Pertimbangkan Kebutuhan Nutrisi
TikTok/ida.azfar
Health

Dengan pengaturan yang benar, defisit kalori tak akan membuat seseorang merasa kelaparan. Apa saja rahasianya? Ini dia ulasan Rufaidah Toaha selengkapnya!

WowKeren - Hal lain yang harus diperhatikan agar tak kelaparan saat defisit kalori adalah kandungan nutrisi pada makanan. Dimana kebutuhan nutrisi yang harus dicukupi meliputi karbohidrat, protein, lemak, hingga asupan vitamin dan mineral. Saat semua nutrisi sudah terpenuhi, seseorang akan merasakan kenyang dalam waktu yang cukup lama.

"Mungkin yang lagi berjuang untuk diet, sudah makan banyak, tapi tetap lapar. Karena nutrisi kita kurang. Jadi, memang sangat penting untuk kita memperhatikan nutrisi pada saat kita diet, bukan hanya sekedar defisit kalori," pesan Ida. "Karbohidrat, protein, dan lemak adalah komponen utama yang dibutuhkan sebagai sumber energi. Plus mikro (nutrisi) seperti vitamin dan mineral. Memang sebenarnya enggak ada pantangan saat diet. Kita tetap boleh makan dengan porsi yang dibatasi dan bervariasi."

Pada dasarnya, penurunan berat badan membutuhkan proses yang cukup panjang. Karena itulah, defisit kalori harus dilakukan secara konsisten dalam kurun waktu tertentu. Jika dalam jangka waktu tersebut seseorang tidak memerhatikan nutrisi, maka tubuh bisa berisiko mendapatkan gangguan kesehatan.

"Defisit kalori selama dia memang membutuhkan penurunan berat badan, aman dilakukan. Tapi, sekarang yang menjadi berbahaya, apabila defisit kalori tersebut disertai dengan defisit nutrisi," terang Ida. "Dia (pemula) mungkin menghindari satu jenis makanan tertentu, jadi kekurangan nutrisi. Nah, inilah yang menyebabkan defisit kalori bisa menjadi berbahaya dalam jangka panjang."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel