Tak Lagi Tabu, Jin BTS Ungkap Detail Rencana Wamil Hingga Alasannya Menunda Hingga Akhir Tahun
Instagram
Selebriti

Jin mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari setelah kembali ke Korea dari Argentina, dan kemungkinan akan menulis dokumen untuk pendaftaran militernya yang akan datang.

WowKeren - Jin baru saja membuat penggemar terpikat dengan suaranya yang merdu dengan merilis single solo bertajuk "The Astronaut". Pada tanggal 28 Oktober, member BTS ini mengadakan siaran langsung Weverse di mana berbicara tentang single solo barunya yang dirilis pada hari sebelumnya.

Menyusul perilisan “The Astronaut” Jin akan tampil perdana bersama Coldplay yang ikut menulis lagu bersamanya, di konser band di Argentina. Jin mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari setelah kembali ke Korea dari Argentina, dan kemungkinan akan menulis dokumen untuk pendaftaran militernya yang akan datang. Awal bulan ini, BIGHIT Music membagikan pernyataan resmi bahwa para anggota BTS bersiap untuk memenuhi wajib militer mereka.

Mengenai berbagai perubahan yang terjadi sebelum pengumuman ini, Jin berbagi, “Aku awalnya berencana untuk mendaftar pada bulan Juni tetapi untuk bersikap sopan kepada penggemar, aku menunggu hingga penampilan Oktober kami (di Busan). Aku tidak ingin penampilan yang penuh air mata sehingga pengumuman (pendaftaran)-ku ditunda."

Seperti yang dikatakannya, pengumuman resmi BTS datang dua hari setelah konser Busan 15 Oktober mereka. Jin menambahkan bahwa setelah "Dynamite" bahkan lebih sukses dari yang mereka bayangkan, BTS berpikir bahwa yang terbaik adalah merilis "Butter" dan "Permission to Dance" untuk para penggemar juga. "Karena kedua lagu itu berjalan dengan baik, sejujurnya aku pikir itu benar bahwa aku tidak pergi selama waktu itu," tambahnya.


Setelah promosi untuk "Permission to Dance" berakhir, grup tersebut memutuskan bahwa mereka setidaknya akan mengadakan konser sebelum mendaftar, tetapi kemudian dijadwalkan untuk Grammy Awards. Setelah Grammy adalah ketika Jin berbagi bahwa dia memulai persiapan wajib militer. "Aku tidak suka cuaca dingin jadi aku mendapat 'oke' dari agensi untuk pergi (mendaftar) di musim panas antara Mei dan Juni. Pada bulan Juni, kami merilis video tentang menghentikan (promosi) grup dan fokus pada (aktivitas) solo. Kami secara tidak langsung berbagi bahwa kami akan pergi ke militer," ujarnya.

Namun, masih ada satu perubahan lagi pada rencana Jin: konser BTS World Expo 2030 Busan Korea. Seperti yang dia sebutkan sebelumnya, Jin berbagi bahwa dia ingin mendaftar di musim semi atau musim panas, atau paling lambat musim gugur. Terlepas dari keinginan dan rencananya, konser BTS dijadwalkan pada bulan Oktober dan sepertinya merupakan kesempatan terakhir grup untuk tampil bersama sebelum mendaftar. "Aku banyak berpikir tentang apakah harus sopan kepada penggemar dan pergi ke militer saat cuaca dingin, atau tidak tampil dan pergi selama cuaca hangat yang aku suka," serunya dan akhirnya memilih untuk memprioritaskan penggemar. Mengenai mengapa dia memutuskan untuk mengumumkan wajib militernya setelah konser. "Aku tidak ingin penggemar menonton penampilan kami sambil sedih karena kami mengatakan itu adalah yang terakhir.”

Sementara itu usia 28 tahun biasanya merupakan usia maksimum yang dapat ditunggu oleh seorang pria Korea Selatan untuk memenuhi wajib militernya, para anggota BTS telah diizinkan untuk menunda pendaftaran militer mereka karena amandemen baru yang disahkan pada Desember 2020. Dijuluki “ Amandemen wajib militer BTS” mengingat implikasinya yang jelas bagi BTS, undang-undang mengizinkan artis yang menerima rekomendasi dari Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menunda layanan wajib mereka hingga mereka berusia 30 tahun menurut perhitungan internasional. Selama bertahun-tahun sebelum BTS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk mendaftar, ada perdebatan yang sedang berlangsung di antara politisi dan warga sipil tentang apakah para anggota harus dibebaskan dari layanan mereka mengingat kontribusi mereka terhadap budaya Korea dalam skala global. Masalah ini terutama berkaitan dengan kriteria pengecualian militer khusus saat ini, yang tidak meluas cukup luas untuk mempertimbangkan kontribusi seni modern. Dalam olahraga misalnya, atlet yang memenangkan perunggu atau lebih tinggi di Olimpiade atau menjadi yang pertama di Asian Games memenuhi syarat untuk pengecualian khusus ini.

Mengatasi perdebatan lama ini, Jin mengungkapkan bagaimana dia merasa tidak adil bahwa grup tersebut menerima begitu banyak kebencian. Dia menguraikan keputusan mereka untuk menunda pengumuman tersebut. "Kami hanya tidak ingin penampilan (Busan) yang penuh air mata, tetapi kami menerima begitu banyak kebencian karena orang-orang di sana-sini mengatakan 'benar bahwa mereka tidak akan pergi' atau 'mereka harus pergi'. Meskipun ini sangat diakungkan, namun melegakan karena para penggemar tidak harus menonton konser yang penuh air mata. aku mendapat sedikit kebencian tapi aku puas," pungkasya. Sebagai penutup, Jin berbagi bahwa meskipun topik wajib militer mereka sulit untuk dibicarakan, dia merasa segar sekarang setelah melakukannya. BTS belum mengumumkan tanggal pendaftaran resmi Jin, tetapi Jin akan memulai prosedur pendaftarannya ketika kembali ke Korea.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait