Kahiyang Ayu Kembali Pulih Usai Melahirkan Lewat Operasi Caesar
Instagram/ayanggkahiyang
Selebriti

Dua hari usai operasi caesar, Kahiyang sudah bisa jalan bolak-balik kamar mandi dan menggendong buah hatinya.

WowKeren - Kahiyang Ayu, putri kedua presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi telah melahirkan seorang bayi cantik yang diberi nama Sedah Mirah Nasution pada Rabu (1/8). Kahiyang sendiri telah melahirkan putri pertamanya secara caesar.

Seperti yang diketahui, melahirkan secara caesar rata-rata membutuhkan waktu cukup lama untuk proses pemulihan. Namun hal itu tidak berlaku bagi adik Gibran Rakabuming Raka tersebut.

Usai operasi caesar, kini keadaan Kahiyang sudah kembali membaik. Bahkan ia sudah bisa menggendong buah hatinya. Namun tetap saja, jika terlalu lama digunakan untuk beraktivitas, Kahiyang merasa nyeri di beberapa bagian.

"Alhamdulillah sekarang sehat," ujar Kahiyang. "Sudah bisa jalan bolak-balik kamar mandi dan gendong bayi. Tapi kalau kelamaan ya nyeri-nyeri juga sih"

Pengakuan Kahiyang itu juga dipertegas kembali oleh Yusfa Rasyid S.pOG, selaku Direktur Medik dan Keperawatan. Kahiyang termasuk perempuan kuat yang hanyak membutuhkan waktu dua hari untuk bisa kembali beraktivitas.


Direktur tersebut juga mengakui bahwa Kahiyang sudah tanggap terhadap putrinya. Air Susu Ibu (ASI)-nya pun terbilang cukup lancar.

"Setiap ibu yang melahirkan pasti akan berbeda-beda efeknya, namun untuk mbak Kahiyang dengan waktu dua hari sudah bisa berjalan itu cukup memberikan hasil yang baik," kata Yusfa. "Reflek terhadap anak serta ASI-nya juga sudah lancar."

Meski Kahiyang sudah dinyatakan sehat secara fisik oleh tim dokter, namun untuk kondisi mentalnya ia masih membutuhkan proses. Karena itu, Kahiyang memutuskan untuk menunda kepulangannya. Keputusan tersebut rupanya dinilai sebagai pilihan yang tepat oleh tim dokter.

Kahiyang juga masih butuh waktu lebih lama untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan mengurus bayi. Tak sekedar bisa menggendong, tapi juga memandikan dan segala macam.

Kini, Kahiyang sudah mulai belajar menjadi seorang ibu. Ia pun bekerja sama dengan sang suami dalam mengurus bayinya.

Sementara itu, Jokowi sendiri telah menemani Kahiyang sampai subuh. Jokowi juga mengungkapkan bahwa proses kelahiran cucu keduanya terbilang cepat sekali. Sayangnya, untuk saat ini Jokowi mengaku belum berani untuk menggendong cucunya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait