Kerap Ganggu Penampilan, Ini 7 Tips Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Punggung Secara Alami
Go Dok
Health

Penyebab jerawat punggung dan wajah mungkin sama, namun cara mengatasinya tentu berbeda.

WowKeren - Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang mengganggu. Tidak hanya wajah, jerawat juga muncul pada bagian punggung. Apa kalian salah satu yang mengalaminya?

Penyebab jerawat punggung sendiri sama dengan jerawat pada wajah, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati dan menjamurnya bakteri. Perlu kalian ketahui bahwa kulit punggung dan dada lebih banyak mengandung sebum alias minyak kulit dan bakteri penyebab jerawat dibandingkan dengan bagian tubuh lain.


Penyebab jerawat punggung dan wajah mungkin sama, namun cara mengatasinya tentu berbeda. Hal ini lantaran punggung memiliki pori-pori lebih besar dibandingkan dengan wajah. Jadi, kulit punggung akan lebih mudah tersumbat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat punggung? Simak di sini, yuk!

(wk/nris)

1. Penggunaan Teh Hijau untuk Mengatasi Jerawat Punggung


Penggunaan Teh Hijau untuk Mengatasi Jerawat Punggung

Teh hijau merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk membakar lemak. Hal tersebut yang menyebabkan teh hijau banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain membakar lemak, teh hijau rupanya juga dapat kalian gunakan untuk mengatasi jerawat, termasuk yang berada di punggung. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin. Anti oksidan ini memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, kemerahan dan peradangan akibat jerawat juga dapat teratasi.

Untuk penggunaannya, kalian cukup menyeduh teh hijau pada air hangat. Kemudian aplikasikan ke punggung dengan cara menepuk-nepuk kapas yang telah dibasahi dengan air teh hijau. Lakukan perawatan ini dua kali sehari, ya.

2. Lemon dapat Mengatasi Jerawat Punggung


Lemon dapat Mengatasi Jerawat Punggung

Bahan alami selanjutnya adalah lemon. Buah satu ini mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Lemon juga memiliki kandungan antioksidan yang bauk untuk mengeluarkan racun alias detoksifikasi kulit, lho. Hal tersebut akan membuat jerawat tidak akan muncul kembali.

Cara memanfaatkan lemon sangat mudah. Gosokkan irisan lemon pada area kulit yang berjerawat dengan gerakan memutar. Kemudian tunggu hingga 10 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin sekitar satu hingga dua kali sehari, ya. Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya kalian mencampurkan lemon dengan air terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit agar asamnya berkurang.

3. Manfaat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat Punggung


Manfaat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tumbuhan yang eksistensinya di dunia kecantikan sangat tinggi. Mulai dari masalah kulit hingga rambut dapat diatasi dengan lidah buaya. Buat yang memiliki jerawat punggung, lidah buaya bisa jadi pilihan yang pas buat mengatasinya, lho.

Perlu kalian ketahui bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri lantaran terdapat kandungan polyphenol di dalamnya. Gel lidah buaya juga akan membantu kulit menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat punggung sangat gampang. Ambil gel dari daun lidah buaya, kemudian aplikasikan langsung pada bagian punggung yang terdapat jerawat dua kali sehari.

4. Atasi Jerawat Punggung dengan Madu


Atasi Jerawat Punggung dengan Madu

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak perlu dilakukan lagi. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang mengurangi gejala jerawat dan mencegah jerawatan. Sebuah penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan di Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine, madu telah lolos uji medis memiliki potensial untuk digunakan sebagai pengobatan luar terhadap infeksi yang kebal dengan antibiotik.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu langsung pada tubuh yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Kalian juga bisa menambahkan bubuk kayu manis sebelum dioleskan pada punggung.

5. Manfaatkan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat Punggung


Manfaatkan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat Punggung

Sifat antibakteri juga ditemukan pada kunyit. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Chemical and Pharmaceutical Bulletin tahun 2013, ditemukan zat curcumin pada kunyit dapat menghambat aktivitas bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kunyit juga akan menyeimbangkan pH kulit kalian.

Cara penggunaannya mudah. Campurkan kunyit dengan minyak wijen, kemudian oleskan pada area punggung yang berjerawat. Diamkan selama satu jam sebelum membilas bersih. Lakukan hal tersebut dua kali dalam sehari hingga jerawat punggung menghilang.

6. Langsung Mandi Jika Berkeringat


Langsung Mandi Jika Berkeringat

Tips selanjutnya adalah mengatasi keringat. Dr. Murad mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Nah, maka dari itu, kalian harus langsung mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

7. Jangan Menggunakan Pakaian Terlalu Ketat


Jangan Menggunakan Pakaian Terlalu Ketat

Nah, untuk para wanita, sebaiknya kalian tidak menggunakan pakaian longgar. Hal apapun yang memerangkap panas atau menyebabkan gesekan dapat memperburuk jerawat. Hal ini juga berlaku pada pakaian dalam seperti kaus atau bra, lho. Jadi, usahakan menggunakan pakaian yang longgar saja, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru