Beda dari Aslinya, Ini Alasan Hwang Jung Min Jadi Raja Narkoba Berkedok Pendeta di 'Narco-Saints'
TV

Saat melakukan wawancara belum lama ini, sutradara 'Narco-Saints' berbicara tentang perbedaan karakter Hwang Jung Min dengan raja narkoba asli yang menjadi inspirasi ceritanya. Seperti apa?

WowKeren - Baru-baru ini sutradara "Narco-Saints" Yoon Jong Bin membicarakan banyak hal menarik tentang kisah asli drama ini. Termasuk soal raja narkoba Cho Bong Haeng yang menjadi inspirasi cerita "Narco-Saints".

Cho Bong Haeng adalah pria asli Korea yang mengoperasikan organisasi perdagangan narkoba di Suriname antara akhir 1990-an hingga awal 2000-an. Dia ditangkap di Bandara Internasional Sao Paulo pada Juli 2009 dan dipindahkan ke Korea pada 2011. Dia akhirnya dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan 100 juta won.

Di "Narco-Saints", Cho Bong Haeng menjadi inspirasi karakter Hwang Jung Min yang bernama Jeon Yo Hwan. Dia adalah raja narkoba yang menyamar sebagai pendeta di Suriname.

Berbeda dengan Jeon Yo Hwan, Cho Bong Haeng tidak memulai kehidupan kriminalnya dengan narkoba. Saat pertama kali tiba di Suriname pada tahun 1980-an, dia bekerja sebagai insinyur kelautan selama delapan tahun. Kehidupan kriminalnya dimulai di Korea ketika dia mencuri 1 miliar won dengan dalih bahwa uang itu akan digunakan untuk membangun gedung.

Ketika polisi memulai penyelidikan, Cho Bong Haeng kabur ke Suriname, memperoleh status kewarganegaraan baru dan mendirikan pabrik ikannya sendiri yang ditutupi untuk pencurian minyak. Dia kemudian beralih ke bisnis obat-obatan terlarang karena penyelundupan minyak semakin sulit dilakukan.


Cho Bong Haeng juga bukan seorang pendeta seperti karakter Jeon Yo Hwan. Lantas, apa yang membuat sutradara membedakan detail penting tersebut?

Untuk ini, sutradara Yoon Jong Bin berkata, "Aku pikir, orang seperti apa yang akan merasa dapat diandalkan, dapat dipercaya sekaligus memberikan kesan bahwa dia adalah orang yang berwibawa. Dan hanya profesi pendeta yang muncul di benakku. Aku pribadi tidak memiliki perasaan terhadap gereja."

Ketika ditanya tentang keberadaan Cho Bong Haeng saat ini, sutradara menjawab bahwa itu tetap "tidak diketahui karena NIS dan jaksa mengatakan bahwa mereka tidak dapat mengungkapkan informasinya."

Kendati demikian, Channel A sempat melaporkan berita penting tentang Cho Bong Haeng pada 17 September lalu. Menurut saluran tersebut, Cho Bong Haeng telah meninggal pada 19 April 2016 di sebuah rumah sakit di Hwangju pada usia 64 tahun.

Penyebab kematiannya tercatat sebagai tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Dia sempat menjalani hukuman penjara selama lima tahun di Haenam, Jeolla Selatan, sebelum dibebaskan karena kesehatannya yang memburuk.

Sementara itu, "Narco-Saints" adalah drama enam episode yang dirilis pada 9 September lalu. Terlepas dari protes yang dilayangkan pemerintah Suriname, drama ini menerima banyak ulasan positif karena alur ceritanya yang menarik.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru