Ahmad Albar Profile
Ahmad Albar Profile Photo

Ahmad Albar

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Ahmad Syech Albar
Tgl Lahir
Jul 16, 1946
Lahir di
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Manjadi vokalis band "God Bless" (1973)
Tempat Lahir
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Warna Rambut
Hitam
Ayah
Syech Albar
Pekerjaan Ayah
Pencipta lagu
Ibu
Syarifah Farida (m. 18-Jan-15, asma)
Saudara
Camelia Malik (penyanyi, adik perempuan, tiri)
Suami/Istri
Rini S. Bono (aktris, cerai), Dewi Sri Astuti (sejak 2006)
Kekasih
Cut Keke (aktris)
Anak-anak
Fachri Albar (aktor, laki-laki), Faldi Albar (laki-laki, m. 29-Agt-18), Ozzy Albar (penyanyi, laki-laki), Malayeka Shezan Albar (perempuan, L. 09-Apr-17)
Populer Sejak
Manjadi vokalis band "God Bless" (1973)

Ahmad Syech Albar atau yang lebih dikenal dengan nama Ahmad Albar merupakan penyanyi rock kenamaan Indonesia. Penyanyi yang akrab disapa Iyek ini mengawali karirnya dengan menjadi bintang film cilik lewat "Jenderal Kancil" (1957).

Di tahun yang sama, Iyek juga mulai mengasah kemampuan bermusiknya dengan membentuk sebuah band cilik bernama "Bintang Remaja" dan "Kuarta Nada". Namun sayang keduanya harus bubar di tengah jalan.

Iyek berangkat ke Belanda pada 1960. Di negeri kincir angin ini, Iyek kembali menyalurkan hasrat bermusiknya dengan membentuk grup musik "Take Five" (1966-1967). Bersama dengan Take Five, Iyek berhasil meraih juara vokalis terbaik dalam ajang festival musik saat itu. Setahun kemudian Iyek kembali membentuk grup yang dinamakan "Clover Leaf" dan berhasil merilis 9 lagu.

Saudara tiri dari Camelia Malik ini akhirnya pulang ke Indonesia pada 1972 bersama dengan gitaris Clover Leaf, "Ludwig Lemans", untuk membentuk band baru lagi. Akhirnya di tahun 1973, Iyek berhasil membentuk band yang bernama God Bless dengan anggota Fuad Hassan (drum), Donny Fattah (bass), %Jockie Surjoprajogo% (keyboard) dan Ludwig Lemans (gitar).

Mereka berhasil debut lewat album "God Bless" (1975). Rupanya album tersebut sukses besar dan membuat mereka kembali menelurkan beberapa album seperti "Cermin" (1980), "Semut Hitam" (1988), "Raksasa" (1989), "The Story of God Bless" (1990).

Sayang di tahun 80-an, God Bless mengumumkan untuk vakum. Di tengah kevakumannya tersebut, Iyek tetap eksis dengan bersolo karir. Ia kemudian membentuk duo grup yang bernama "Duo Kribo" bersama Ucok Harahap. Nama kribo diambil dari rambut keduanya yang terlihat kribo. Duo Iyek dan Ucok telah merilis 3 album, "Neraka Jahanam" (1977), "Pelacur Tua" (1978) dan "Panggung Sandiwara" (1978).

Tak hanya itu saja, Iyek juga menelurkan beberapa album solo seperti "Syair Kehidupan" (1980), "Kartika" (1989) dan "Jangan Ada Luka" (1996). Bahkan Iyek juga sempat membuat heboh ketika berubah jalur dari rock ke dangdut dengan merilis album berjudul "Zakia" (1979). Lagu tersebut sukses meledak di pasaran berkat kerjasama dengan Ian Antono yang juga gitaris baru God Bless sejak tahun 1980.

Beberapa anggota God Bless seperti Donny dan Ian Antono rupanya membentuk band baru yang bernama Gong 2000. Grup band yang beranggotakan Ian Antono, Donny, Albert Wijaya, Yaya Muktio dan Harry Anggoman itu akhirnya memilih Iyek untuk dijadikan sebagai vokalis Gong 2000.

Gong 2000 sukses menelurkan 4 album dan mengadakan konser besar dengan 100 ribu penonton. Peran Iyek disini sukses menghasilkan God Bless kedua. Para fans tak peduli antara Gong 2000 maupun God Bless karena di keduanya ada Iyek, Ian Antono dan Donny.

Tak hanya sebagai penyanyi, darah akting dari Iyek yang sudah dikenal sejak kecil ternyata juga mempengaruhinya saat dewasa. Terbukti ia ikut berperan dalam berbagai film seperti "Perawan Malam" (1974), "Laila Majnun" (1975), "Si Doel Anak Modern" (1976) dan "Cubit-Cubitan" (1979).

Kehidupan pribadi Iyek ternyata juga penuh konflik. Iyek menikahi aktris Rini S. Bono, lawan mainnya dalam film Laila Majnun pada 28 April 1978. Pasangan tersebut melahirkan 3 orang putra yakni Fauzi Albar, Fachri Albar dan Fadli Albar. Namun sayang pernikahan yang bertahan selama 16 tahun itu harus kandas. Mereka bercerai pada 30 September 1994. Setelah itu Iyek sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan aktris Cut Keke pada 1996. Namun hubungan tersebut kembali berakhir akibat tak direstui orangtua Keke karena perbedaan usia yang sangat jauh.

Iyek juga tersangkut kasus narkoba pada awal 2007. Ia ditangkap oleh polisi di rumahnya karena ketahuan menyimpan ekstasi di kamar mandinya dan menyembunyikan Jenny, buronan narkoba di apartemennya. Tak hanya itu saja, kasus ini juga menyeret putra kedua Iyek, Fachri Albar. Polisi menemukan 1,2 gram kokain di kamarnya. Fachri Albar yang sempat menjadi buron kemudian menyerahkan diri ke polisi, 30 November 2007. Sementara itu Iyek diganjar hukuman kurungan penjara selama 7 bulan dan denda Rp 6 juta.

Ahmad Albar Lirik Lagu

Loading...