Ramai Kasus Kontrak EXO-CBX Vs SM Entertainment, Nasib Member NCT Dikhawatirkan
Instagram/nct
Selebriti

Sebuah postingan di Pann membicarakan nasib boy grup tersebut, yang membernya debut di waktu yang berbeda dengan satu sama lain, yang otomatis memiliki panjang kontrak yang berbeda.

WowKeren - EXO-CBX yang beranggotakan Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO saat ini tengah berkonflik dengan agensi mereka, SM Entertainment terkait apa yang mereka sebut sebagai "kontrak budak". Ini membuat perhatian juga tertuju pada NCT, boy grup yang didebutkan SM setelah EXO.

Dari keterangan pihak EXO-CBX, SM dituduh tak menunjukkan transparansi atas pembagian keuntungan antara artis dan agensi. Selain itu, periode kontrak yang terlalu lama juga dipermasalahkan sehingga disebut mirip dengan kontrak budak.

Member EXO diketahui telah memperpanjang kontrak dengan SM pada 2022, 10 tahun setelah debut mereka. Namun terungkap bahwa ada klausul tertentu dalam kontrak mereka yang mengharuskan tercapainya angka tertentu dalam penjualan album dan jika tidak, kontrak eksklusif akan diperpanjang secara otomatis.

Semua ini membuat netizen khawatir dengan NCT, yang debut pada 2016 atau 4 tahun setelah EXO. Sebuah postingan di komunitas online Pann membicarakan nasib boy grup tersebut, yang membernya debut di waktu yang berbeda dengan satu sama lain, yang otomatis memiliki panjang kontrak yang berbeda.


Ramai Kasus Kontrak EXO-CBX Vs SM Entertainment, Nasib NCT Member Dikhawatirkan

Nate Pann, Foto: SM Entertainment

"Karena unit yang berbeda, aku yakin semua isi kontrak mereka berbeda sehingga mereka bahkan tidak bisa membandingkan kontrak mereka satu sama lain. Ini adalah pengaturan yang sempurna bagi SM untuk menggelapkan semua uang mereka..." tulis netizen yang mempublikasikan postingan. Hal ini pun turut dikomentari netizen lainnya.

"Aku benar-benar berharap bisa melihat detail pembayaran Mark dan Haechan sekali saja... Mereka telah menjalani kehidupan yang sibuk sejak mereka masih muda jadi jika uang mereka dicuri... Ada sesuatu yang benar-benar bermasalah di sana," komentar netizen. "Sungguh, nggak mungkin hal yang sama nggak terjadi di sana," kata netizen lainnya. "Anak-anak ini masih sangat takut pada agensi, jadi menurut kalian apakah mereka akan meminta rincian pembayaran mereka?" ujar yang lain.

"Sebenarnya, NCT memiliki jumlah pendapatan yang berbeda tergantung pada apakah kamu berada dalam satu unit atau dalam grup permanen. Bagaimana mereka akan menjamin bahwa semua pendapatan yang berbeda ini akan dihitung dengan jelas 100%? Orang-orang ini juga harus meminta salinan perhitungan yang mendukung pembayaran mereka. Bukan hanya NCT, tapi semua grup," kata netizen. "Ekspansi tak terbatas mereka memiliki makna yang begitu dalam..." imbuh lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait