TKN Sebut Ma'ruf Amin Lebih Kuasai Debat, Sindir Sandiaga Necis Tapi Tak Paham Persoalan Bangsa
Nasional

Sekretaris TKN menyebut Ma'ruf merupakan sosok visioner dan bersemangat muda daripada Sandiaga.

WowKeren - Sejumlah tokoh politik mengomentari jalannya debat cawapres yang berlangsung pada Minggu (17/3) kemarin. Debat yang menampilakn Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Budaya.

Kritikan atas penampilan Sandiaga Uno disampaikan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo, Hasto Kristiyanto. Daripada Sandiaga, ia menyebut penampilan Ma'ruf Amin lebih maksimal.

Hasto menilai jika tampilan Sandiaga tak sebanding dengan pemahamannya soal bangsa dan negara. "Berbeda dengan Sandi yang tampilannya dengan jas necis tapi tidak memahami persoalan bangsa dan negara," ujar Hasta usai debat di rumah aspirasi Jokowi-Ma'ruf, Jakarta, Minggu (17/3).

Beberapa istilah berhasil diungkapkan Ma'ruf dalam debat yang berlangsung di hotel Sultan, Jakarta tersebut. Untuk itu, Hasto mengaku takjub dengan performa Ma'ruf yang dinilai di luar dugaan. "Hal ini yang membuat Kiai Ma'ruf tampil unggul dari Sandi yang praktis tanpa terobosan," sambung Hasto.


Pujian senada juga disampaikan oleh pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya. Meski mengakui persiapan matang yang sudah dilakukan kedua cawapres, Yunarto menjelaskan jika Ma'ruf tampil lebih unggul lantaran efek kejut yang dimiliknya.

"Yang lebih memiliki efek kejut itu Kiai Ma'ruf, karena memang ekspektasi yang tidak terlalu tinggi kepada Kiai Ma'ruf, tetapi artikulatif sekali," jelas Yunarto. "Jauh berbeda seperti apa yang ditampilkan di debat pertama."

Debat cawapres yang berlangsung semalam juga diwarnai beberapa peristiwa menarik. Salah satunya ketika Sandiaga sempat memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Ma'ruf sebelum memulai debat. Seperti diketahui, pasangan Joko Widodo dalam Pilpres 2019 ini berulang tahun pada 11 Maret lalu.

"Yang saya muliakan K.H. Maruf Amin, abah ... selamat ulang tahun ke-76," sapa Sandiaga ramah. "Semoga abah tetap sehat walafiat mengemban tugas negara," lanjut Sandiaga yang disambut aplaus meriah dari para penonton.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru