Seo Young Eun Kep1er Dikritik Video Lama Singgung Perampasan Budaya, Sang Kakak Turun Tangan
Instagram/girlsplanet999
Musik

Salah satu anggota Kep1er yakni Seo Young Eun sempat mendapat kritikan pedas dari netizen yang menuduhnya telah melanggar isu culture appropriate setelah video lamanya di tahun 2018 kembali beredar.

WowKeren - Perjalanan karier para anggota girl grup Kep1er yang merupakan jebolan ajang survival "Girls Planet 999" terus menjadi sorotan. Baik di masa lampau hingga penampilannya saat ini, salah satu anggotanya yakni Seo Young Eun kembali menuai perhatian.

Baru-baru ini, video lawas Seo Young Eun mendapat kecaman dari netizen karena dinilai mengandung unsur perampasan budaya atau yang lebih dikenal culture approriation. Video tersebut diketahui sudah direkam sejak tahun 2018 yang menunjukkan Seo Young Eun melakukan dance cover di acara "Pop/Stars" K/DA di festival MODERNK Practical Music Academy.

Saat itu, Seo Young Eun berusia sekitar 13 atau 14 tahun. Namun, salah satu penonton "Girls Planet 999" memprotes gaya rambut di video lama itu yang mana sang idola satu ini menampilkan rambut dikepang dengan cornrows (juga disebut canerows).

Gaya rambut ini dianggap sesuai secara budaya ketika dikenakan oleh orang-orang dari budaya dan etnis lain. Cornrows memiliki sejarah panjang dan bermakna di seluruh budaya orang kulit hitam yang mewakili budaya dan nilai tradisinya. Sayangnya, orang kulit hitam sering menghadapi diskriminasi karena memakai gaya rambut tradisional sehingga ini merupakan isu sensitif.


Dengan nama akun @youngeun_debut di Twitter, akun tersebut mengaku sebagai saudara perempuan Seo Young Eun yang memberikan klarifikasi tentang isu tersebut. Saudaranya menyatakan bahwa dia secara pribadi telah menjawab pertanyaan itu kepada penggemar Seo Young Eun, namun ia akhirnya membuat pernyataan publik setelah mempertimbangkannya.

"Pertama-tama, Young Eun jauh lebih muda dari sekarang ketika dia ada di video dan saat itu dia tidak dapat menata rambutnya sendiri. Dan pada waktu itu, gaya rambutnya tidak menjadi masalah bagi masyarakat umum, jadi aku tidak berpikir ini akan menjadi masalah," ungkap pemilik akun @youngeun_debut.

"Aku meminta maaf kepada semua orang yang telah terluka oleh ini. Namun, jika kalian berpikir dia melakukannya untuk meremehkan ras, mencuri budaya, atau mengejek, aku benar-benar minta maaf tapi itu tidak benar," lanjut saudara perempuan Seo Young Eun.

"Seperti yang diketahui, dia adalah orang yang mencintai dan menghormati segalanya tanpa memandang orang, latar belakang, pekerjaan, agama, budaya, dll. Tidak ada tindakannya yang dimaksudkan untuk menyakiti, mengejek, atau berperilaku kasar. Dia hanyalah seorang anak kecil yang tidak tahu perbedaan budaya," tutur tulisan saudara perempuan Seo Young Eun.

Sementara itu, sang kakak Seo Young Eun mengungkapkan jika akan mengajari adiknya itu untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Sang kakak kembali mengutarakan jika ia mewakili adiknya meminta maaf jika ada yang tersinggung karena hal tersebut.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru