popularity Award

Korea Advertising Association Awards

  • 2011: Good Model Award
  • 2021: Exemplary Model Award

APAN MUSIC AWARDS

  • 2021: Popularity Award – Idol Champ Fan's Pick – Female Solo

Baeksang Arts Awards

  • 2019: V LIVE Popularity Award

SAF (SBS Awards Festival) SBS Drama Awards

  • 2016: Best Couple Award

Korean Popular Culture and Arts Awards

  • 2015: Prime Minister's Commendation

KBS Drama Awards

  • 2013: Best New Actress, Best Couple Award

Korean Entertainment 10th Anniversary Awards in Japan

  • 2013: Best Female Solo Artist

Japan Gold Disc Award

  • 2013: Best 3 New Artists (Asia)

Korea PD Awards

  • 2012: Singer Award

Allkpop Awards

  • 2012: Best Female Solo Artist

Asia Model Festival Awards

  • 2012: BBF Popular Artist Award

Mnet 20's Choice Awards

  • 2011: Hot CF Star

Olleh-Lotte Smartphone Film Festival

  • 2011: Special Award

SBS Entertainment Awards

  • 2010: Best Newcomer Award in a Variety Show

Korea Visual Arts Festival

  • 2010: Photogenic Award – Singer Category

Republic of Korea Entertainment Arts Awards Ceremony

  • 2010: New Generation Singer Award

APAN Star Awards

  • 2018: Best Actress in a Miniseries

Trivia:

  1. Putuskan untuk jadi penyanyi usai penampilannya saat kelas 1 SMP disambut meriah.
  2. Gagal lolos audisi sebagai penyanyi 20 kali dalam dua tahun, termasuk audisi JYP Entertainment.
  3. Nama panggungnya gabungan kata "I" (aku) dan "You" (kamu), artinya IU dan pendengar jadi satu dalam musik.
  4. Bawakan lagu debut "Lost Child" untuk pertama kali di "M! Countdown" pada 18 September 2008.
  5. Park Jin Young berikan lagu "Someday" ciptaannya kepada IU sebagai OST "Dream High"
  6. Nama fandom resminya adalah "UAENA"
  7. Pernah gelar konser dua hari di Jakarta pada tahun 2019 usai melihat komentar penggemar Tanah Air
  8. Pegang rekor jumlah lagu terbanyak yang mencapai predikat Perfect All-Kill (PAK) dengan 21 lagu
  9. Berlatih mengumpat di hadapan orangtuanya demi siapkan peran di film "Broker"
  10. Bersahabat akrab dengan aktris cantik Yoo In Na
  11. Malu-malu kala ingin berteman dengan Suzy di lokasi syuting "Dream High"
  12. IU ngefans berat dengan Taeyang BIGBANG dan sempat duet bawakan lagu "I need a girl"
  13. Pernah sebut aktor Yoo Ah In sebagai tipe pria idealnya.
  14. Pernah alami pengalaman mistis saat masih tinggal di dorm, IU merasa telinganya ditiup dan ada yang berbisik "aku cinta kamu"
  15. Berkarier sebagai penyanyi sejak SMA, IU putuskan untuk tidak kuliah karena merasa nilainya kurang.
  16. Beri beasiswa untuk empat lulusan SMA almamaternya yang punya situasi keluarga kurang baik.
  17. Ibu IU tak pernah menyentuh penghasilan putrinya dan tetap bekerja meski sang anak super sukses.
  18. Telah menyumbangkan total 900 juta won atau setara Rp 9,9 miliar untuk berbagai tujuan sejak 2018 dan jadi orang termuda yang masuk dalam daftar 2019 Asia’s Heroes of Philanthropy: Catalysts for Change.
  19. Langganan masuk daftar Forbes Korea "Power Celebrity 40" sejak tahun 2012.

IU Lirik Lagu