Apa Itu Lemak Jahat?
Health

Apakah kalian mengetahui bahwa lemak adalah bagian dari makro nutrisi tubuh yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup setiap orang?

WowKeren - Lemak jahat sering diistilahkan sebagai LDL (Low Density Lipoprotein). LDL merupakan lemak jahat yang disusun oleh protein utama Apo-B yang menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Lemak jahat dapat dikenali dengan bentuknya yang menjadi padat saat berada di suhu ruangan.

Fungsi utama LDL sendiri adalah membawa kolesterol ke organ-organ tubuh yang memerlukannya. Seperti jantung, otak, hati dan lainnya. Tetapi, jika kapasitasnya berlebihan LDL akan jadi senjata makan tuan.

Lemak jahat datang dari asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh biasanya terdapat dalam produk hewani seperti susu, keju daging merah, daging ayam, santan dan mentega. Produk nabati seperti minyak kelapa sawit juga memiliki lemak jenuh, lho. Lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Sedangkan lemak trans biasanya terdapat dalam jumlah sedikit pada makanan seperti daging dan susu. Sebagian besar lemak jenis ini ditemukan pada makanan yang digoreng karena minyak sayur yang digunakan mengalami proses hidrogenasi parsial yang menghasilkan lemak tersebut. Dan hal tersebut meningkatkan kadar kolesterol LDL serta menurunkan HDL (High Density Lipoprotein).

Kedua jenis lemak jahat ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung di kemudian hari. Penelitian juga membuktikan bahwa lemak jahat memiliki hubungan dengan kanker prostat. Maka bagi para pria harus berhati-hati.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait