Apa itu Lemak Baik?
Health

Apakah kalian mengetahui bahwa lemak adalah bagian dari makro nutrisi tubuh yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup setiap orang?

WowKeren - Kini beralih ke lemak baik. Lemak satu ini tentu merupakan kebalikan dari lemak jahat. Lemak baik disebut pula sebagai HDL(High Density Lipoprotein). HDL sendiri berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari sel-sel tubuh untuk kembali ke hati. Lemak baik pada umumnya terdapat dalam jenis lemak tak jenuh yang ditemukan dalam bentuk cair di suhu ruangan seperti minyak zaitun, minyak kacang dan minyak jagung. Asam lemak tidak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, menurunkan peradangan, dan menstabilkan ritme jantung.

Lemak tak jenuh juga memiliki dua jenis yakni tunggal dan ganda. Lemak tak jenuh tunggal terkandung dalam berbagai makan dan minyak seperti, alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, kacang almond dan hazelnut. Asam lemak ini membantu untuk mempertahankan HDL dan menurunkan kadar LDL.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah yang menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, lemak ini bermanfaat untuk mengontrol kadar insulin dan kadar gula darah yang akan menurunkan resiko penyakit diabetes melitus tipe 2.

Sementara lemak tak jenuh ganda juga banyak ditemukan di buah-buahan dan sayuran. Terdapat dua jenis lemak tak jenuh ganda yakni, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Senyawa tersebut tidak bisa dibentuk sendiri oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan. Omega 3 yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner dapat di temukan dalam berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, makarel sarden dan hering. Sedangkan Omega 6 dapat ditemukan di beberapa kacang-kacangan dan minyak sayur seperti minyak jagung.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru