Alicia Keys Profile
Alicia Keys Profile Photo

Alicia Keys

Profesi
Penyanyi, penulis lagu, aktris
Nama Asli
Alicia Augello Cook
Tgl Lahir
Jan 25, 1981
Lahir di
Manhattan, New York, AS
Profesi
Penyanyi, penulis lagu, aktris
Populer
Merilis album "Songs in A Minor" (2001)
Tempat Lahir
Manhattan, New York, AS
Tinggi Badan
167.5
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Hitam
Warna Mata
Coklat
Ayah
Craig Cook
Pekerjaan Ayah
Pramugara
Ibu
Teresa "Terri" Augello
Pekerjaan Ibu
Aktris paruh waktu
Pendidikan
  • Lulus dari Professional Performing Arts School, Manhattan
  • Dikeluarkan dari Columbia University tahun 1998
Saudara
Cole (adik laki-laki seayah)
Suami/Istri
Swizz Beatz (rapper/produser, sejak 31-Jul-10)
Anak-anak
Prince Nasir Dean (laki-laki, tiri, L. 2000), Kasseem Dean, Jr. (laki-laki, tiri, L. Jan-07), Egypt Dauode Dean (laki-laki, L. 14-Okt-10), Genesis Ali Dean (laki-laki, L. 27-Des-14)
Populer Sejak
Merilis album "Songs in A Minor" (2001)

Alicia Keys menghabiskan masa kecilnya di New York City. Sayang saat berumur 2 tahun, orangtuanya harus bercerai dan sejak saat itu ia dibesarkan oleh ibunya. Kecintaannya pada musik sudah terlihat sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. Ia mulai belajar bermain piano dan memainkan musik klasik seperti Beethoven, Mozart dan Chopin.

Alicia mulai menulis lirik lagu di usianya yang ke-14 tahun. Kemampuannya tersebut ternyata menarik perhatian seorang produser musik Peter Edge. Bersama Peter, Alicia dibantu untuk mulai melakukan demo ke perusahaan rekaman. Usahanya tak sia-sia, ia kemudian dikontrak oleh Columbia Records.

Alicia merilis lagu rekaman pertamanya berjudul "Dah Dee Daah (Sexy Thing)" dan berhasil menjadi soundtrack film "Men in Black" (1997). Selang dua tahun kemudian ia meninggalkan Columbia Records dan beralih ke J Records.

Alicia merilis debut album pertamanya yang bertajuk "Song in A Minor" (2001). Tak disangka, album bergenre R&B ini sukses besar di pasaran dan mendapat berbagai pujian dari para pengamat musik. Album ini berhasil terjual 6,2 juta copy di US dan 12 juta copy di seluruh dunia. Pencapaiannya yang luar biasa ini membuatnya dikenal sebagai penyanyi pendatang baru yang paling sukses di US. Berkat album tersebut juga, Alicia berhasil meraih 5 penghargaan di Grammy Award 2002 diantaranya Song of the Year, Best Female R&B Vocal Performance, Best R&B Song, Best New Artist dan Best R&B Album.

Selang dua tahun kemudian, pelantun lagu "Fallin" ini kembali menelurkan album keduanya berjudul The Diary of Alicia Keys (2003) lalu disusul dengan "As I Am" (2007), "The Element of Freedom" (2009) dan "Girl on Fire" (2012). Semua albumnya selalu sukses di pasaran dengan merajai berbagai charts dan terjual jutaan copy. Bahkan lagu-lagunya seperti "You Don't Know My Name" dan "No One" berhasil meraih best R&B Song di ajang Grammy Award yang melambungkan namanya.

Tak hanya bernyanyi, teman akrab dari John Mayer ini juga merambah ke dunia seni peran. Debut akting pertamanya terjadi selepas ia merilis album pertamanya lewat sebuah serial TV berjudul "Charmed" (2001). Peraih 14 penghargaan Grammy Award ini juga menjajal dunia layar lebar lewat "Smokin' Aces". Dalam film bergenre kriminal tersebut, Alicia berperan sebagai Gerorgia Sykes yang harus beradu peran dengan Ben Affleck. Di tahun 2012 ia juga dipercaya untuk menjadi mentor dalam acara pencarian bakat "The X Factor" Australia season 4.

Alicia juga dikenal sebagai artis yang peduli pada kemanusiaan. Ia merupakan Global Ambassador dari Keep a Child Alive, sebuah organisasi yang menyediakan pengobatan untuk penderita HIV dan AIDS di Afrika. Ia juga sering bergabung dalam beberapa konser amal seperti Live Earth Concerts dan Worlwide Live 8 concerts. Berkat kepeduliannya tersebut, ia dianugerahi Humanitarian Award di ajang BET Awards 2009.

Alicia menikah dengan produser Swizz Beatz, 31 Juli 2010. Dari pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai seorang putra bernama Egypt Daoun Dean, October 2010.

Alicia Keys Lirik Lagu

Loading...