Kasus IU Dituding Plagiat Lagu Akhirnya Capai Putusan, Agensi Tak Kenal Ampun
Twitter/_IUofficial
Musik

Setelah IU dilaporkan atas tuduhan plagiat banyak lagu sejak Mei 2023 lalu, pihak berwajib akhirnya membuat keputusan mengani kasus ini. Sudah selesai, berikut penjelasan terperinci dari EDAM Entertainment.

WowKeren - Agensi IU memberikan pembaruan mengenai kasus dugaan plagiat yang tengah dihadapi artisnya. Seperti diketahui, pemilik nama asli Lee Jieun itu telah dituding plagiat banyak lagu. Setelah beberapa bulan berjalan, kasus ini telah mencapai akhirnya.

Pada Senin (4/9), EDAM Entertainment selaku agensi IU merilis pernyataan bahwa agensi investigasi memutuskan menolak tuduhan kriminal terhadap sang artis. Sudah ditolak sejak 24 Agustus, penyidik tidak menemukan bukti kejahatan yang dituduhkan pada penyanyi kelahiran 1993 itu.

"Halo, kami EDAM Entertainment," buka agensi, "Tuduhan pidana diajukan terhadap artis kami IU ke Kantor Polisi Gangnam di Soul karena diduga melanggar hak cipta enam karya musik. Namun keputusan untuk menghentikan kasus ini telah dibuat pada tanggal 24 Agustus."

Untuk itu, agensi merasa perlu memberikan perkembangan tuntutan pidana yang menjerat IU. Melalui Shinwon Law Firm (LLC), agensi mendapatkan laporan terbaru dan mengajukan tuntutan balik.

"Melalui kuasa hukum kami, kami segera meminta pengungkapan dugaan pidana tersebut dan memperoleh salinan dokumen dugaan pidana tersebut. Shinwon LLC menyerahkan total empat laporan hukum, dengan tegas menyatakan bahwa tuduhan pidana dalam kasus ini tidak memiliki dasar hukum dan harus dibatalkan," lanjut agensi.

Kemudian, EDAM menjelaskan, "Pada akhirnya, lembaga investigasi memutuskan untuk 'menolak' tuduhan pidana terhadap artis tersebut pada tanggal 24 Agustus, dengan alasan bahwa hal tersebut tidak merupakan tindak pidana, dan kami menerima pemberitahuan hasil penyelidikan yang sulit pada tanggal 30 Agustus."


Lebih lanjut, EDAM menjelaskan IU tidak pernah berpartisipasi mengarang bagian dari keenam lagu yang dipermasalahkan. Sehingga IU tidak bisa diperkarakan dalam hal ini karena tidak terlibat dalam penulisan lagu.

Terakhir, EDAM menyatakan tidak kenal ampun demi memulihkan reputasi IU. Maka laporan pencemaran nama baik terhadap IU masih terus berlanjut demi menghindari hal serupa terulang lagi. EDAM juga menghimbau fans untuk melaporkan hal-hal yang mengancam artis.

"Selain itu, kami akan terus melakukan tindakan yang merusak karakter dan reputasi artis hingga akhir untuk mencegah hal serupa terulang kembali, dan akan menerapkan tanggung jawab perdata dan pidana sesuai dengan 'prinsip toleransi nol'," pungkas agensi.

Sebelumnya pada 10 Mei 2023, IU dilaporkan atas tuduhan plagiarisme dan degan cepat ditanggapi agensi. Kala itu, tuduhan terhadap IU membuat fans mengirimkan truk protes.

Sementara itu, IU sudah memulai kiprahnya sebagai penyanyi sejak 2008 lalu. Selama kariernya, IU sering kali menghasilkan lagu hits dari tangannya seperti "Good Day", "Palette", "Celebrity", hingga terbaru "Strawberry Moon".

Selain bernyanyi, IU juga melakoni karier sebagai seorang aktris. Pertama kali muncul dalam drama "Dream High", IU juga bermain di karya terkenal seperti "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo", "My Mister", "Hotel Del Luna" hingga film "Broker" yang membuatnya diundang dalam Festival Film Cannes 2022 lalu.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru