Birthday Spotlight: Happy Jung Chae Yeon Day
The Star
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jung Chae Yeon yang merayakan ulang tahunnya yang ke-25 (26 tahun menurut perhitungan Korea) pada 1 Desember.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jung Chae Yeon yang merayakan ulang tahunnya yang ke-25 (26 tahun menurut perhitungan Korea) pada 1 Desember lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kedelapan yang dirayakan mantan personel girl grup IOI itu sebagai idol.

Jung Chae Yeon dikenal sebagai anggota girl grup DIA (II) dan juga anggota girl grup proyek IOI setelah menempati posisi ke-7 dalam acara survival "Produce 101". Dia juga saat ini aktif sebagai aktris, terkenal karena peran utamanya di drama televisi seperti "To. Jenny" (2018), "My First First Love" (2019), dan "The King's Affection" (2021).

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Jung Chae Yeon lahir pada 1 Desember 1997 di Suncheon, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Dia memiliki seorang kakak perempuan berusia dua tahun lebih tua bernama Jung Siyeon. Dia bersekolah di School of Performing Arts Seoul dari 2013 hingga 2016 dengan mantan anggota DIA, Ahn Eunjin. Pada 4 Februari 2016, Jung Chae Yeon lulus dari SOPA.

2. Debut


Debut
Mnet

Pada Januari 2015, MBK Entertainment mengumumkan rencananya untuk mendebutkan girl grup baru, awalnya dengan strategi agar para kandidat bersaing dalam program reality survival. Namun, setelah ide tersebut dibatalkan, perusahaan memutuskan untuk memilih anggotanya secara internal dan susunan terakhir terungkap dengan tujuh anggota, termasuk Jung Chae Yeon.

DIA rupanya tak sesukses yang diharapkan, yang membuat beberapa membernya kemudian mengikuti acara "Produce 101" dan Jung Chae Yeon berhasil debut sebagai member IOI setelah menempati posisi ke-7. Girl grup tersebut debut pada 4 Mei 2016 dengan lagu "Dream Girls".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Instagram/j_chaeyeoni

Bersama IOI, Jung Chae Yeon meraih penghargaan Best New Artist di ajang Mnet Asian Music Awards 2016. Penghargaan yang sama (Rookie Artist Award dan New Artist Award) juga diraih grup tersebut di ajang Golden Disc Awards 2017 dan Seoul Music Awards 2017.

IOI juga menjadi model iklan sejumlah brand mulai dari Etude House, Mom's Touch Chicken and Burger, Woongjin Foods' Haneul Bori Ice Sparkling Water and soju Chamisul, game mobile Netmarble, CJ CheilJedang's Petitzel Eclairs, Pancoat, KB Kookmin Bank hingga seragam sekolah Elite.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Instagram/j_chaeyeoni

Pada tahun 2017, Jung Chae Yeon tampil dalam drama fantasi romantis SBS "Reunited Worlds", memainkan versi muda dari karakter Lee Yeon Hee. Dia kemudian membintangi drama web fiksi ilmiah lainnya, "I Am", memainkan robot android. Pada bulan Desember, diumumkan bahwa Jung Chae Yeon telah bergabung dengan pemeran reality show survival SBS "Law of the Jungle" di Patagonia untuk acara spesial Chili mereka.

Pada tahun 2018, Jung Chae Yeon membintangi drama akhir pekan KBS "Marry Me Now", memainkan versi muda dari karakter Jang Mi Hee. Dia juga berperan dalam film pertamanya, "Live Again, Love Again", yang tayang perdana pada Februari 2018. Pada bulan yang sama, Jung Chae Yeon diumumkan sebagai MC baru program musik SBS "Inkigayo". Jung Chae Yeon berperan dalam drama musik "To. Jenny", peran utama pertamanya di televisi.

Pada tahun 2019, Jung Chae Yeon membintangi drama percintaan remaja Netflix "My First First Love". Pada tahun 2022, Jung Chae Yeon bergabung dengan drama MBC "The Golden Spoon", yang tayang pada musim panas 2022. Pada bulan September, Jung Chae Yeon menandatangani kontrak eksklusif dengan BH Entertainment.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/j_chaeyeoni

Pada Juli 2021, Jung Chae Yeon mengunggah postingan di Instagram Story berupa foto dirinya dan temannya membuat perspektif paksa di ruang latihan tari seperti yang ditunjukkan pada foto. Dia menulis, "Temanku adalah kacang kecil ini" dan "Cara belajar koreografi dalam mode cermin. Gunakan cermin asli" sebagai keterangan.

Namun, postingan ini dihapus oleh Instagram akibat faktor "bullying and penindasan" yang membuat Jung Chae Yeon tidak mengerti dan bingung. Dia menulis, "Apa..?" beserta tangkapan layar notifikasi dari Instagram yang melaporkan Story-nya dihapus karena tidak mengikuti pedoman komunitasnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/j_chaeyeoni

Di tahun 2023, Jung Chae Yeon dipastikan masih akan fokus di bidang akting dengan membintangi drama dan mungkin juga film. Keputusannya untuk bergabung dengan BH Entertainment yang merupakan agensi khusus aktor dan aktris menunjukkan niatnya untuk terus menekuni dunia akting.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru