Denzel Washington Profile
Denzel Washington Profile Photo

Denzel Washington

Profesi
Aktor, sutradara, produser
Nama Asli
Denzel Hayes Washington Jr.
Tgl Lahir
Dec 28, 1954
Lahir di
Mount Vernon, New York, AS
Profesi
Aktor, sutradara, produser
Populer
Berperan sebagai Malcolm X di film "Malcolm X" (1992)
Tempat Lahir
Mount Vernon, New York, AS
Tinggi Badan
184
Kewarganegaraan
Amerika
Warna Rambut
Hitam
Warna Mata
Hitam
Ayah
Denzel Washington
Pekerjaan Ayah
Pendeta Pantekosta
Ibu
Lennis "Lynne" Washington
Pekerjaan Ibu
Pemilik salon kecantikan
Pendidikan
  • Bersekolah di Pennington Grimes Elementary School di Mount Vernon
  • Lulus dari Oakwood Academy, New Windsor, New York (1972)
  • Bersekolah di Mainland High School, Daytona Beach, Florida
  • Lulus dengan gelar BA jurusan Drama and Journalism dari Fordham University, Bronx, New York (1977)
Saudara
Lorice Washington (kakak), David Washington (adik)
Suami/Istri
Pauletta Washington (aktris, sejak 25-Jun-83)
Anak-anak
John David (atlet sepak bola Amerika, laki-laki, L. 28-Jul-84), Katia (perempuan, L. 27-Nov-87), Malcolm (laki-laki, kembar, L. 10-Apr-91), Olivia (perempuan, kembar, L. 10-Apr-91)
Populer Sejak
Berperan sebagai Malcolm X di film "Malcolm X" (1992)

Denzel Washington, dikenal lewat kemampuannya menghidupkan tokoh-tokoh legendaris seperti aktivis hak asasi manusia, Malcom X ("Malcom X" 1992) dan Rubin "Hurricane" Carter ("The Hurricane" 1999), seorang petinju legendaris asal New Jersey yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan. Tak hanya itu, pria bernama asli Denzel Hayes Washington, Jr., kelahiran Mount Vernon, 28 Desember 1954, ini juga terkenal sebagai aktor kulit hitam kedua setelah Sidney Poitier yang berhasil meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor (film "Training Day" 2001).

Semasa kecil, Denzel dibesarkan di lingkungan yang religius dan disiplin. Ayahnya, Denzel Washington, Sr., adalah seorang pendeta Pantekosta, sementara ibunya, Lennis "Lynne" adalah pemilik salon kecantikan. Ketika Denzel lulus dari sekolah dasar, Pennington-Grimes Elementary School, ayahnya mengirimkan Denzel ke sekolah khusus di New Windsor, Oakland Military Academy. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah umum di Florida, Mainland High School, selama dua tahun. Lulus SMU, Denzel kuliah di Fordham University dan mengambil mata kuliah drama dan jurnalisme.

Ketertarikan Denzel pada akting dimulai ketika dia bekerja sebagai penasihat di kamp musim panas Camp Sloane YMCA di Lakeville, Connecticut. Saat bekerja sebagai penasihat kamp, rekan kerja Denzel menganjurkan agar dia mencoba untuk menjalani karir di bidang akting. Mengikuti saran rekannya, Denzel pun mulai mencoba mendalami pendidikan akting di Lincoln Center yang ada di kampusnya. Setelah lulus dan meraih gelar B.A. untuk bidang Drama dan Jurnalisme, Denzel mendapat beasiswa di American Conservatory Theatre di San Francisco. Setahun kemudian Denzel kembali ke New York demi mengejar cita-cita berkarir sebagai aktor profesional.

Tahun 1977, Denzel berhasil memulai debutnya di dunia akting lewat serial TV "Wilma". Tak hanya berhasil mendapatkan peran utama pertamanya, di serial itulah kemudian ia mengenal calon istrinya, aktris TV Pauletta Pearson. Mereka kemudian menikah pada tahun 1983. Dari pernikahan tersebut, Denzel dikaruniai empat anak, yakni John David, Katia serta si kembar, Olivia dan Malcolm.

Tak lama setelah keberhasilannya bermain di serial TV "Wilma", Denzel berhasil memulai debutnya sebagai aktor film layar lebar lewat perannya sebagai Roger Porter di film "Carbon Copy" (1981). Seiring dengan ketekunannya sebagai aktor film, Denzel pun berhasil meraih beberapa penghargaan diantaranya penghargaan Oscar untuk Best Supporting Actor ("Glory" 1989), penghargaan MTV Movie Awards untuk Best Performance - Male ("Malcom X") dan penghargaan Golden Globe untuk Best Actor - Motion Picture Drama ("The Hurricane"). Adapun kepiawaiannya berakting dapat disaksikan di film-film box-office seperti "The Pelican Brief" (1993), "The Bone Collector" (1999), "Inside Man", "The Taking of Pelham 123" dan film yang dirilis Januari 2010, "The Book of Eli".

Video Denzel Washington

Loading...