NewJeans Ikuti Jejak Jang Wonyoung IVE untuk Tuntut YouTuber Lewat Pengadilan AS
Instagram/newjeans_official
Selebriti

NewJeans akhirnya mengikuti jejak Jang Wonyoung IVE dalam memperkarakan YouTuber anonim yang merugikan nama baik mereka lewat kontennya. Mereka menuntut lewat pengadilan AS.

WowKeren - NewJeans mengikuti jejak Jang Won Young IVE dalam memperkarakan YouTuber anonim setelah nama grup dirugikan. Mereka memilih melayangkan tuntutan melalui pengadilan luar negeri alih-alih Korea.

Pada Rabu (10/4) waktu setempat, New York Times melaporkan bahwa NewJeans dan ADOR telah mengajukan tuntutan ke pengadilan federal, California. Mereka meminta Google mengungkap identitas akun YouTibe @Middle7 yang sudah lama diburu oleh agensi dan grup.

Dalam pengajuan pengadilan, @Middle7 didakwa atas tuduhan pernyataan pencemaran nama baik terhadap NewJeans. YouTuber ini telah melakukannya dalam puluhan video yang mendulang penonton sebanyak 13 juta kali.

Selama memburu identitas YouTuber tersebut dan memperkarakannya, NewJeans menggandeng pengacara Eugene Kim. Mereka sepakat bahwa @Middle7 telah terlibat dalam memberikan komentar menghina member NewJeans dan merusak reputasi grup.

Meskipun baru dilaporkan, NewJeans telah melaporkan YouTuber tersebut pada 27 Maret 2024. Jika mereka dimenangkan oleh pengadilan, NewJeans berhak menuntut pengguna YouTube itu di Korea Selatan atas tuduhan pencemaran nama baik dan penghinaan yang merupakan pelanggaran pidana di sana.


NewJeans Ikuti Jejak Jang Wonyoung IVE untuk Tuntut YouTuber Lewat Pengadilan AS

Source: YouTube

Awalnya, ADOR mengajukan tuntutan pidana terhadap @Middle7 ke kantor polisi Seoul. Akan tetapi, kasus ini terpaksa tidak bisa dilanjutkan lantaran akun YouTube itu bersifat anonim.

Untuk itu, pengacara Kim telah menghubungi Google secara langsung untuk meminta bantuan. Setelah permintaan itu ditolak, pengacara Kim mengajukan mosi tersebut ke pengadilan Califronia berdasar undang-undang federal yang mengizinkan seseorang memperoleh dokumen yang diperlukan dalam proses kasus di luar negeri.

Apabila NewJeans berhasil mendapatkan identitas YouTuber tersebut, kasus ini akan menemui kemajuan signifikan dalam grup K-Pop menangani haters secara online. Pasalnya, selama ini mereka kesulitan memperkarakan pengguna internet tanpa identitas.

Sebelumnya, Wonyoung dan Starship Entertainment berhasil menggugat YouTuber Sojang setelah mendapatkan identitasnya dengan bantuan pengacara Chong Kyong Sok. Wonyoung dibantu oleh pengacara Chong dengan pendekatan serupa dengan pengacara Kim terhadap NewJeans.

Sementara itu, NewJeans akan comeback dengan album single "Bubble Gum" pada 24 Mei 2024 mendatang. Mereka akan merilis lagu "How Sweet" sebagai title track.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru