Gempa Situbondo Ternyata Disebabkan Pergerakan Sesar Kambing
Nasional

Dewan Penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) menjelaskan penyebab terjadinya gempa Situbondo.

WowKeren - Gempa bumi kembali mengguncang Indonesia. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 SR melanda Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (11/10) dini hari sekitar pukul 01:44:57 WIB. Pusat gempa berada di 61 kilometer (km) timur laut Situbondo.

Getaran dari gempa bumi di Situbondo ini terasa hingga ke Bali. Rovicky Dwi Putrohari selaku Dewan Penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) menjelaskan penyebab terjadinya gempa Situbondo tersebut.

"Kajian ringkas dan sederhana dari data peta geologi serta penelitian struktur geologi daerah sekitar Jawa Madura ini, diperkirakan gempa ini disebabkan karena Sesar Kambing," ujarnya seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (11/10).

Sesar Kambing yakni sesar yang melalui Pulau Kambing dan diperkirakan yang mengangkat Pulau Kambing sehingga muncul ke permukaan. Sesar ini diperkirakan juga akibat adanya zona RMKS (Rembang Madura Kangean Sakala).


"Kajian geologi daerah ini pernah dilakukan oleh Awang Satyana dkk yang pernah dipublikasikan di IAGI tahun 2004 ini menunjukkan adanya sesar naik (backthrust)," tambah Rovicky.

Zona sesar mendatar ini cukup lebar dan memanjang dari Utara Jawa Timur hingga memotong Pulau Madura, sampai ke Sakala di sebelah utara Kangean. Panjangnya zona sesar ini lebih dari 300 kilometer (km).

Rovicky juga menjelaskan, penelitian sesar-sesar aktif hingga saat ini masih kebanyakan sesar yang tersingkap di darat. "Namun tidak menutup kemungkinan, sesar-sesar dibawah laut ini juga masih banyak yang harus dipetakan," jelasnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel