Ria Ricis Profile
Ria Ricis Profile Photo

Ria Ricis

Profesi
Presenter, penulis
Nama Asli
Ria Yunita
Tgl Lahir
Jul 1, 1995
Lahir di
Indonesia
Profesi
Presenter, penulis
Populer
Mengunggah meme dan video di media sosial (2015)
Tempat Lahir
Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Sulyanto (m. 04-Jun-21)
Ibu
Yunifah Lismawati
Saudara
Oki Setiana Dewi (aktris, kakak perempuan)
Suami/Istri
Teuku Ryan (sejak 12-Nov-21)
Anak-anak
Cut Raifa Aramoana (perempuan, L. 26-Jul-22)
Populer Sejak
Mengunggah meme dan video di media sosial (2015)

Ria Yunita atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ria Ricis lahir di Batam pada 1 Juli 1995 dan merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakak pertama Ricis, Oki Setiana Dewi, lebih dulu terjun ke dunia hiburan dengan memerankan karakter utama di film "Ketika Cinta Bertasbih" pada 2009. Meski begitu, Ricis mengaku tak pernah mendompleng nama kakaknya untuk mendapatkan ketenaran.

"Aku enggak pernah pakai nama mbak Oki supaya jadi terkenal karena aku punya cara  untuk bisa berdiri sendiri," ujar Ricis pada 2017.

Perjalanan Ricis sebagai influencer dimulai usai ia memutuskan untuk membuat akun Instagram @riaricis1795 pada 27 Juli 2014. Dengan mengunggah konten foto dan video lucu di Instagram, Ricis rupanya mendapat respons positif dari warganet. Seiring dengan popularitasnya yang terus berkembang, Ricis mulai ditawari sejumlah endorsement hingga ia akhirnya terkenal sebagai seorang selebgram.

Ricis kemudian diminta penggemarnya untuk membuka kanal YouTube agar mereka bisa mengenal sang idola lebih dekat. Ia pun resmi membuka kanal YouTube "Ricis Official" pada 15 Januari 2016 dan memfokuskan kontennya pada hal-hal lucu. Setelah membuat konten soal squishy, Ricis sukses meraup jutaan penonton dan membuat video-videonya masuk laman trending di YouTube. Sebagai informasi, squishy merupakan mainan yang terbuat dari busa poliuretan lembut dan diformulasikan khusus sehingga bisa kembali ke bentuk aslinya setelah diremas.

Squishy pun sukses menjadi konten yang paling banyak ditonton di kanal YouTube Ricis. Video bertajuk "RIA RICIS MAKAN SQUISHY? SQUISHY YANG BISA DIMAKAN" yang diunggah pada 29 Oktober 2017 lalu bahkan telah ditonton lebih dari 114 juta kali per 5 September 2022.

Dalam vlog Melaney Ricardo, Ricis sempat mengungkapkan bahwa dirinya telah menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah untuk melengkapi koleksi squishy-nya. "Bahkan aku pernah ngeluarin modal hampir Rp 100 juta buat beli ginian (squishy) doang. Kalau dikumpulin yah," ujar Ricis kepada Melaney.

Berkarier sebagai YouTuber selama lebih dari lima tahun membuat Ricis ditaksir memiliki pendapatan hingga ratusan miliar. Pendapatan Ricis dari YouTube diperkirakan mencapai sekitar USD 40.000 hingga USD 639.900 per bulan, atau setara Rp 574 juta hingga Rp 9,18 miliar. Sehingga Ricis bisa mengantongi USD 479.000 hingga USD 7,7 juta atau setara Rp 6,87 miliar hingga Rp 110 miliar per tahun dari YouTube saja.

Sukses di media sosial, Ricis pun turut merambah dunia akting. Ricis pertama kali menunjukkan kemampuan aktingnya lewat film "Selebgram" yang rilis pada 2017 silam. Dalam film bergenre komedi tersebut, Ricis beradu akting dengan Alvaro Maldini hingga Syifa Hadju.

Selain itu, Ricis juga sempat digandeng Raditya Dika dalam proyek film "Target" yang rilis pada 2018. Dalam film bergenre komedi tersebut, Ricis memerankan dirinya sendiri sehingga dialognya tak lepas dari squishy. "Karena mengingat Ricis identik dengan squishy. Udah itu aja," tutur Ricis kala diwawancara soal film "Target".

Di balik popularitasnya yang luar biasa, sosok Ricis rupanya tak lepas dari kontroversi. Pada 2017 lalu, Ricis sempat dikecam aktivis lingkungan karena kontennya soal membuang squishy ke pantai dan toilet. Aktivis bernama Wulan Russel itu khawatir anak-anak yang menonton video Ricis akan menirukan aksi tersebut tanpa berpikir panjang.

Ricis lantas memberikan klarifikasi dan permintaan maaf terkait kontroversi itu. Menurutnya, squishy yang ia buang tidak benar-benar disiram alias di-flush ke toilet. Namun Ricis meminta maaf apabila judul dan thumbnail videonya menimbulkan kesalahpahaman.

"Tentang squishy yang dibuang ke toilet, squishy tersebut tidak benar-benar di flush (bisa dilihat di videonya). Jika ada kesalahpahaman karena judul dan thumbnail videonya, saya mohon maaf. Perhatian dari teman-teman membuat saya jadi semangat untuk lebih baik lagi dalam membuat video ke depannya. Wasalam," demikian keterangan Ricis di Instagram Stories pada 1 Januari 2018.

Sedangkan soal membuang squishy ke laut, Ricis memaparkan bahwa hal tersebut juga merupakan konten belaka. Ia tidak benar-benar membuang squishy-nya ke laut dan mengambilnya kembali dari air setelah selesai syuting. "Ini squishy mermaid yang ada di video dibuang ke pantai. Jadi setelah syuting di pantai, setelah dilempar ke laut, diambil lagi. Beberapa waktu setelah itu saya pulang ke Jakarta dan syuting pakai squishy mermaid itu dengan video yang berbeda," bebernya.

Tak hanya mengundang kontroversi dengan aksi membuang squishy, Ricis juga sempat menghebohkan dunia maya karena tiba-tiba pamit dari YouTube. Pada 27 Juli 2019, Ricis berpamitan dan meminta maaf kepada para penggemarnya melalui video bertajuk "Saya Pamit". Padahal kala itu, jumlah subscriber kanal YouTube Ricis Official hampir menyentuh angka 16 juta.

Dalam video itu, Ricis mengaku sedang berada dalam fase terendahnya dan memutuskan untuk pamit tanpa memberitahu timnya. Ricis pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang mendukungnya hingga bisa menjadi YouTuber wanita ternama di Asia Tenggara.

"Pengin banget sampein ke kalian bahwa tiap orang punya titik terendah masing-masing begitu juga dengan saya, Ria Ricis and team. Bahkan keputusan ini bisa dibilang keputusan sendiri karena memang tim aku juga enggak tahu, bahkan habis ini pun tim Ricis aku liburin," jelas Ricis. "Aku bersyukur banget sama kalian semua netizen karena aku jadi wanita pertama di Indonesia bahkan Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan Diamond Play Button."

Baru dua hari setelah mengunggah video pamit tersebut, Ricis mengumumkan bahwa dirinya akan kembali menjadi YouTuber lagi. Dalam unggahannya di Instagram pada 29 Juli 2019, Ricis mengaku akan kembali membuat konten demi para penggemarnya.

"Jujur, enggak kuat baca komen di YouTube, IG, dan DM. Demi kalian, demi kita, Ricis dan Tim Ricis kembali mulai hari ini. Ada vlog baru di @ricisofficial_ytb dan jam 5 di @rumah.ricis seperti biasa," tulis Ricis. "Insya Allah, mohon doa dan support kalian. #TheRicis luar biasa kuatnya! #TheRicis bersatu kembali."

Kontroversi Ricis rupanya tak hanya berkaitan dengan kontennya di media sosial saja. Pada 2020, Ricis sempat dikomplain tetangganya secara langsung karena menggelar syuting di kompleks perumahan dengan banyak kru di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Tak hanya warga, desainer Didiet Maulana hingga politisi Triawan Munaf juga menyampaikan kritik atas aksi tersebut.

Adapun Ricis telah memberikan klarifikasi bahwa kegiatan syuting itu dilakukan di lokasi lain dan bukan kompleks perumahannya. Ketika mendapat teguran dari warga, Ricis dan kru tengah memesan bakso di depan rumah, bukannya melakukan syuting.

"Kita syutingnya di Persari tadi. Tapi ketika kejadian (ditegur warga) itu waktu memang lagi pesan bakso di rumah. Kita niatnya mau bantuin tukang bakso, tapi malah kejadian. Jadi bingung. Ya sudahlah terserah," ungkapnya.

Ricis sendiri mengaku memang sempat syuting di rumahnya, namun hal itu digelar jauh sebelum insiden teguran warga. Meski demikian, Ricis berkaca dari kejadian tersebut dan akhirnya menyampaikan permintaan maaf. "Maaf dan terima kasih. Maaf atas kesalahan saya pribadi, dan terima kasih sudah bantu menegur dan mengingatkan dengan baik," tulis Ricis di Instagram pada 24 Maret 2020.

Terlepas dari kontroversinya, Ricis tetap sukses menorehkan prestasi sebagai social media personality. Ricis bahkan berhasil membawa pulang penghargaan selebgram favorit di Nickelodeon Indonesia Kids’s Choice Awards pada 2017. Ia sukses menyabet penghargaan bergengsi tersebut usai mengalahkan sejumlah nama besar seperti Edho Zell, Reza Oktovian, hingga Salshabilla Adriani.

Dari sisi kehidupan pribadi, Ricis sempat dikabarkan dekat dengan sejumlah pria. Ia pernah dijodoh-jodohkan warganet dengan YouTuber Atta Halilintar usai berkolaborasi untuk membuat konten. Namun keduanya mengakui bahwa hubungan mereka hanya sebatas rekan kerja semata. Selain Atta, kolaborasi konten YouTube juga pernah membuat Ricis dijodoh-jodohkan dengan Alshad Ahmad. Tetapi Alshad juga mengaku hanya sebatas berteman dekat dengan Ricis yang sama-sama memiliki hobi ke pantai.

Pada tahun 2021, Ricis akhirnya memantapkan hati untuk naik ke pelaminan bersama aktor tampan Teuku Ryan. Ketika menyerahkan berkas persiapan pernikahannya ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Oktober 2021, Ricis menunjukkan kedermawanannya dengan memberikan donasi pembangunan masjid yang berada di sekitar kawasan kantor KUA.

Adapun pernikahan Ricis dan Ryan sedianya akan digelar pada Desember 2021, namun dimajukan menjadi 12 November 2021. Alasan pernikahan Ricis dan Ryan dimajukan pun telah dibongkar oleh pihak keluarga. "Karena Ricis dan Ryan sudah sama-sama siap, jadi kami rasa tidak ada alasan untuk menunda ya, demi menghindari fitnah," ujar kakak Ricis, Oki Setiana Dewi.

Kebahagiaan Ricis dan Ryan pun semakin lengkap dengan kehadiran buah hati pertama mereka, Cut Raifa Aramoana, yang lahir pada 26 Juli 2022. Meski awalnya hendak melakukan persalinan normal, Ricis pada akhirnya melahirkan putrinya secara caesar di RSIA Bina Medika Bintaro, Tangerang. Ricis mengaku mengalami masalah pada air ketubannya yang mulai berkurang, padahal ia belum waktunya melahirkan sehingga tidak mengalami kontraksi.

"Ada masalah pada ketuban dan ari-ari, makanya caesar. Sebenarnya mau lahiran normal atau caesar sama saja, sama-sama sakit," terang Ricis dalam jumpa pers di rumah sakit.

Bersama keluarga kecilnya, Ricis kini terus aktif membuat konten dan berkolaborasi dengan influencer lain di YouTube. Ricis juga kerap membagikan momen manis bersama suami dan putrinya di Instagram. Wanita berdarah Palembang tersebut agaknya bangga dengan statusnya sebagai seorang ibu hingga menyebut dirinya sendiri sebagai "Bu Icis".

Film:

  1. "Selebgram" sebagai Sherly (2017)
  2. "Mars Met Venus (Part Cewe)" sebagai Icha (2017)
  3. "Mars Met Venus (Part Cowo)" sebagai Icha (2017)
  4. "The Underdogs" sebagai YouTuber Talkshow (2017)
  5. "Yowis Ben" sebagai MC Konser Musik (2018)
  6. "Target" sebagai Ria Ricis (2018)
  7. "Wedding Agreement" sebagai Ami (2019)
  8. "Hayya: The Power of Love 2" sebagai Ricis (2019)
  9. "Aku Tahu Kapan Kamu Mati" sebagai Flo (2020)
  10. "Mars and Venus (Collabs Version)" sebagai Icha (2020)
  11. "Hayya 2: Dream, Hope and Reality" sebagai Ricis (2022)

Web Series:

  1. "Setan Ngambek" sebagai Ricis/Becir (2019)
  2. "Setan Taubat" sebagai Ricis/Becir (2020)
  3. "Setan Taubat Balik Lagi" sebagai Ricis/Becir (2021)
  4. "Setan Glow Up" sebagai Ricis/Becir (2022)

Acara Televisi:

  1. "Gen Why" sebagai Host (2016)
  2. "Inbox" sebagai Host (2017)
  3. "I Want to Know" sebagai Co-Host (2018)
  4. "Liga Dangdut Indonesia 2019" sebagai Juri Tamu (2019)
  5. "Kepoin" sebagai Host (2019)
  6. "Uwu Moment" sebagai Host (2021)
  7. "Diary Halaqah Cinta Ricis Ryan" sebagai Ria Ricis (2021)

Hasil Karya

Digital Single:

  1. "Saranghaeyo" (2018)
  2. "Janji Setia (feat Teuku Ryan)" (2021)
  3. "Bus Om Bebek" (2021)

Studio Album:

  1. "Assalamualaikum Temen-Temen (by Tim Ricis)" (2019)

Buku:

  1. "Ricis: Ria Cantik dan Manis" (2016)
  2. "Live Love Laugh Bareng Ricis" (2016)
  3. "Saya Pamit" (2019)
  4. "Next" (2020)
  5. "Saya Pamit Jilid 2" (2020)
  6. "Bukan Buku Nikah" (2021)
  7. "Maaf Untuk Papa" (2021)

Penghargaan

Social Media Awards:

  1. 2016: Hijabers Selebgram

Nickelodeon Indonesia Kids’s Choice Awards:

  1. 2017: Selebgram Favorit

Silet Awards:

  1. 2019: Vlogger Tersilet
  2. 2021: Pasangan Tersilet (bersama Teuku Ryan)

Video Content Creator Awards:

  1. 2021: Konten Kreator Favorit

Indonesia Social Media Awards:

  1. 2016: Female Celeb Instagram 2K16 (nominasi)

Panasonic Gobel Awards:

  1. 2019: Kreator Konten Digital Terfavorit (nominasi)

Kiss Awards:

  1. 2022: Pernikahan Terkiss (nominasi)

Trivia

  1. Nama panggung Ricis adalah singkatan dari "Ria Cantik dan Manis"
  2. Kakaknya sebut Ricis tak suka hitungan dan hapalan, tapi selalu dapat nilai sempurna untuk mata pelajaran seni
  3. Kerja keras buat konten hingga hanya tidur dua jam sehari
  4. Dapat julukan "Ratu Squishy" karena sering melakukan aksi menarik dengan squishy
  5. "Assalamualaikum temen-temen!" jadi slogan khas opening video YouTube Ria Ricis
  6. Bikin web series "Setan Ngambek" karena terinspirasi "Malam Minggu Miko" buatan Raditya Dika
  7. Jadi YouTuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia, total 30,5 juta per Agustus 2022
  8. Terjun ke dunia bisnis dengan kue "Surabaya Patata" hingga koleksi "Hijab Ricis"
  9. Merasakan aura mistis kala syuting film "Aku Tahu Kapan Kamu Mati" di Puncak, Bogor
  10. Pernikahannya dengan Teuku Ryan mengusung adat Palembang, sesuai daerah asal keluarga Ricis
  11. Aktor senior Deddy Mizwar ditunjuk menjadi wali nikah Ricis, sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dihadirkan sebagai saksi pernikahan
  12. Teuku Ryan memberi mahar fantastis kala menikahi Ricis, yakni 100 gram emas logam mulia, uang tunai sebesar Rp 179,5 juta dan seperangkat alat salat
  13. Baru nikmati enaknya pacaran halal setelah menikah dengan Teuku Ryan
  14. Mengaku tak mau makan ikan karena menganggap ikan adalah "teman" satu spesies
  15. Saking cintanya dengan ikan, nama putri Ricis, Aramoana, diambil dari bahasa Polynesia yang berarti jalan kecil menuju lautan

Kutipan Terkenal/Kata-kata Mutiara:

"Nyatanya, kita akan terus berjalan walaupun masih tak jelas kemana arahnya" - Ria Ricis

Ria Ricis Lirik Lagu