Lagu Rain untuk 'Street man Fighter' Dituding Plagiat 'BILLIE EILISH'
Instagram/rain_oppa
TV

'Street Man Fighter' kembali terlibat isu plagiarisme. Kali ini, lagu baru Rain, 'DOMESTIC' yang dirilis di 'Street Man Fighter' dituding plagiat lagu 'BILLIE EILISH' milik rapper Armani White.

WowKeren - "Street Man Fighter" kembali terlibat isu plagiarisme. "DOMESTIC", lagu baru Rain yang dirilis di "Street Man Fighter" dituduh plagiat "BILLIE EILISH" milik rapper Armani White.

Diketahui bahwa “DOMESTIC” adalah lagu semi final untuk "Street Man Fighter" yang ditambahkan dengan koreografi dari We Dem Boyz. Sejak dirilis pada 18 Oktober, kemiripan dengan “BILLIE EILISH.” telah memicu pembahasan.

“DOMESTIK” dan “BILLIE EILISH" sama-sama bergenre hip-hop. Namun, ditegaskan bahwa sulit untuk menemukan perbedaan dalam ritme pendahuluan dan hook (highlight lagu) di antara kedua lagu tersebut. Sebagian besar pendapat adalah bahwa "BILLIE EILISH." terlintas dalam pikiran begitu mereka mendengar "DOMESTIK".

Rain Company selaku agensi Rain pun memberikan klarifikasi terkait kontroversi dan isu plagiarisme tersebut. Pihaknya menjelaskan bahwa kemiripan bisa saja terjadi karena genre yang sama.

"Tidak ada sampel lagu. Kami baru saja menerima lagu dari seorang komposer yang berkolaborasi dengan Mnet. Kedua lagu tersebut bisa terdengar mirip karena 'genre hip-hop Arab'," ujar pihak Rain Company kepada Ten Asia.


Pihak CJ ENM juga dihubungi terkait persoalan tersebut. Seorang pejabat menegaskan bahwa isu plagiat tersebut tidak benar adanya.

"Komposer Caesar berpartisipasi dalam lagu 'DOMESTIK' dari 'SMF'. Penataan alat musik gesek di awal lagu mirip, tapi itu murni ciptaan," ujarnya pada Ten Asia.

Sebelumnya, industri musik Korea diketahui mengalami “insiden plagiarisme Yoo Hee Yeol”. Pada bulan Juni, Yoo Hee Yeol dituduh menjiplak lagu “Aqua” milik Ryuichi Sakamoto dengan lagu ciptaannya sendiri “Very Private Night” (terjemahan literal). Pada saat itu, dia menundukkan kepalanya, berkata, “Saya mengakui kesamaan antara kedua lagu itu,” dan “Saya minta maaf karena mengecewakan banyak orang.”

Jika sebuah karya disalin tanpa persetujuan dari penulis aslinya, itu dianggap plagiarisme. Namun, agar plagiarisme dapat dikenali, standar kesamaan dan kreativitas yang terpisah perlu dipertimbangkan. Di sinilah letak masalahnya: sulit membedakan antara kesamaan dan kreativitas.

Dengan isu terbaru Rain tentang lagunya “DOMESTIC”, rumor tentang plagiarisme di "Street Man Fighter" kembali beredar. Diketahui bahwa peserta “Street Man Fighter” baru-baru ini membuat keributan karena tuduhan plagiarisme terkait dengan koreografi “New Thing”.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait