IVE Hingga NewJeans Bakal Kena Imbas, RUU Perlindungan Idol di Bawah Umur Ditentang
Twitter
Selebriti

5 asosisasi musik sepakat menentang RUU terkait perlindungan idol di bawah umur. IVE hingga NewJeans bakal terkena imbas karena dikhawatirkan melemahkan daya saing.

WowKeren - Saat ini, IVE dan NewJeans tengah menjadi grup teratas K-Pop. Namun kedua girl grup ini dan juga grup lain terancam bakal kena imbas RUU baru karena punya member di bawah umur.

Baru-baru ini, lima asosiasi K-Pop menentang klausul RUU baru tentang jam kerja untuk idol di bawah umur. Adapun asosisasi tersebut adalah Korea Management Federation, Korea Entertainment Producers Association, Recording Industry Association of Korea, dan Korea Music Content Association.

Sejak April lalu, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea mengesahkan "Undang-Undang Pencegahan Krisis Lee Seung Gi". Hal ini merupakan sebuah amandemen Undang-Undang Pengembangan Industri Seni Budaya.

RUU tersebut memuat klaususl tentang perlindungan idol di bawha umur. Mereka menerapkan pengurangan jam kerja untuk idol di bawah umur sesuai dengan kelompok usia. Pengurangan ini mencapai 5 jam dibandingkan dengan sebelumnya.


Yang lebih penting, kementerian melarang perilaku yang mengusik hak atas pendidikan dan hak asasi idol di bawah umur. Meski menguntungkan para artis, UU dianggap perlu dikaji ulang.

RUU baru ini merupakan upaya nyata pemerintah Korea melindungi idol remaja di tengah industri K-Pop. Namun, beberapa badan industri menyatakan penolakan yang dinilai menghambat perkembangan industri budaya populer.

Pernyataan bersama dari 5 asosisi itu menjelaskan klausul RUU akan membatasi kegiatan grup idol dengan member remaja. Bahkan dikhawatirkan akan melemahkan daya saing K-Pop di industri budaya populer.

Asosiasi menegaskan selalu tunduk pada peraturan pemerintah. Akan tetapi, RUU kali ini dianggap tidak perlu disahkan. Bahkan mereka mendesak penghapusan standar jam kerja baru idol.

Selain menyuarakan penolakan, 5 asosiasi itu juga menyarankan diskusi terbuka tentang klausul lain dalam RUU tersebut. Amandemen lainya tentag perlindungan idol di bawah umur termasuk kontrol berlebihan atas penampilan seseorang termasuk pelecehan fisik dan verbal. Dalam hal ini, pelecehan dan penyerangan terhadap selebriti sepenuhnya dilarang.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait