Biografi John Cena

John Felix Anthony Cena atau yang akrab dipanggil dengan John Cena merupakan pegulat yang terkenal lewat acara smackdown WWE. Cena memang dikenal penggemar olahraga sejak remaja. Ia masuk dalam tim inti sepakbola di sekolahnya. Cena juga lebih memilih masuk ke dalam jurusan olahraga waktu kuliah.

Cena memulai pelatihan untuk menjadi pegulat profesional di Ultimate Pro Wrestling's California, 1999. Ia melakukan pertandingan gulat pertamanya di kejuaraan UPW Heavyweight Championship, April 2000.

Setahun kemudian, Cena menandatangani kontrak dengan World Wrestling Federation (WWF). Ia tampil dalam beberapa pertandingan dengan julukan "The Prototype" karena memiliki karakter seperti robot yang kaku.

Penggemar anime ini muncul pertama kali di televisi WWE ketika melawan Kurt Angle, Juni 2002. Cena menjadi salah satu pegulat yang banyak digemari karena memiliki gaya permainan freestyle. Setahun kemudian ia harus mengakui kekuatan Brock Lesnar usai dikalahkan dalam pertandingan perebutan gelar WWE Champhion.

Popularitas Cena mulai melejit ketika ia berhasil meraih kemenangan WWE pertamanya dalam United States Champion 2004. Namun sayangnya ia harus mengalami gangguan cedera ginjal usai diserang oleh bodyguard saingannya dalam WWE, Carlito, 2005. Akibatnya ia harus absen dari pertandingan WWE selama sebulan. Setelah itu ia kembali ke ring gulat dan berhasil mengantongi trofi Most Popular Wrestler of the Year dalam ajang Pro Wrestling Illustrated 2005, 2007 dan 2012.

Kepopulerannya sebagai pegulat profesional ternyata juga membuat beberapa produser film tertarik pada Cena. Ia debut lewat film produksi WWE yang berjudul "The Marine". Selanjutnya ia bermain dalam film "12 Rounds", "Legendary" dan "Fred: The Movie".

Pegulat yang kidal ini ternyata juga memiliki bakat di bidang musik khususnya genre hip hop. Ia turut menyanyikan lagu tema WWE yang berjudul "Basic Thugonomics" dan "Untouchables". Cena merilis album pertamanya yang berjudul "You Can't See Me" (2005). Beberapa single andalannya seperti "The Time is Now", "Bad Bad Man" dan "Right Now" berhasil meraih posisi di Billboard 200 US.

Bintang iklan Gilette ini ternyata juga dikenal dermawan. Ia terdaftar sebagai donatur tetap untuk yayasan amal Make A Wish Foundation yang mewadahi anak-anak sakit. Cena menikah dengan Elizabeth Huberdeau, Juli 2009. Namun sayang pernikahan tersebut hanya bisa bertahan selama 3 tahun. Tak berselang lama ia kemudian dikabarkan menjalin hubungan dengan diva WWE Nikki Bella.