Fadli Zon Sebut Bantuan Jokowi untuk Perawatan Ani Yudhoyono Memang Kewajiban
Twitter/fadlizon
Nasional

Menurut Undang-Undang, setiap mantan presiden berhak mendapatkan sejumlah fasilitas negara.

WowKeren - Istri mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kristiani Herrawati, atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono, saat ini sedang menjalani perawatan medis di Singapura. Dalam video yang diunggah, SBY menyampaikan bahwa Ibu Ani menderita penyakit kanker darah.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi langsung mengirim tim dokter kepresidenan untuk membantu penanganan Ibu Ani. Atas bantuan tersebut, SBY mengucapkan terima kasih.

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon ikut memberikan komentar. Menurut Fadli, pengiriman tim medis ke Singapura bukan merupakan keputusan Jokowi. Melainkan sudah diamanatkan dalam Undang-Undang. Sehingga, hal itu sudah menjadi kewajiban Jokowi yang memang harus dipenuhi.

"Saya kira itu amanat Undang-Undang, bukan keputusan Pak Jokowi," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/2). "Itu memang kewajiban yang diperintahkan oleh Undang-Undang."

Adanya tim medis yang dikirim ke Singapura memang sudah menjadi hal yang seharusnya dilakukan. Sebab, dalam Undang-Undang yang ada, mantan presiden memiliki hak untuk memperoleh sejumlah fasilitas negara. Fasilitas tersebut meliputi bidang keamanan hingga medis.


Fadli kemudian mencontohkan beberapa mantan presiden Indonesia yang hingga saat ini masih mendapatkan fasilitas pengamanan. Seperti Habibie, Megawati, serta SBY sendiri. Sehingga, politikus Gerindra itu menegaskan bahwa pengutusan tim medis ke Singapura bukan karena Jokowi.

"Setiap mantan presiden kan itu mempunyai fasilitas. bahkan sampai sekarang fasilitas pengamanan pun masih diberikan untuk pak Habibie, Megawati, Pak SBY," jelas Fadli. "Itu bukan karena Pak Jokowi itu, karena amanat Undang-Undang."

Fadli sepakat dengan langkah SBY yang hingga kini terus mendampingi Ani di untuk menjalani perawatan. Menurutnya, itu merupakan keputusan yang tepat bagi SBY untuk memprioritaskan keluarga.

Fadli ikut merasa sedih dengan musibah yang menimpa Ibu Ani. Ia berdoa agar istri SBY tersebut cepat pulih dan keluarga SBY diberi ketabahan.

"Kita ikut bersedih dan mudah mudahan bisa disembuhkan, bisa pulih," lanjut Fadli. "Kita berharap pada keluarga Pak supaya diberi kekuatan. Kita ikut mendoakan bu Ani."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait