Waspadai 6 Tanda Awal Kanker Paru-Paru, Penyakit yang Diderita Istri Indro Warkop
Shutterstock
Health

Beberapa tanda awal kanker bisa menyerupai penyakit lain, namun beberapa gejala ini bisa jadi pertanda penyakit kanker paru-paru. Segera kenali.

WowKeren - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Setelah beberapa waktu lalu, aktor kawakan Rudy Wowor dikabarkan meninggal dunia karena kanker prostat, kali ini kabar duka datang dari Indro Warkop. Istrinya, Nita Octobinjanthy, meningal dunia lantaran mengidap kanker paru-paru.

Nita menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (9/10) pukul 20.30 WIB di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan. Nita sendiri sudah menderita kanker paru-paru ini sejak tahun 2017 yang lalu.


Kanker memang masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Keberadaannya juga seringkali sulit dideteksi hingga sudah memasuki stadium akhir. Sama halnya dengan penyakit kanker yang lain, kanker paru-paru seperti yang diderita oleh Nita juga tergolong berbahaya. Kebanyakan dari gejala penyakit ini tidak khas dan mirip dengan gejala dari penyakit lain.

Kendati demikian, kita bisa coba mewaspadai gejala-gejala awal yang muncul saat terkena kanker paru-paru. Dengan begitu, kita bisa mendeteksi lebih awal untuk mendapatkan kesempatan sembuh yang lebih besar.

Lantas seperti apakah tanda-tanda awal dari kanker paru-paru yang patut diwaspadai? Berikut ulasannya untuk segera kamu kenali.

(wk/silm)

1. Tanda Awal Kanker Paru-Paru Bisa Berupa Suara yang Menjadi Serak


Tanda Awal Kanker Paru-Paru Bisa Berupa Suara yang Menjadi Serak

Suara serak biasanya dialami oleh beberapa orang saat mengalami batuk-batuk. Namun, suara yang menjadi serak secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari dua minggu harus diwaspadai menjadi tanda-tanda awal dari kanker paru-paru.

Suara serak bisa muncul sebagai akibat dari adanya radang di saluran pernapasan. Kondisi ini juga terjadi saat sel kanker memengaruhi saraf yang mengatur pita suara. Oleh karena itu, suaramu menjadi serak dan tidak sehat.

2. Napas Pendek dan Rasa Nyeri di Dada


Napas Pendek dan Rasa Nyeri di Dada

Tanda awal dari kanker paru-paru selanjutnya yang harus kamu waspadai adalah saat mengalami napas pendek dan rasa nyeri di dada. Dua tanda-tanda ini biasanya muncul pada kanker paru-paru stadium awal yang masih sering diabaikan.

Sesak napas bisa terjadi akibat sel kanker yang menghalangi saluran pernapasan. Bisa juga terjadi lantaran adanya penumpukan cairan di sekitar paru-paru sehingga menekan organ pernapasan tersebut. Mengerikannya lagi, jika kamu merasa sesak napas saat melakukan aktivitas biasa, kamu juga bisa jadi terserang penyakit gagal jantung.

Sementara itu, kanker paru-paru stadium awal juga bisa ditandai dengan adanya rasa nyeri di bagian dada, bahu, atau punggung. Rasa nyeri yang terus-menerus dan timbul hilang bisa terjadi akibat kanker paru-paru. Jika rasa nyeri di dada tersebut juga terasa semakin berat ketika menarik napas dalam, batuk, atau tertawa, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

3. Penurunan Berat Badan yang Terjadi Terus Menerus Tanpa Diet


Penurunan Berat Badan yang Terjadi Terus Menerus Tanpa Diet

Tanda awal dari kanker paru-paru stadium awal yang lain adalah adanya penurunan berat badan hingga drastis. Hal ini tidak hanya dialami penderita kanker paru-paru saja, melainkan juga kanker-kanker yang lain.

Penurunan berat badan yang terus menerus tanpa usaha apapun bisa terjadi lantaran sel kanker sudah mendominasi tubuh. Akibatnya, seluruh energi dan nutrisi yang harusnya diserap oleh tubuh malah digunakan oleh sel kanker. Lebih baik kamu segera mewaspadai adanya penurunan berat badan yang drastis dan terus menerus meski kamu sedang tidak diet atau mengubah gaya hidup.

4. Rasa Sakit Pada Tulang Akibat Sel Kanker yang Sudah Menyebar


Rasa Sakit Pada Tulang Akibat Sel Kanker yang Sudah Menyebar

Satu lagi tanda sederhana dari adanya kanker paru-paru yang harus kamu waspadai. Hal itu berupa rasa sakit atau nyeri pada tulang-tulang.

Rasa nyeri atau sakit pada tulang bisa saja disebabkan karena sel kanker yang sudah menyebar dan mencapai tulang. Pada malam hari, rasa sakit pada tulang akan semakin menjadi-jadi saat membaringkan badan. Untuk itu, segera konsultasikan ke dokter jika kamu mengalami tanda-tanda ini.

5. Pusing atau Sakit Kepala Bisa Menjadi Tanda-tanda Kanker Paru-Paru


Pusing atau Sakit Kepala Bisa Menjadi Tanda-tanda Kanker Paru-Paru

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh orang-orang. Bukan hanya kanker paru-paru, sakit kepala biasanya juga menjadi tanda dari beberapa penyakit lain. Akan tetapi, sakit kepala juga bisa terjadi akibat sel kanker paru-paru yang sudah memasuki bagian kepala.

Rasa sakit pada kepala yang terjadi terus menerus memang sangat berbahaya. Hal ini juga mengindikasikan bahwa tumor yang tumbuh sudah menekan saraf-saraf yang melalui bagian dada. Tekanan inilah yang dapat mengakibatkan sakit kepala.

6. Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Berdarah


Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Berdarah

Tanda lain dari kanker paru-paru yang patut diwaspadai adalah jika kamu mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan juga sesekali berdarah. Ini merupakan tanda yang umum terjadi pada para penderita kanker paru-paru stadium awal.

Batuk bisa muncul lantaran penyakit lain seperti flu atau juga iritasi saluran pernapasan. Namun, batuk yang muncul terus menerus selama lebih dari 2 minggu harus segera kamu waspadai karena bisa menjadi salah satu tanda dari kanker paru-paru. Apalagi jika kamu sudah banyak mengonsumsi obat batuk, namun tak ada tanda-tanda sembuh. Lebih baik segera periksakan ke dokter atau lakukan rontgen dada jika diperlukan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait