Media Asing Bicara Soal Sisi Gelap Dunia Hiburan Kpop Usai Kematian Moonbin ASTRO
Instagram
Selebriti
Moonbin ASTRO Meninggal Dunia

Sebelumnya member ASTRO Moonbin membuat geger dunia hiburan Kpop setelah ditemukan meninggal dunia di rumahnya sekitar pukul 20:10 KST pada 19 April kemarin oleh sang manager.

WowKeren - Baru-baru ini outlet media asing besar telah mulai melaporkan tentang "sisi gelap" industri hiburan K-pop. Sebelumnya pada tanggal 19 April kemarin, NYT menulis tentang member ASTRO Moonbin sebagai "kematian terbaru di antara selebriti Korea yang meninggal secara tiba-tiba" dan mengenang kematian Sulli f(x) dan Goo Hara Kara pada tahun 2019 dan menyatakan, “Tidak semua kasus seperti itu tetapi beberapa telah dikonfirmasi sebagai pilihan ekstrem. Industri budaya paling populer di Korea mengalami kesalahan."

Media asing lainnya The Guardian juga melaporkan berita kematian Moonbin dalam sebuah artikel keesokan harinya, menulis, "Beberapa bintang K-pop muda telah meninggal dalam beberapa tahun terakhir" dan menyebutkan Goo Hara, Sulli, dan Jonghyun SHINee. Adapun Sulli, mereka menganalisis bahwa "Dia menderita intimidasi online untuk waktu yang lama dan kematiannya menimbulkan suara hukuman yang lebih keras untuk kejahatan online dan komentar jahat di Korea. Bintang K-pop biasanya dipilih oleh agensi di awal hingga pertengahan remaja dan kemudian hidup di bawah kendali ketat dan menerima pelatihan musik dan tari yang ketat."


Lain halnya dengan BBC yang menyampaikan berita obituari dan peringatan Moonbin dengan menyatakan, "Korea, yang terkenal dengan budaya kompetitifnya yang intens, memiliki tingkat bunuh diri remaja tertinggi di antara negara-negara maju. Meskipun tingkat bunuh diri secara keseluruhan turun, jumlah kematian di antara orang-orang di usia 20-an meningkat. Tingkat bunuh diri Korea menempati urutan pertama di antara negara-negara anggota Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Aktris Jung Jae Yul (26) juga ditemukan tewas di rumahnya awal bulan ini dan aktris Yoo Ju Eun (27) meninggal pada Agustus tahun lalu."

Rob Schwartz, seorang koresponden Asia untuk Majalah Billboard menyatakan, "Idola K-pop diminta untuk lagu-lagu hit berturut-turut oleh produser rekaman dan penggemar menekan mereka untuk terlihat dan terdengar sempurna. Mereka tidak memiliki kehidupan. Mereka mulai berlatih di usia muda dan tidak bersekolah. Sangat sulit untuk memiliki kehidupan di luar dunia K-pop."

Sementara itu sebelumnya Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya sekitar pukul 20:10 KST pada 19 April kemarin oleh sang manager. Pihak kepolisian sendiri masih menyelidiki penyebab pasti kematiannya meski dikatakan tidak ada tkau-tkau pembunuhan. Sedangkan sesuai permintaan pihak keluarga seperti yang telah disampaikan oleh agensinya Fantagio, pemakan Moonbin dilangsungkan secara privat di rumah sakit Seoul Asan pada 22 April dan hanya dihadiri oleh kerabat dan sahabat dekat saja. Ruang peringatan yang disiapkan di luar gedung Fantagio akan tetap dibuka untuk umum hingga 30 April. Semua artefak yang tersisa untuk menghormati Moonbin akan dikumpulkan untuk diamankan oleh agensinya setelah itu.

(wk/aiss)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru