Festival Film Cannes Hadapi Gugatan Hukum usai Diskriminasi Yoona SNSD dkk
Instagram/limyoona__official
Film

Model Sawa Pontyjska kini menuntut ganti rugi sebesar 100 ribu euro (sekitar Rp1,78 miliar). Wanita itu juga menuduh insiden di Festival Film Cannes 2024 itu juga mencoreng reputasinya.

WowKeren - Komite Penyelenggara Festival Film Cannes kini sedang menghadapi gugatan hukum imbas mendiskriminasi terhadap beberapa aktris termasuk Yoona SNSD. Tahun 2024 ini, festival film itu memang dikecam atas dugaan diskriminasi rasial.

Lantas pada Kamis (30/5), BBC melaporkan bahwa model asal Ukraina yakni Sawa Pontyjska, telah mengajukan gugatan terhadap Komite Penyelenggara Festival Film Cannes. Wanita itu mengaku menderita luka mental dan fisik akibat perilaku agresif petugas keamanan di red carpet.

Pontyjska menyatakan, "Sebagai tamu undangan di Festival Film Cannes, aku tidak melakukan kesalahan apa pun. Aku berusaha menghubungi penyelenggara demi mendapatkan permintaan maaf, tetapi tidak mendapat tanggapan."

Pontyjska kini menuntut ganti rugi sebesar 100 ribu euro (sekitar Rp1,78 miliar). Wanita itu juga menuduh insiden di Festival Film Cannes 2024 itu juga mencoreng reputasinya. Dalam video yang beredar di media sosial, Pontyjska memang tampak dilarang keras oleh petugas ketika ingin berpose di red carpet.

Festival Film Cannes Hadapi Gugatan Hukum usai Diskriminasi Yoona SNSD dkk

Source: Naver

Terkait gugatan dari Pontyjska itu, Komite Penyelenggara Festival Film Cannes belum buka suara. "Kami menghubungi Komite Penyelenggara Festival Film Cannes untuk meminta tanggapan, tetapi mereka belum memberikan komentar apa pun," tulis BBC.

Sebelumnya, petugas keamanan Festival Film Cannes 2024 memang terlibat dalam berbagai konfrontasi sepanjang acara berlangsung. Pada 19 Mei lalu, Yoona terekam sedang diblokir secara berlebihan oleh petugas perempuan di red carpet, menyebabkan kontroversi yang memanas.

Petugas perempuan yang sama juga sempat bentrok dengan penyanyi Kelly Rowland dan aktris Massiel Taveras. Berbeda dari Yoona yang kalem menghadapi aksi diskriminasi itu, Taveras bahkan terlibat pertengkaran fisik dengan petugas perempuan tersebut.

Anehnya, semua selebriti yang menghadapi tindakan berlebihan dari petugas keamanan itu orang dengan warna kulit tertentu. Hal inilah yang akhirnya memicu tudingan diskriminasi rasial. Bagaimana menurutmu?

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait