Wanita Wajib Waspada, Ini 9 Penyebab Keputihan yang Harus Diperhatikan
Health

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi, namun kondisi ini sangat mengganggu. Ketahui penyebabnya di sini.

WowKeren - Para wanita pasti sudah tidak asing dengan yang namanya keputihan. Keputihan sendiri sebenarnya hal wajar yang terjadi pada organ vital kewanitaan. Cairan yang keluar sebagai bentuk reaksi vagina untuk menjaga tubuh tetap sehat. Keputihan juga berfungsi sebagai pelumas vagina alami untuk melindunginya dari infeksi dan iritasi.

Namun, sebagian wanita mengalami keputihan yang terlalu banyak atau bahkan berbau. Hal ini tentu sangat mengganggu lantaran menyebabkan mereka tidak nyaman dan percaya diri. Apalagi bagi yang sudah memiliki suami.


Penyebab keputihan sendiri beragam. Mulai dari kebiasaan tidak sehat hingga penyakit. Parahnya, keputihan tidak normal juga bisa jadi tanda penyakit berbahaya, lho. Untuk selengkapnya, kalian bisa simak di sini.

Berikut 9 penyebab umum keputihan yang perlu kalian waspadai. Simak di bawah ini yuk!

1. Infeksi Saluran Kencing Sebabkan Keputihan


Infeksi Saluran Kencing Sebabkan Keputihan

Keputihan rupanya dapat disebabkan lantaran kalian menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK). Keputihan seperti ini ditandai dengan cairan yang keluar berlebihan, berbau tidak sedap dan juga berwarna gelap. ISK sendiri merupakan infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih dan bergerak menuju uretra.

Tubuh yang berusaha membersihkan vagina dari bakteri kemudian mengeluarkan cairan berlebih tersebut. Nah, maka kalian harus menjaga tubuh agar terhindai dari ISK. Ketahui bahan alami yang dapat menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih di sini.

2. Keputihan dapat Disebabkan Penggunaan Alat KB


Keputihan dapat Disebabkan Penggunaan Alat KB

Apa kalian salah satu wanita yang menggunakan alat kontrasepsi (IUD)? Perlu kalian tahu bahwa alat kontrasepsi yang berbentuk T tersebut dapat menyebabkan keputihan. IUD yang diletakkan dalam rahim bisa saja terinfeksi sehingga memicu pelepasan cairan putih yang berlebihan.

Hal ini dapat diatasi dengan menjaga kebersihan vagina. Namun, jika masih terjadi, sebaiknya kalian mengonsultasikan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

3. Sedang Ovulasi


Sedang Ovulasi

Penyebab keputihan enggak selalu tentang ovulasi, kok. Jika cairan keputihan terlalu banyak keluar bisa saja menandakan kalian tengah ovulasi atau berada pada fase paling subur di bulan itu. Jadi, hal ini wajar banget terjadi.

Nah, buat yang ingin segera memiliki momongan, kalian dapat memanfaatkan momen ini, lho. Kemungkinan hamil akan lebih besar dari pada hari-hari sebelumnya.

4. Keputihan Disebabkan Infeksi Jamur


Keputihan Disebabkan Infeksi Jamur

Penyebab selanjutnya adalah infeksi jamur. Keputihan yang dialami biasanya dalam tingkat ekstrem alias "banjir". Biasanya, cairan keputihan juga menyebabkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, kalian wajib lebih memperhatikan kebersihan vagina dalam kasus ini. Konsumsi bahan-bahan alami yang dapat mengatasinya. Selain itu, coba mandi dengan air hangat, namun jangan terlalu lama, ya.

5. Penggunaan Panty liner


Penggunaan Panty liner

Panty liner merupakan salah satu benda yang banyak digunakan wanita untuk menyerap cairan yang diproduksi tubuh di luar masa menstruasi. Namun, benda satu ini rupanya juga dapat menyebabkan keputihan, lho. Pasalnya, aliran udara ke vagina menjadi lembap dan berkeringat.

Selain itu, panty liner juga jadi salah satu penyebab munculnya Infeksi Saluran Kemih, lho. Seperti diketahui, bakteri mudah berkembang pada tempat yang lembap seperti panty liner. Untuk mengetahui penyebab ISK lainnya, kalian bisa simak di sini.

6. Pakaian dalam Terlalu Ketat


Pakaian dalam Terlalu Ketat

Vagina sebenarnya tidak boleh dalam kondisi lembap. Maka dari itu, hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat lantaran dapat menyebabkan keputihan. Hindari juga penggunaan celana dalam dengan bahan sintesis. Sirkulasi udara bisa terhambat dan tidak menyerap keringat sehingga jamur dan kuman cepat berkembang.

7. Membersihkan Vagina dengan Bahan Kimia seperti Sabun Khusus


Membersihkan Vagina dengan Bahan Kimia seperti Sabun Khusus

Saat ini, banyak sabun khusus organ vital beredar di pasaran. Padahal, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan sabun khusus tersebut. Seperti diketahui, vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.

Sebagai efek dari penggunaan sabun khusus organ vital, keputihan dapat terjadi. Selain itu, keputihan juga dapat disebabkan parfum untuk vagina, douche vagina, pelumas saat seks dan masih banyak lagi.

8. Penggunaan Kondom Sebabkan Keputihan


Penggunaan Kondom Sebabkan Keputihan

Alat kontrasepsi lainnya seperti kondom juga dapat menyebabkan keputihan, lho. Sebagian wanita alergi terhadap kondom, terutama yang memiliki aroma wangi. Kondom tersebut dapat menimbulkan reaksi negatif pada organ vital wanita, yakni keputihan. Maka dari itu, sebaiknya pikirkan ulang penggunaan kondom saat berhubungan intim, ya.

9. Keputihan Disebabkan Oleh Infeksi Menular Seksual


Keputihan Disebabkan Oleh Infeksi Menular Seksual

Infeksi Menular Seksual (IMS) tentu merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan kematian. IMS disebabkan oleh lantaran berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi. Sehingga hal ini dapat menyebabkan pelepasan cairan keputihan yang berlebihan bahkan berbau busuk. Selain itu, akan terdapat rasa gatal yang mirip terbakar.

Simak cara mengatasi keputihan dengan bahan-bahan alami tanpa efek samping di sini. Mengatasi keputihan juga harus dilakukan dengan menjaga vagina tetap bersih. Simak di sini untuk tips yang baik.

You can share this post!

Related Posts
Loading...