Megawati Sebut Bukan Keinginannya, Jabatan Ketua Dewan Pengarah BRIN Amanah Presiden
Instagram/presidenmegawati
Nasional

Sebagai informasi, Megawati sebelumnya telah dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. Namun hingga kini diketahui masih banyak pertanyaan mengenai hal tersebut.

WowKeren - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelumnya ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengarah di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mengenai hal ini, Megawati lantas buka suara.

Megawati mengatakan bahwa jabatan sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN itu bukanlah merupakan keinginannya. Ia menyebut bahwa hal tersebut merupakan permintaan dan penugasan dari Presiden Joko Widodo selaku Kepala Negara Indonesia.

Megawati juga menegaskan bahwa posisi sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN itu bukan atas kemauannya sendiri. Menurutnya, hal ini perlu disampaikan dan ditegaskan kepada publik lantaran banyaknya pertanyaan kepadanya mengenai jabatan tersebut.

Pernyataan mengenai jabatannya sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN itu disampaikannya saat berpidato di dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDIP. "Banyak orang bertanya, kenapa Pak Jokowi, yang dijadikan (Ketua Dewan Pengarah BRIN) saya lagi, begitu," tutur Megawati dalam pidato, Senin (10/1) dilihat dari Kompas TV.


"Lah saya bilang, yang menyuruh saya Presiden lho, memangnya maunya saya sendiri," imbuh Megawati. "Coba toh, aneh ya?"

Selanjutnya, Megawati menambahkan bahwa pertanyaan itu muncul lantaran ia dianggap kurang pintar. Sementara itu, ia menuturkan bahwa Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menganggapnya sebagai salah satu pihak yang kerap membicarakan soal riset dan inovasi di Indonesia selain Presiden ketiga BJ Habibie.

Meski demikian, Megawati mengaku bahwa dirinya kurang cakap dalam berbicara. Sehingga banyak orang yang menganggapnya kurang pintar. "Saya tetap disinggung, kenapa yang dijadikan Ketua Dewan Pengarah Ibu Mega, gitu," lanjutnya.

"Pak Handoko, lalu bilang, saya kok dengar yang ngomong riset dulu itu Pak Habibie dan Ibu Mega," papar Megawati. Atas ditunjuknya ia sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati lantas berterima kasih kepada Jokowi.

Sebagai informasi, Megawati sebelumnya telah dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN pada 13 Oktober 2021 lalu, di Istana Negara, Jakarta. Adapun penetapan keanggotaannya dalam Dewan Pengarah BRIN tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah BRIN.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait