Sering Berhalusinasi Dengar Suara yang Sebenarnya Tak Ada? Ini Hal yang Terjadi Pada Otak
SerbaSerbi

Para ilmuwan jelaskan bahwa ada satu hal yang sangat memengaruhi terjadinya halusinasi suara pada manusia.

WowKeren - Beberapa waktu yang lalu, pengguna media sosial ramai berdebat soal suara apa yang sebenarnya mereka dengar. Dalam sebuah rekaman suara yang beredar kala itu, beberapa orang mengaku mendengar kata "Laurel". Sementara itu, beberapa yang lain mengaku mendengar suara yang berbunyi "Yanny".

Selain itu juga, pernahkah kamu tiba-tiba mendengar ada yang memanggilmu, namun setelah dicari ternyata tak ada satupun orang di sana? Tidak usah terburu-buru merasa ada yang salah. Para ilmuwan dapat menjelaskan mengenai fenomena halusinasi suara ini.

Video terbaru dari AsapSCIENCE yang dilansir Mental Floss pada Selasa (10/7) bisa membantu menjelaskan bagaimana ilusi aural atau ilusi yang berhubungan dengan telinga ini terjadi. Mereka juga menjelaskan mengenai mengapa pendengaran tidak sesederhana yang kamu pikirkan.

Para peneliti menyebutkan bahwa otak sangat mudah tertipu mendengar suara yang sebenarnya tidak ada. Pendengaran adalah mengenai persepsi, dan ekspektasi yang dirasakan manusia juga berperan besar terhadapnya.

Otak menggunakan konteks untuk menafsirkan sinyal yang ia terima dari gelombang suara yang masuk ke dalam telinga. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika kamu berharap untuk mendengar suatu suara, korteks auditori di otak akan diaktifkan dengan cara yang sama seolah-olah kamu mendengar suara.

Otak seringkali mengisi celah kosong di mana ia berpikir bahwa suara yang kita dengar sungguh ada. AsapSCIENCE menjelaskan bahwa halusinasi suara ini disebut dengan "Induksi Sementara".

Hal itulah yang membuat kita seolah-olah bisa mendengar orang menyanyi suatu lagu karena melihat video musiknya padahal sebenarnya kita hanya mendengar suara piano saja. Hal yang sama juga terjadi jika kamu melihat suatu GIF yang dibisukan suaranya. Jika kamu telah mengenal dengan baik suara asli dari gambar bergerak tersebut, maka kamu akan layaknya berhalusinasi mendengar suara-suara asli yang ternyata sudah dibisukan.

You can share this post!

Related Posts