EXO Disebut Miliki Net Worth Lebih Besar dari BTS dan BLACKPINK, Jadi Grup Terkaya di 2022?
Selebriti

BTS dan BLACKPINK telah menaklukkan dunia dan menduduki puncak tangga lagu musik di seluruh dunia. Namun, popularitas nampaknya tidak berbanding lurus dengan pendapatan.

WowKeren - Meskipun memiliki dampak global yang sangat besar, baik BTS (Bangtan Boys) maupun BLACKPINK (Black Pink) bukanlah grup Kpop terkaya di tahun 2022. BTS dan BLACKPINK telah menaklukkan dunia dan menduduki puncak tangga lagu musik di seluruh dunia. Namun, popularitas tidak berbanding lurus dengan pendapatan. Di bawah ini adalah 3 grup Kpop berpenghasilan tertinggi menurut SCMP, dan peringkatnya mungkin mengejutkan kalian.

1. EXO (1 miliar USD)

Dijuluki "Nation's Pick", EXO pernah menguasai Kpop dengan vokal mereka yang luar biasa, koreografi yang mengesankan, dan visual yang indah. Ternyata, EXO adalah grup Kpop terkaya pada 2022, dengan total peringkat kekayaan bersih mereka hingga 1 miliar USD, 6 kali lebih tinggi dari BTS dan setara dengan selebriti top AS seperti Kim Kardashian dan Jay Z.

Meskipun angka tersebut tidak dapat diverifikasi, situs media seperti KpopStars, Kami, dan Channel Korean mengklaim bahwa EXO bernilai satu miliar dolar. Di sisi lain, ada juga informasi bahwa setiap member EXO memiliki kekayaan bersih individu sekitar 7-10 juta USD. Sementara itu, situs berita lain seperti Sportskeeda dan Otakukart, melaporkan penurunan total sekitar 100 juta hingga 130 juta USD.

Sementara EXO tidak memiliki dampak internasional sebesar BTS, tidak mungkin untuk menyangkal pengaruh grup ini di Korea. Menurut Forbes, EXO termasuk di antara 5 selebriti paling kuat di Korea dari 2014 hingga 2018. Di sisi lain, Popnable menganalisis pendapatan EXO dalam 7 tahun terakhir, dan mengutip pendapatan rata-rata 2,5 juta USD per member dari 2016 hingga 2022.

2. BTS (120-150 juta USD)

Menurut Sportskeeda, BTS memiliki kekayaan bersih 120-150 juta USD dari penjualan album, tur, dukungan merek, dan royalti musik. Situs berita yang sama juga melaporkan bahwa BTS menghasilkan 3,9 miliar USD bagi perekonomian Korea – lebih banyak dari total pendapatan banyak perusahaan multinasional.


Menurut Celebrity Net Worth, dalam tahun 2019 saja, BTS memperoleh 170 juta USD dari "Love Yourself World Tour" mereka – lebih banyak dari band Amerika mana pun di tahun yang sama, kecuali Metallica. Grup idol ini juga berkolaborasi dengan brand seperti Baskin-Robbins, LeSportsac, Skechers, Mattel, Casetify, Tamagotchi, VT Cosmetics, dan Jamie Wander.

Pada tahun 2022, setelah merilis album baru "Proof", grup ini juga meluncurkan game baru, BTS Island, yang bertema seputar pencarian grup untuk bersenang-senang dan relaksasi saat mereka tiba di pulau kosong yang misterius. Member BTS dulu tinggal di Hannam the Hill, salah satu bangunan tempat tinggal termahal di Korea. Menurut Lifestyle Korea, setiap anggota juga memiliki apartemen mewah mereka sendiri, yang masing-masing berharga sekitar 7 juta USD.

Dengan penghasilan setinggi itu, BTS juga dikenal sebagai "malaikat amal", dan pernah menyumbangkan 1 juta USD untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan keuangan selama Covid-19. Menurut CNBC, grup idol tersebut juga menyumbangkan 1 juta USD lagi untuk gerakan Black Lives Matter.

3. BLACKPINK (62 juta USD)

BLACKPINK dianggap sebagai pilar YG Entertainment, dengan kekayaan bersih hingga 62 juta USD dan menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan mereka. Sejak debut mereka pada tahun 2016, BLACKPINK telah menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia, dan baru-baru ini telah memperkuat status "bintang global" mereka dengan peringkat tinggi di Billboard. Mereka juga pernah bekerja sama dengan selebriti internasional seperti Lady Gaga, Cardi B, Dua Lipa, dan Selena Gomez.

Pada tahun 2020, girl grup tersebut membuat sejarah di Spotify ketika "How You Like That" memulai debutnya di posisi ke-5 di Top 50 Global Daily platform, membuat rekor untuk girl grup baik di dalam maupun di luar Kpop. Lagu tersebut kemudian terus menanjak di platform musik dan menempati posisi ke-2, menjadi lagu Kpop dengan peringkat tertinggi dalam sejarah Spotify.

BLACKPINK juga membangun pengaruh kuat di dunia mode, dengan setiap member mewakili rumah desainer mewah seperti Dior, Calvin Klein, Chanel, YSL, Celine, Bvlgari, dan Tiffany & Co. Dengan aset jutaan USD, grup ini dulu tinggal di Han River Bamseom Apartments, salah satu akomodasi paling mewah di Seoul.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru