Giliran NewJeans Dituding Plagiat Konsep Girl Grup Asal Jepang
Instagram/newjeans_official
Musik

Min Hee Jin dicibir kena karma lantaran netizen menemukan kemiripan konsep MV 'Attention' NewJeans dengan video musik girl grup lawas asal Jepang, yakni SPEED. Lantas seberapa mirip?

WowKeren - Min Hee Jin dicibir kena karma setelah netizen menemukan kemiripan konsep NewJeans dengan girl grup lawas asal Jepang. Sebelumnya, Hee Jin dengan percaya diri mengatakan bahwa konsep ala tahun 90-an NewJeans telah banyak dicontek oleh idol grup lain seperti ILLIT, RIIZE, hingga TWS.

Kini, agaknya NewJeans yang menjadi sasaran perbandingan para netter karena pernyataan gegabah yang dilontarkan Hee Jin. Pada Selasa (23/4) sore di forum Korea theqoo, netizen sedang heboh membandingkan antara video musik "Attention" milik NewJeans dengan MV "Body & Soul" milik girl grup Jepang SPEED.

Hanya dalam beberapa jam, topik ini telah menarik lebih dari 40.000 penayangan dan hampir 500 komentar. Secara khusus, netizen menemukan persamaan di antara dua MV tersebut. Untuk waktu perilisan, jelas MV "Body & Soul" diluncurkan terlebih dahulu, yakni pada tanggal 5 Agustus 1996, sedangkan video musik NewJeans baru setahun yang lalu.

Giliran NewJeans Dituding Plagiat Konsep Girl Grup Asal Jepang

Source: theqoo (kiri: girl grup SPEED/kanan: adegan film Hollywood)

Kedua video musik itu disebut sama-sama menunjukkan beberapa adegan serupa dan gaya Y2K alias ala 90-an. Bahkan ada salah satu momen ikonik yang sama di antara kedua MV tersebut, yakni menggunakan latar stadion bola sebagai lokasi syuting video musik. Netizen bahkan dengan teliti merinci adegan-adegan mana saja yang terlihat mirip di antara kedua MV tersebut.


Beberapa orang mulai menuduh NewJeans telah meniru SPEED. Mereka seolah ingin membantah tuduhan Hee Jin terhadap beberapa idol grup yang dituding telah menjiplak idenya. Padahal, konsep Y2K tidak hanya diciptakan oleh Hee Jin untuk NewJeans.

Bukan hanya dianggap mirip dengan girl grup SPEED, konsep NewJeans juga mengingatkan netter pada adegan film Hollywood lawas. Berbagai komentar sinis dilayangkan oleh netizen. Mayoritas memberikan sindirannya pada Hee Jin yang dianggap terlalu serakah dan ingin menang sendiri.

"Jujur saja, bahkan koreografinya terlihat mirip haha. Jika Min Hee Jin bersikeras bahwa berambut panjang dan mengenakan pakaian Y2K dianggap plagiarisme, bukankah ini masalah besar?" komentar netizen. "Min Hee Jin jelas terpengaruh oleh konsep seperti ini untuk NewJeans, namun dia berani menuduh ILLIT melakukan plagiarisme," sahut yang lain.

"Aku tidak mengatakan itu plagiarisme, tapi menurutku itu pasti ada sebagai referensi," pendapat akun lain. "Sejujurnya ini mirip," imbuh warganet. "Ini karma untuk Min Hee Jin yang melontarkan pernyataan bodoh," tukas lainnya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru