Penelitian Selama 10 Tahun Buktikan Minum Kopi 8 Cangkir Sehari Mampu Perpanjang Usia
SerbaSerbi

Peneliatian selama 10 tahun ini melibatkan hampir 500.000 orang dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

WowKeren - Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian orang. Minuman satu ini juga telah menjadi gaya hidup, terutama bagi orang-orang yang sibuk. Kopi dianggap mampu membuat tubuh dan otak mereka menjadi segar kembali.

Banyak orang yang kesehariannya telah bergantung pada kopi. Sebelum atau saat berangkat kerja, mereka mengonsumsi kopi. Begitu pula saat makan siang atau untuk menemani cemilan di sore hari.

Tingkat konsumsi kopi sebagian orang terkadang tidak menentu. Namun, jangan khawatir, peneliatian terbaru yang melibatkan hampir 500.000 orang menunjukkan bahwa meminum kopi dalam jumlah berapapun per hari dapat memperpanjang usia seseorang. Penelitian ini telah dilakukan selama satu dekade.

Bagi kalian penikmat kopi instan, penelitian ini terkait dengan jenis kopi apapun. Entah itu yang instan, tanpa kafein dan lain-lain. Meski begitu, masih banyak yang keberatan tentang hasil penelitian tersebut.

Dilansir dari Science Alert, penelitian terbaru ini mengambil data dari 498.134 orang yang secara sukarela mendaftar pada data genetika Biobank di Inggris. Mereka lalu mencatat kematian selama 10 tahun terakhir ini.

Menurut Lottfield, penelitian tersebut dapat menjadi jaminan kepada peminum kopi. Namun, penelitian ini bersifat observasi. Artinya tidak dapat membuktikan bahwa kopi menyebabkan orang hidup lebih lama.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa mengonsumsi delapan atau lebih cangkir kopi sehari memiliki resiko meninggal 14 persen lebih rendah. Sementara mereka yang meminum enam hingga tujuh cangkir sehari resikonya dipotong 16 persen.

Kopi bisa menurunkan resiko kematian dini karena minuman tersebut mengandung lebih dari 1000 senyawa biologis. Seperti kalium dan asam folat yang diketahui memiliki efek pada tubuh.

Rupanya manfaat kopi cukup besar ya. Tak hanya menghilangkan kantuk di pagi hari ketika bekerja, minuman ini juga dianggap mampu memperpanjang umur.

Namun, adanya penelitian ini tidak harus membuat kalian jadi mengonsumsi kopi sebanyak-banyaknya. Kalian harus mengonsumsi kopi karena kenikmatan yang diberikan minuman tersebut.

You can share this post!

Related Posts