7 Aplikasi Chatting Zaman Dulu yang Kini Terlupakan, Masih Ingat?
Tekno

7 aplikasi chatting yang sempat terkenal pada zamannya ini bakal bikin kalian nostalgia. Simak di sini, yuk.

WowKeren - Pada jaman sekarang, short message service atau yang lebih dikenal dengan SMS sudah jarang sekali digunakan. Pengguna ponsel pintar lebih memilih menggunakan aplikasi obrolan yang menggunakan kuota internet.

Berbagai aplikasi obrolan hadir untuk memudahkan pengguna. Kalian mungkin salah satu pengguna Lina dan WhatsApp yang hits banget dikalangan anak muda maupun orangtua saat ini.


Aplikasi obrolan sendiri sudah tercipta sejak awal tahun 2000an. Buat kalian para "angkatan tua" yuk nostalgia dengan 7 aplikasi chatting yang kini sudah terlupakan. Simak di bawah ini, ya.

1. Yahoo! Messenger Baru Saja Ditutup Pada Juni 2018


Yahoo! Messenger Baru Saja Ditutup Pada Juni 2018

Masih ingat dengan Yahoo! Messenger? Aplikasi yang populer disebut YM ini merupakan program pengirim pesan yang disediakan oleh Yahoo! untuk penggunanya. Aplikasi ini rilis pada tahun 1998 dengan nama Yahoo! Pager.

Yahoo! Messenger sangat dicintai pada masanya karena disinyalir sebagai aplikasi pertama yang menyediakan emoji uang lucu dan menarik sebagai bentuk ekspresi saat mengobrol. Terdapat juga fitur audible, semacam emoji bersuara yang bikin chatting makin seru. Tak lupa fitur BUZZ!! yang dapat bergetar ketika dikirim pada teman obrolan.

Sayangnya, Yahoo! Messenger resmi berhenti beroperasi mulai 18 Juni 2018. Menurut pihak Yahoo!, penghentian ini tidak bersifat selamanya. Mereka kini tengah mengembangkan aplikasi baru yang diklaim akan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mari kita tunggu kabar selanjutnya, ya.

2. Mig33 yang Kini Berganti Nama menjadi Migme


Mig33 yang Kini Berganti Nama menjadi Migme

Mig33 merupakan salah satu aplikasi obrolan yang semapt populer. Aplikasi ini adalah komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia, lho. Mig33 merupakan aplikasi di platform JAVA sebelum Android dan iOS merajai.

Ketika masih populer, Mig33 hampir diakses oleh 250 juta orang pengguna dari 200 negara berbeda. Kelebihannya adalah aplikasi ini tidak hanya dapat diakses dari ponsel pintar, namun juga yang jadul asal dapat terkoneksi internet.

Mungkin kalian menyangka Mig33 sudah berhenti beroperasi, nyatanya aplikasi ini memutuskan untuk mengubah nama menjadi Migme. Tak hanya namanya, fungsi aplikasi ini juga berubah, yang mulanya hanya aplikasi obrolan kini menjadi media sosial.

3. Mxit Ditutup Sejak 2016


Mxit Ditutup Sejak 2016

Berbicara soal aplikasi chatting, MXit tak boleh terlewatkan. Rilis pada tahun 2000an, aplikasi ini termasuk generasi instant messenger mobile berbasis JAVA yang paling populer. Apalagi penggunaannya yang lebih murah ketimbang mengirim pesan biasa.

Mengobrol di MXit juga cukup seru dan murah. Mereka menyediakan berbagai emoji lucu yang dapat dikirim pada teman. Sejak 30 September 2016, MXit resmi ditutup. The Reach selaku pemilik mengatakan bahwa pihaknya tidak mampu membiayai sistem operasional untuk tahun depan.

4. mIRC, Aplikasi Chatting yang Biasanya Banyak Tersedia di Warnet


mIRC, Aplikasi Chatting yang Biasanya Banyak Tersedia di Warnet

Jauh sebelum aplikasi obrolan berkembang, Khaled Marmad-Bey memperkenalkan mIRC pada tahun 1995. Saat itu, aplikasi ini sangat populer meskipun hanya dapat digunakan di Pc atau Laptop.

mIRC dapat dikatakan merupakan aplikasi yang masih punya banyak keterbatasan. Tidak ada foto profil, emoji, mengirim gambar dan lainnya yang dimiliki aplikasi saat ini. Untuk menggunakan mIRC kalian hanya membutuhkan alamat email dan username yang biasanya merupakan samaran.

Tampilan mIRC juga masih sangat sederhana, hanya terdapat kolom obrolan dan daftar pengguna lainnya. Kalian bisa memilih secara acak siapa pengguna yang ingin diajak ngobrol tanpa mengetahui nama asli dan wajah si pengguna.

5. Friendster, Pendahulu Facebook yang Sempat Hits


Friendster, Pendahulu Facebook yang Sempat Hits

Sebelum ada Facebook, Friendster pernah mengisi keseharian anak muda Indonesia. PR Newswire mengabarkan dalam survei 2008 bahwa Friendster merupakan situs sosial online terpopuler di tanah air dengan unique visitors mencapai 4 juta per bulan.

Friendster bisa booming banget karena memiliki berbagai fitur yang sangat menarik. Salah satunya pengguna dapat mengganti tema dan menambahkan aksesoris lucu pada akun miliknya. Selain itu, pengguna juga dapat melihat siapa saja teman yang mengunjungi halaman profilnya, lho.

6. BlackBerry Messenger yang Kini Tersedia untuk Andorid dan iOS


BlackBerry Messenger yang Kini Tersedia untuk Andorid dan iOS

BlackBerry Messenger atau yang dikenal dengan BBM ini merupakan aplikasi obrolan yang disediakan bagi pengguna ponsel BlackBerry. Aplikasi ini naik daun setelah merek ponsel tersebut juga mendapat respon positif dari masyarakan. Anak muda maupun orang dewasa "terjerat" pesona merek ponsel ini.

Saking populernya BBM, kini ia menjadi aplikasi yang dapat diunduh di ponsel berbasis Android dan iOS, lho. Fitur-fitur baru yang menarik juga banyak ditambahkan agar tidak ketinggalam zaman. Selain itu, salah satu kelebihan BBM adalah kapasistas grup yang dapat menampung hingga 300 orang.

7. Windows Live Messenger Kini Digantikan dengan Skype


Windows Live Messenger Kini Digantikan dengan Skype

Windows Live Messenger merupakan aplikasi chatting buatan Microsoft. Aplikasi yang dulunya bernama MSN Messenger ini memfasilitasi penggunanya untuk berhubungan dengan orang lain melalui kontak email.

Dari tampilan hingga fitur, WLM sebenarnya dapat dikatakan modern. Bahkan sudah ada fitur video call, lho. Namun, penggunanya yang tidak sebanyak aplikasi lain membuat WLM harus ditutup pada 31 Oktober 2014 silam.

Microsof mengarahkan pengguna WLM untuk beralih ke Skype. Aplikasi percakapan tersebut akhirnya ditutup setelah 15 tahun keberadaanya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...