SEVENTEEN Coret Synnara Sebagai Distributor Album 'FML', Pledis Disanjung
Twitter/pledis_17
Musik

Bakal segera comeback dengan 'FML', SEVENTEEN tidak lagi mendistribusikan album mereka melalui Synnara Records. Perusahaan itu berafiliasi dengan sekte Baby Garden yang terungkap sesat dalam dokumenter 'In The Name of God: A Holy Betrayal'.

WowKeren - SEVENTEEN (II) telah mengumumkan rencana comeback dengan mini album ke-10 "FML". Boy grup beranggota 13 orang itu juga kedapatan mencoret Synnara Record dari daftar distributor album terbaru mereka.

Sejak pre-order album SEVENTEEN dibuka, Pledis Entertainment mencantumkan semua distrbutor resmi. Setidaknya ada sembilan distributor resmi seperti Weverse Shop, YES24, Aladdin, KTOWN4U, Soundwave, Music Korea, Music Plant, Qoo10, dan Hot Tracks.

SEVENTEEN Coret Synnara Sebagai Distributor Album \'FML\', Pledis Disanjung

Source: Pledis Entertainment

Sebelumnya, Synnara masih menjadi salah satu distributor album resmi hingga "Second Wind" milik unit SEVENTEEN BooSeokSoon atau BSS. Langkah Pledis Entertainment tidak menyertakan perusahaan yang berafiliasi dengan sekte Baby Garden atau Aga Dongsan ini mendapat sangjungan dari netizen.

Seperti diketahui, penggemar K-Pop telah menyuarakan memboikot Synnara usai tersebar luas bahwa perusahaan rekaman itu milik keluarga Kim Ki Soon pemimpin sekte Baby Garden.

SEVENTEEN Coret Synnara Sebagai Distributor Album \'FML\', Pledis Disanjung

Source: Weverse


Melalui serial dokumenter Netflix "In The Name of God: A Holy Betrayal", terungkap bahwa sekte Baby Garden memberlakukan kerja paksa terhadap anggotanya dengan menjual harga album lebih rendah. Meski sudah dihukum penjara pada 1998 lalu, Kim Ki Soon sudah bebas dan diketahui keluarganya masih menguasai Synnara dan beberapa anggota sekte memegang posisi penting di sana.

Diharapkan agar langkah SEVENTEEN ini menjadi pukulan besar bagi Synnara. Pasalnya, kemungkinan semua anak perusahaan HYBE akan mengikuti mereka. Apalagi, HYBE punya pangsa penggemar yang begitu luas dan terus menjual jutaan copy album.

"Oh, oh, apakah ini berarti ada kemungkinan semua idola HYBE akan mundur?" kata salah satu netizen. "Ini akan menjadi pukulan yang sangat besar jika semua idola HYBE pergi," sahut netizen lain. "Bagus, bagus," imbuh yang lain.

"Oh, aku menyukainya!" komentar seorang netizen. "Apakah itu berarti mereka tidak akan dipertimbangkan untuk hal-hal seperti fansign dan photocard eksklusif? Jika itu masalahnya, maka tidak ada alasan untuk membeli," sambung netizen lain.

"Bahkan jika kamu tidak dapat menghentikan penjualan yang sebenarnya, mengeluarkan nama dari pemberitahuan seperti ini juga akan berdampak besar, terutama karena HYBE menjual banyak album. Synnara setidaknya harus dipukul perlahan seperti ini," ujar lainnya.

Sementara itu, SEVENTEEN akan merilis album "FML" pada 24 April mendatang. Comeback mereka kali ini berselang delapan bulan sejak mereka merilis "Sector 17" dengan title track "_WORLD" sebagai versi repackaged dari "Face The Sun".

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru