'Bayi Ajaib' Coming Soon, Intip 13 Film Remake Yang Obati Kerinduan
Film

Tak sedikit dari film remake yang kemudian mendulang kesuksesan yang sama seperti film aslinya bahkan disambut lebih antusias oleh penonton. Berikut ulasan lengkapnya.

WowKeren - Berbicara mengenai film, ada banyak referensi film di Tanah Air yang bisa dimasukkan ke dalam daftar tonton untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Berbagai genre pun tersedia, mulai dari drama, komedi, hingga horor. Tak kalah dengan film-film buatan sutradara luar negeri, film karya anak bangsa juga tak sedikit yang berhasil menggaet para pemirsa untuk datang ke bioskop.

Pada umumnya kesan yang dimiliki setiap orang setelah menonton film berbeda-beda. Bagi film yang sangat berkesan, akan sulit bagi pemirsa untuk melupakannya. Namun sayangnya, tak sedikit film Indonesia yang berkesan di hati pemirsa adalah film lawas yang sudah diputar sejak zaman dulu. Tidak seperti sekarang ketika layanan streaming bisa dengan mudah diakses untuk melihat koleksi film, zaman dulu kebanyakan orang menonton film lewat bioskop atau televisi.


Sehingga seiring berjalannya waktu, rasa rindu akan menghampiri ketika ingin menonton film lawas tersebut namun sudah tak lagi tersedia. Kabar baiknya, beberapa sutradara Tanah Air rupanya tahu cara mengobati rasa rindu penonton terhadap film lama, yakni dengan melakukan remake atau pembuatan ulang terhadap film yang cukup melegenda.

Tak sedikit dari film yang merupakan hasil remake tersebut, mendulang kesuksesan yang sama seperti film aslinya bahkan disambut lebih antusias. Tentunya, penonton merasa terhibur sekaligus kembali bisa bernostalgia lewat film lama yang di-remake. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin menunjukkan kepada para pembaca mengenai referensi film remake apa saja yang bisa membuat bernostalgia. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Keluarga Cemara


Keluarga Cemara
YouTube/VisinemaPictures

Film "Keluarga Cemara" yang dirilis pada tahun 2019 ini diangkat dari sinetron yang pernah melegenda pada tahun 1990-an dengan judul yang sama. Versi filmnya dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, hingga Widuri Putri Sasono. Berbeda dengan sinetronnya, filmnya menampilkan gaya modern yang kekinian.

Suasana rumah dan pedesaan yang tetap diangkat dalam film ini membuat pemirsa bisa bernostalgia dengan sinetron aslinya karya Arswendo Atmowiloto. "Keluarga Cemara" menceritakan kehidupan keluarga sederhana yang terdiri dari Abah, Emak, dan ketiga anaknya. Di filmnya, cobaan berat menimpa ketika Abah menjadi korban penipuan dan mengalami kebangkrutan.

2. Suzanna


Suzanna
IMDb

"Suzanna" merupakan film horor tahun 1980-an yang dibintangi oleh mendiang Suzanna. Hingga sosok tersebut kembali dihidupkan dalam film remake-nya yang berjudul "Suzanna: Bernapas dalam Kubur". Aktris cantik Luna Maya pun didapuk untuk memerankan mendiang Suzanna di film yang rilis pada tahun 2018 lalu itu.

Film ini bercerita mengenai pasangan bahagia yang akhirnya dikaruniai anak. Suzanna (Luna Maya) akhirnya bisa hamil. Namun, saat suaminya Satria (Herjunot Ali) pergi ke luar negeri, Suzanna diganggu oleh empat karyawan Satria yang merampok rumah mereka. Salah satu perampok kemudian tak sengaja membunuh Suzanna hingga dia akhirnya menjadi arwah gentayangan.

3. Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212


Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212
IMDb

Sinetron lawas "Wiro Sableng 212" juga pernah di-remake menjadi film layar lebar dengan judul "Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212". Dibintangi oleh Vino Bastian, film ini menceritakan seorang pemuda yang merupakan murid pendekar misterius, yang diberi titah untuk meringkus mantan muridnya yang lain yang berkhianat.

Disutradarai Angga Dwimas Sasongko, rilis film ini dimajukan, dari yang semula dijadwalkan September 2018 menjadi Agustus 2018 karena tingginya antusiasme masyarakat. Sinetron aslinya tayang pada era 1990-an dan dibintangi oleh Herning Soekandro. Sedangkan untuk versi remake-nya, selain Vino film ini juga dibintangi oleh Yayan Ruhian dan Sherina Munaf.

4. Nokta Merah Perkawinan


Nokta Merah Perkawinan
YouTube/RapiFilms

Sinetron "Noktah Merah Perkawinan" yang pernah mengudara antara tahun 1996 hingga 1998 juga diangkat menjadi film layar lebar. Sinetron aslinya dibintangi oleh Ayu Azhari, Cok Simbara, Perdana Batangtaris, Niken Ayu, hingga Teddy Syah. Sedangkan untuk versi remake-nya diperankan oleh Oka Antara, Marsha Timothy, dan Sheila Dara.

Film yang baru saja dirilis pada September 2022 ini menceritakan rumah tangga Ambar dan Gilang yang telah berjalan selama sebelas tahun. Mereka dikaruniai dua orang anak. Namun, kehadiran orang ketiga mulai membuat keluarga mereka mengalami masalah. Selain itu, rumah tangga mereka juga menjadi kurang harmonis lantaran campur tangan kedua orang tua dalam keluarga mereka.

5. Bayi Ajaib


Bayi Ajaib
Instagram/falconpictures_

Salah satu film legendaris "Bayi Ajaib" yang dirilis tahun 1980-an ini akan dibuat ulang oleh Falcon Black. Film ini dijadwalkan akan rilis pada tahun 2023. Mendapuk sutradara "Teman Tapi Menikah" Rako Prijanto, remake "Bayi AJaib" akan dibintangi oleh Vino G. Bastian, Adipati Dolken, hingga Desy Ratnasari.

Sang produser, Frederica, mengaku jika ide untuk melakukan remake film ini sudah ada sejak 2-3 tahun lalu. Namun sayangnya, bukan perkara mudah untuk mengembangkan ide menjadi naskah utuh. Bahkan, mereka sudah mendapatkan hak kekayaan intelektual "Bayi Ajaib" sejak 12 tahun lalu. "Bayi Ajaib" akan menjadi horor perdana Falcon Black.

6. Si Manis Jembatan Ancol


Si Manis Jembatan Ancol
IMDb

Film "Si Manis Jembatan Ancol" pernah dirilis pada tahun 1990-an yang dibintangi oleh Diah Permatasari yang memerankan sosok Maryam. Maryam merupakan sosok ikonik dalam film ini yang juga merupakan jelmaan hantu. Film horor ini cukup melegenda di Tanah Air. Hingga pada tahun 2019 film ini dibuat ulang dengan mendapuk pemeran baru, Indah Permatasari.

Dalam film yang diarahkan oleh Anggy Umbara ini, Indah yang memerankan sosok Maryam mengaku cukup kesulitan. Terutama ketika dirinya harus dirias menjadi sosok hantu. Selain itu, ia hanya memiliki waktu yang cukup singkat untuk mempelajari sosok Maryam. "Itu mungkin salah satu kesulitan terberat saya sih," katanya beberapa waktu lalu.

7. Catatan Si Boy


Catatan Si Boy
Instagram/filmcatatansiboy

Sutradara Hanung Bramantyo kembali dipercaya untuk mengarahkan versi remake dari film legendaris berjudul "Catatan Si Boy" yang pernah populer di era 90-an. Menggandeng tiga rumah produksi, Hanung juga mendapuk sederet artis seperti Angga Yunanda dan Syifa Hadju. Angga akan memerankan sosok Boy, pria yang digambarkan sempurna dalam ceritanya hingga disukai banyak perempuan.

"Aku juga kurang lebih melakukan workshop untuk fighting dan boxing sekitar lebih dari satu bulan," kata Angga. Sedangkan Syifa akan memerankan sosok Nuke yang pernah diperankan oleh Ayu Azhari. Selain keduanya, film ini juga akan diramaikan oleh bintang muda lainnya seperti Rebecca Klopper dan Alyssa Daguise. FIlm ini dijadwalkan akan rilis pada Agustus 2023 mendatang.

8. Tersanjung


Tersanjung
YouTube/MVPPicturesID

Salah satu sinetron legendaris yang mengudara pada tahun 1990-an, "Tersanjung", juga mengalami proses remake. Bukan alasan sinetron ini disebut legendaris. Pasalnya, sinetron ini sangat panjang dan tayang mulai tahun 1998 hingga 2005 dalam tujuh season. Hingga kemudian cerita sinetron ini diangkat menjadi film oleh Hanung Bramantyo dengan judul "Tersanjung the Movie".

Tayang perdana di Netflix pada tahun 2021 lalu, film ini dibintangi oleh Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova. Selain diadaptasi menjadi film, pemirsa juga bisa bernostalgia dengan remake sinetronnya. Berselang 28 tahun sejak sinetron aslinya, "Tersanjung the Series" mengangkat cerita yang lebih modern.

9. Pengabdi Setan


Pengabdi Setan
IMDb

Film "Pengabdi Setan" yang rilis pada tahun 1980 sukses membuat bulu kuduk merinding. Hingga pada tahun 2017, film itu dibuat ulang dengan menggandeng sutradara Joko Anwar. Dibintangi oleh Tara Basro, film ini menjadi salah satu yang terlaris pada tahun itu dengan ditonton lebih dari 4 juta orang. Antusiasme yang tinggi membuat film ini berlanjut ke sekuel.

"Pengabdi Setan 2" dirilis tahun 2022 dan lagi-lagi menjadi film yang laris manis di bioskop. Diarahkan oleh sutradara yang sama, syuting film itu dilakukan di rumah susun yang sudah tidak berpenghuni selama 15 tahun terakhir. Tak hanya itu, tingginya animo masyarakat membuat sekuel ini memiliki wahana misterinya sendiri di Jakarta Utara.

10. Losmen Bu Broto


Losmen Bu Broto
YouTube/ParagonPictures

Sinetron yang tayang di TVRI pada tahun 1980-an, "Losmen Bu Broto", dibuat ulang menjadi cerita layar lebar pada tahun 2021. Di-remake setelah empat dekade berselang, "Losmen Bu Broto" menghadirkan deretan pemain papan atas seperti Maudy Koesnaedi, Mathias Muchus, hingga Maudy Ayunda. Menurut Maudy, film ini mewakilkan kisah keluarga Indonesia.

Ia pun mengaku senang bisa tergabung dalam proyek ini. "Saya bersyukur bisa terlibat dalam film yang mewakili keluarga indonesia yang sejujurnya," ujarnya saat konferensi pers beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa cerita dalam film itu menghadirkan realita. Meski memiliki konflik, namun bukan berarti keluarga tidak bisa bahagia.

11. Jomblo


Jomblo
YouTube/Falcon

Film "Jomblo" yang pernah mendulang sukses pada tahun 2006 dibuat ulang untuk versi 2017 dengan sutradara Hanung Bramantyo. Film aslinya dibintangi oleh Christian Sugiono, Ringgo Agus Rahman, Rizky Hanggono, dan Dennis Adhiswara. Sedangkan untuk versi baru, sutradara mendapuk bintang kekinian seperti Ge Pamungkas, Richard Kyle, Arie Kriting, dan Deva Mahenra.

Film ini memang sengaja tidak mengambil pemeran lama karena ingin menjaga orisinalitas. "Kita gak pakai konsultasi dengan pemain lama karena kita ingin melahirkan sesuatu yang baru secara utuh," kata Arie. Melalui "Jomblo", sang sutradara sendiri ingin menyajikan film komedi yang disertai dengan guyonan cerdas.

12. Hantu Jeruk Purut Reborn


Hantu Jeruk Purut Reborn
YouTube/DigitalFilmMedia

Film horor "Hantu Jeruk Purut" yang dirilis pada tahun 2006 lalu sukses membuat penonton merinding. Kemudian, film ini dibuat ulang dan dirilis pada tahun 2017 dengan judul "Hantu Jeruk Purut Reborn". Film ini juga kembali menghadirkan deretan pemeran lawas termasuk Sheila Marcia dan Angie Virgin.

"Pemain lama berkumpul lagi dan mereka kangen syuting lagi," kata produser Shankar RS. Hantu Jeruk Purut sendiri merupakan salah satu urban legend yang ada di masyarakat. Dengan adanya versi remake, Shankar berharap film itu mampu memberikan hiburan untuk generasi yang berbeda. "Kita lebih banyak syuting di kuburan. Kebetulan enggak banyak main CGI," paparnya.

13. Jailangkung


Jailangkung
IMDb

Film "Jailangkung" yang pernah meraih kesuksesan pada tahun 2001 akhirnya dibuat ulang pada tahun 2017. Dirilis oleh Screenplay Films, film ini dibintangi oleh Amanda Rawles dan juga Jefri Nichol. Sesuai harapan untuk mengulang kesuksesan film aslinya, "Jailangkung" berhasil ditonton sekitar 2,5 juta orang di bioskop. Film ini disutradarai oleh Jose Poernomo serta Rizal Mantovani.

Film ini menceritakan kisah tiga orang kakak beradik yang berusaha menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka. Ayah mereka, Ferdi, ditemukan dalam keadaan koma secara misterius. Mereka kemudian menemukan jailangkung yang tak hanya akan membuka rahasia gelap masa lalu namun juga membahayakan diri mereka.

Nah, itulah tadi deretan film remake yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengobati kerinduan. Ada berbagai macam genre yang bisa dipilih. Selain menghibur, film-film di atas juga akan membuat pembaca bernostalgia, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait