Aerosmith Profile
Aerosmith Profile Photo

Aerosmith

Profesi
Grup band
Tgl Lahir
Apr 18, 1970
Lahir di
Boston, Massachusetts, AS
Profesi
Grup band
Populer
Merilis album "Toys in the Attic " (1975)
Tempat Lahir
Boston, Massachusetts, AS
Kewarganegaraan
Amerika
Populer Sejak
Merilis album "Toys in the Attic " (1975)

Aerosmith merupakan band yang terbentuk pada 1970 dan digawangi oleh Steven Tyler (vokalis), Joe Perry (gitar), Tom Hamilton (bass), Brad Whitford (gitar) dan Joey Kramer (drums).

Aerosmith merilis album debut dibawah label Columbia Records dengan judul "Aerosmith" (1973). Selanjutnya nama mereka mulai berkibar berkat album kedua yang berjudul "Get Your Wings" (1975), lalu disusul dengan "Toys in the Attic" (1975), "Rocks" (1976), "Draw the Line" (1977) dan "Night in the Ruts" (1979).

Namun sayang di tengah promosi "Night in the Ruts", Joe memilih keluar untuk mendirikan band baru. Posisinya digantikan oleh Jimmy Crespo. Karir Aerosmith mulai jatuh saat sang vokalis Steven Tyler mengkonsumsi narkoba pada 1980. Hal ini semakin diperparah dengan hengkangnya Brad Whitford.

Dua tahun kemudian, Aerosmith kembali bangkit dengan merilis album "Rock in a Hard Place" (1982). Posisi Brad digantikan oleh Rick Dufay. Sedangkan Joe dan Brad kembali ke Aerosmith dan Jimmy serta Rick keluar.

Dengan kembalinya formasi awal, Aerosmith kembali merilis beberapa album seperti "Hit Down With Mirror" (1985), "Permanent Vacation (1987)", "Pump" (1989) dan "Get a Grip" (1993). Semua album tersebut sukses dengan meraih beberapa platinum. Bahkan untuk album "Pump" mereka berhasil menjual 6 juta copy.

Aerosmith juga semakin sukses berkat soundtrack film kembali film "Armageddon", "I Don't Miss a Thing" (1998). Lagu tersebut menjadi jawara di Top Chart Dunia selama empat minggu berturut-turut. Soundtrack lainnya yang dibawakan Steven cs yakni "Angel's Eye" untuk film "Charlie's Angels" (2000).

Sepanjang karir, Aerosmith sudah merilis sejumlah album hits dan memenangkan beberapa penghargaan salah satunya Best Rock Performance by a Duo or Group di Grammy Award 1990. Selain itu seluruh album Aerosmith tercatat sudah terjual sebanyak lebih dari 150 juta copy.

Meski sukses, Aerosmith juga diterpa masalah. Steven jatuh saat menyanyikan lagu "Love in an Elevator" dalam konser di Amerika, 2007. Akibatnya ia mengalami cedera di kepala, leher dan bahu serta harus dirawat di rumah sakit.

Setelah itu mereka kembali melanjutkan konser ke berbagai negara sampai tahun 2011. Mereka kembali merilis album kelima belas yang bertajuk "Music From Another Dimension!" pada 2012. Mereka kemudian mengadakan konser lagi dengan title Global Warming Tour di Australia, Selandia Baru, Filipina, Indonesia dan Singapura. Sayang konser mereka di Indonesia harus dibatalkan karena alasan keamanan.

Aerosmith Lirik Lagu