Upaya Pengobatan Yang Tepat
Unsplash/JESHOOTS.COM
Health

Penyakit Dekubitus belakangan ini menyebabkan sejumlah publik figur Tanah Air meninggal dunia. Yuk, kenali pengertian, penyebab, gejala serta upaya pengobatan yang tepat untuk penyakit dekubitus.

WowKeren - Mengurangi Intensitas Penekanan

Langkah awal yakni mengurangi tekanan berlebih pada kulit yang mengalami luka dekubitus. Misalnya, mengubah posisi tubuh secara berkala. Pasien mungkin perlu menggunakan kasur, matras, atau bantalan khusus untuk melindungi bagian kulit yang rentan mengalami luka.

Membersihkan Dan Merawat Luka

Luka dekubitus perlu dibersihkan dengan air atau cairan khusus. Setelah itu, luka harus ditutup dengan perban atau busa guna mencegah infeksi. Perawatan luka dekubitus wajib dilakukan secara berkala agar tak semakin parah.

Beri Bantuan Obat

Obat-obatan yang sesuai dapat diberikan untuk mengurangi nyeri akibat luka dekubitus. Beberapa obat juga membantu mencegah infeksi. Mengenai penggunaan obat yang tepat, diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pola Makan Sehat

Disamping bantuan pengobatan, pasien wajib menerapkan pola makan yang sehat. Pasien disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan cairan yang cukup guna mempercepat pemulihan jaringan.

Mengangkat Jaringan Yang Rusak

Dokter biasanya akan membuang jaringan yang rusak, mati, atau terinfeksi akibat luka dekubitus. Langkah ini ditempuh guna membersihkan area sekitar luka dekubitus sehingga kulit bisa pulih lebih cepat.

Operasi

Upaya lainnya adalah operasi kecil yang dilakukan oleh dokter ahli. Biasanya, dokter akan menggunakan jaringan kulit dari bagian tubuh lain untuk menutup luka dekubitus. Tindakan ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat.

Itu dia pembahasan seputar penyakit dekubitus. Semoga artikel di atas membantu sobat WowKeren memahami bahaya dan penanganan tepat penyakit dekubitus. Sampai jumpa di next artikel. See you!

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait