Menurunkan Berat Badan Hingga Anti Kanker, Ketahui 10 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan
1health-id
Health

Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, lho. Cari tahu di sini, yuk.

WowKeren - Jambu biji merupakan buah yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya buah berwarna merah muda ini akan diolah menjadi jus yang menyegarkan dahaga.

Buah jambu biji juga diketahui memiliki banyak manfaat seperti untuk menurunkan darah tinggi, kesehatan kulit dan masih banyak lagi. Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun memiliki se-gudang manfaat kesehatan, lho untuk tubuh kita. Pasalnya, daun satu ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, fotal, natrium, riboflavin dan masih banyak lagi.

Berikut 10 manfaat daun jambu biji. Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Daun Jambu Biji Dapat Mencegah Diabetes


Daun Jambu Biji Dapat Mencegah Diabetes
brockandstout

Manfaat satu ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Daun jambu biji dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes, lho. Pakar kesehatan menyebutkan hal tersebut lantaran daun jambu biji mengandung serat tinggi sehingga penyerapan gula dalam darah pun akan cenderung bisa menjadi lebih lambat dan tidak akan menimbulkan diabetes. Selain itu, ada senyawa flavonoid yang bisa membantu menjaga gula darah tetap rendah. Senyawa tersebut akan menghambat produksi glukosa berlebihan di tubuh akibat konsumsi makanan yang kaya akan gula.

Untuk cara pembuatannya, kalian dapat mengolah daun jambu biji dengan cara merebusnya. Konsumsi air rebusan tersebut sekitar satu gelas setiap hari. Jangan lupa lakukan secara rutin dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Zat Anti Kanker


Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Zat Anti Kanker
unsw

Daun jambu biji memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka yakni sebagai zat anti kanker dan anti tumor. Daun ini mengandung zat anti kanker dan anti tumor layaknya likopen atau quercetin yang melengkapi vitamin C untuk melawan berbagai radikal bebas.

Beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan menggunakan daun jambu biji adalah kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara dan kanker mulut. Kalian dapat mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun jambu biji yang kini banyak dijual di pasaran.

3. Mengobati Diare dengan Daun Jambu Biji


Mengobati Diare dengan Daun Jambu Biji
draxe

Manfaat daun jambu biji selanjutnya adalah untuk mengobati diare. Daun satu ini telah dikenal lama sebagai obat tradisional masalah pencernaan tersebut. Bahkan banyak produk obat-obatan yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai bahan utama mengatasi diare.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Revista do Intituto de Medicana Tropical de Sao Paul pada 2008 silam mengemukan bahwa ekstrak jambu biji berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab umum diare. Jadi, jangan ragukan obat tradisional ini, ya.

4. Daun Biji untuk Mengobati Demam Berdarah


Daun Biji untuk Mengobati Demam Berdarah
mortein

Selain diare, daun jambu biji juga dikenal ampuh untuk mengobati demam berdarah. Penelitian membuktikan bahwa memberikan air rebusan jambu biji bisa menaikkan trombosit hingga 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam. Selain itu, kandungan enzim quercetin di dalamnya berfungsi menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus. Jika terhambat, virus pun akan mati.

Penggunaannya juga sangat mudah. Kalian bisa memanfaatkan daun jambu biji dengan cara merebusnya. Rebus sekitar 5 lembar daun jambu biji dan minumkan pada penderita demam berdarah sekitar 2 hingga 3 jam sekali.

5. Gunakan Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Berat Badan


Gunakan Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Berat Badan
everydayhealth

Buat kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mungkin daun jambu biji bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Daun jambu biji dapat mencegah pati kompleks diubah menjadi gula. Selain itu, kandungan serat dan protein di dalamnya dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan pun berkurang.

Kalian dapat membuat teh dari daun jambu biji. Caranya yakni dengan menjemur daun jambu biji hingga kering, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, kalian bisa menyeduh ekstrak tersebut dengan air panas.

6. Sakit Gigi Dapat Teratasi dengan Daun Jambu Biji


Sakit Gigi Dapat Teratasi dengan Daun Jambu Biji
sunnybrook-dental

Kalian punya masalah mulut seperti sariawan, sakit gigi atau bau mulut? Coba gunakan daun jambu biji untuk mengatasinya. Daun ini memiliki kandungan antiinflamasi, antibakteri dan analgesi yang kuat sehingga mampu mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakannya, kalian dapat menumbuk daun jambu biji hingga lembut. kemudian tambahkan sedikit garam dan tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengobati Maag Dengan Daun Jambu Biji


Mengobati Maag Dengan Daun Jambu Biji
kompas

Daun jambu biji juga dapat mengobati penyakit maag, lho. Kandungan vitamnin C di dalam daunnya yang cukup tinggi dapat mencegah penyakit maag yang sering kambuh.

Cara menggunakannya mudah. Kalian cukup merebut 4 hingga 5 lembar daun jambu biji dengan air. Kemudian minum air rebusan tersebut setiap hari. Dijamin penyakit maag akan perlahan menghilang.

8. Daun Jambu Biji Berguna untuk Menurunkan Kolesterol


Daun Jambu Biji Berguna untuk Menurunkan Kolesterol
Doctorul zilei

Manfaat daun jambu biji selanjutnya adalah untuk menstabilkan kolesterol. Sebuah artikel yang diterbitkan Nutrion and Metabolism menjelaskan sebuah penelitian di mana para koresponden yang meminum air saringan daun jambu biji dapat menurunkan kolesterol mereka dalam 8 minggu.

9. Daun Jambu Biji Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma


Daun Jambu Biji Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma
Smithsonian Magazine

Percaya atau tidak, daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sperma. Kandungan antioksidan dan asam folat tersebut terbukti mengatasi infertilitas serta kesehatan lainnya.

10. Menyehatkan Jantung Dengan Konsumsi Daun Jambu Biji


Menyehatkan Jantung Dengan Konsumsi Daun Jambu Biji
pulse

Daun jambu biji memiliki khasiat untuk kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Menurut penelitian laboratorium yang diterbitkan dalam Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology pada 2005, senyawa dalam daun jambu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung.

Bagi kalian yang menderita penyakit jantung, ada baiknya mencoba mengonsumsi air rebusan daun jambu biji setiap hati. Daun ini juga biasanya digunakan untuk minuman pasca operasi jantung.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait