Jang Wonyoung IVE Akan Dibayar 1,16 M usai Menang Gugatan Terhadap YouTuber Sojang
Instagram/for_everyoung10
Selebriti

Jang Wonyoung IVE memenangkan gugatannya terhadap YouTuber gosip Sojang yang telah melakukan pencemaran nama baik terhadap sang idol. Atas kemenangannya, mantan member IZ*ONE itu akan dibayar hingga miliaran rupiah oleh pelaku.

WowKeren - Jang Won Young IVE akan mendapatkan kompensasi besar dari YouTuber Sojang. Mantan member IZ*ONE itu telah dinyatakan menang atas gugatan terhadap YouTuber gosip tersebut.

Pada Rabu (17/1), outlet media Law Times melaporkan bahwa Wonyoung telah memenangkan gugatan terhadap YouTuber Sojang sejak bulan lalu. Dikatakan bahwa Divisi Sipil ke-210 Pengadilan Distrik Pusat Seoul dengan Hakim Ketua Park Jiwon memutuskan bahwa Wonyoung dan Starship Entertainment telah memenangkan gugatan ganti rugi sebesar 100 juta won (sekitar Rp1,16 miliar) terhadap Tuan Park (Sojang).

Dalam putusannya, pengadilan memerintahkan agar Sojang membayar 100 juta won kepada Wonyoung sebagai pihak yang didugikan. Biaya itu dihitung dengan tarif tahunan sebesar 12 persen hingga hari pembayaran tersebut dilunasi sepenuhnya. Selain bunga, Tuan Park juga harus membayar biaya pengadilan yang dihabiskan selama gugatan.

Sementara itu, Wonyoung telah mengajukan tuntutan ganti rugi pada Oktober 2020. Pengacara Wonyoung memaparkan bahwa semua konten di saluran YouTube Sojang adalah palsu dan berisi penghinaan kepada sang idol secara pribadi.

β€œIni jelas merupakan tindakan ilegal secara perdata, dan juga merupakan pencemaran nama baik dan penghinaan secara pidana,” ungkap pengacara Wonyoung.

Untuk itu, Wonyoung dan Starship menggugat Tuan Park atas tuduhan pencemaran nama baik dan penghinaan. Kasus ini tengah diselidiki Kantor Polisi Gangnam.


Tak sampai di sana saja, Wonyoung dan agensi juga mengajukan tuntutan hukum terpisah mengenai pencemaran nama baik. Dalam hal ini, informasi palsu tentang Wonyoung dinilai telah membuat bisnis agensi ikut terpengaruh.

Meskipun Sojang sudah meminta maaf dan menghapus saluran YouTube miliknya, rupanya tuntutan Wonyoung dan agensi masih berlanjut. Kini, Sojang sudah dinyatakan bersalah dan harus membayar ganti rugi kepada penggugat.

Setelah berita soal tuntutan Wonyoung ini dimenangkan, publik ikut bersorak gembira. Netizen beramai-ramai memberikan selamat untuk Wonyoung dan berharap bahwa hal ini bisa memberikan efek jera bagi pihak yang mencari keuntungan dari menyebarkan berita palsu soal selebriti.

"Ini adalah hasil yang sangat berarti, kuharap semua YouTube troll hilang," kata salah satu netizen. "Tidak bisakah mereka menambah β€˜0’ lagi pada kompensasinya," sahut netizen lain. "Selamat, selamat," imbuh yang lain.

"Kuharap ini akan memberikan efek jera bagi para perusak nama baik," komentar seorang netizen. "Wow, itu denda yang sangat besar, baguslah," sambung netizen yang lain. "Heol, gila, ini berita bagus," ujar lainnya.

Selain Wonyoung, Sojang juga menjadikan V BTS target utama dalam pemberitaannya. Sojang pernah mengaku sengaja mencatut nama kedua idol tersebut karena mereka membawa banyak penonton untuk saluran YouTube-nya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru