Pemakaman di Bukit Tana Toraja
Travel

Ingin mengunjungi tempat wisata angker? 8 lokasi ini bisa masuk daftar kalian.

WowKeren - Kalian pasti sudah sering mendengar tentang tradisi orang di Tana Toraja terkait pemakaman, kan? Masyarakat Toraja memiliki ritual pemakaman tertua di dunia. Mereka akan mengadakan acara pemakaman secara besar-besaran. Bahkan sebagian juga rela menabung bertahun-tahun untuk melakukan tradisi tersebut.

Lalu, bagaimana dengan jenazah tersebut sebelum dimakamkan? Jenazah itu akan disimpan di dalam rumah dan diperlakukan layaknya masih hidup selama bertahun-tahun hingga sanggup mengadakan acara pemakaman. Mereka akan memberikan jenazah tersebut makan, dimandikan bahkan berjalan-jalan ke luar. Masyarakat Toraja mempercayai bahwa seseorang akan benar-benar meninggal setelah dilakukan upacara tersebut.

Selain itu, berkunjung ke Tana Toraja kalian akan menemukan berbagai upacara dan makam yang unik. Terdapat pemakaman yang berada di bukit. Masyarakat Toraja akan membuat gua-gua kecil kemudian memasukkan jenazah dalam gua tersebut. Pemakaman tersebut disebut dengan tradisi Tau Tau.

Ada juga pemakaman di batang pohon Tarra. Pemakaman ini khusus bagi bayi yang meninggal sebelum tumbuh gigi. Penempatan jenazah tersebut disesuaikan dengan strata sosial masyarakat. Kuburannya pun mengarah ke tempat tinggal keluarganya.

Setiap bulan Agustus, masyarakat Tana Toraja akan melangsungkan tradisi Ma' Nene. Tradisi itu digelar dengan menggali kembali kuburan, memandikan dan memakaikan baju pada jenazah keluarga mereka. Kalian akan menemukan berbagai kebudayaan menarik serta suasana mistis yang kental di Tana Toraja.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait