Ampuh Sembuhkan Patah Hati, Konsumsi 10 Makanan Ini Demi Kesehatan Mental
Health

Patah hati bukan hal sepele lantaran dapat berubah menjadi depresi. Simak di sini cara mengatasinya.

WowKeren - Ketika suatu hubungan sepasang kekasih berakhir, satu hal yang "menyerang" keduanya adalah patah hati. Menurut pakar kesehatan, patah hati dapat berakibat buruk untuk kesehatan, seperti kecemasan hingga depresi, lho.

Buat yang sedang galau, perlu kalian tahu bahwa patah hati dan makanan ternyata punya hubungan yang cukup erat. Makanan tertentu rupanya dapat menyembuhkan patah hati, lho. Secara tak langsung, makanan tersebut berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mood kalian. Ketika kesehatan dan mood terjaga, otomatis patah hati dapat sembuh.

Berikut 10 makanan yang dapat menyembuhkan patah hati. Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Cokelat dapat Mengatasi Patah Hati


Cokelat dapat Mengatasi Patah Hati

Kalian pasti sudah tahu bahwa cokelat dapat meningkatkan mood seseorang. Hal ini membuat cokelat menjadi makanan yang paling direkomendasikan ketika patah hati. Cokelat mengandung feniletilamina sebagai antidepresan sehingga menimbulkan perasaan bahagia.

Cokelat akan meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Kandungan tersebut akan memengaruhi perasaan seseorang sehingga perasaan menjadi lebih nyaman. Kalian dapat memilih dark chocolate yang rasanya tidak terlalu manis. Simak manfaat lain cokelat di sini.

2. Obati Patah Hati dengan Bayam


Obati Patah Hati dengan Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan mata, membuat rambut kuat, membuat lebih cerdas hingga mencegah kanker payudara, lho. Nah, rupanya, bayam juga dapat dimanfaatkan sebagai obat patah hati.

Kandungan dalam bayam, yakni asam folat dan magnesium memiliki fungsi untuk mencegah depresi. Sayuran satu ini dapat mengatasi tubuh lelah, otot kejang dan detak jantung yang tak normal. Kalian dapat mengolah bayam menjadi jus, salad atau dimasak.

3. Manfaat Kacang-Kacangan untuk Patah Hati


Manfaat Kacang-Kacangan untuk Patah Hati

Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung protein, mineral, omega 3 dan asam lemak. Makanan satu ini biasanya dijadikan camilan bagi mereka yang tengah diet. Nah, buat yang lagi galau ditinggal pasangan, konsumsi kacang-kacangan dapat menenangkan kalian.

Almond mengandung antidepresan alami, yaitu magnesium dan zinc. Selain itu, kacang-kacangan akan membantu tubuh memproduksi dopamin lebih banyak. Hormon sati ini membuat perasaan kalian lebih nyaman dan senang.

4. Konsumsi Oatmeal Agar Perasaan Membaik


Konsumsi Oatmeal Agar Perasaan Membaik

Makanan selanjutnya adalah oatmeal. Makanan yang kerap disantap saat sarapan ini mampu menstabilkan kadar gula dalam darah dan menstimulasi produksi hormon serotonin. Kalian dapat mengonsumsi oatmeal bersama dengan susu dan buah-buahan, seperti pisang yang mengandung triptofan, serotonin dan norepinefrin yang mampu mendorong perasaan santai dan nyaman.

5. Macam-Macam Beri dapat Obati Patah Hati


Macam-Macam Beri dapat Obati Patah Hati

Tak hanya pisang, kalian dapat mengonsumsi oatmeal dengan berbagai macam jenis beri. Perlu kalian tahu bahwa berbagai jenis beri dapat menghambat atau mengurangi hormon kortisol pada tubuh. Hormon tersebut punya peran positif antara konversi protein menjadi glukosa, konstribusi pada kerja sistem kekebalan tubuh dan juga mengirangi peradangan.

Saat depresi atau cemas, tubuh akan meningkatkan kadang kortisol dalam tubuh. Jadi, buah beri seperti stroberi, beri hitam, blueberi dan lainnya dapat mengurangi hormon tersebut.

6. Ikan Akan Mengurangi Patah Hati


Ikan Akan Mengurangi Patah Hati

Siapa yang tak suka ikan? Wah, kalian bakal rugi banget kalau tidak suka mengonsumsi makanan satu ini. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengatasi depresi. Tentu hal ini juga baik bagi kalian yang tengah galau.

Tak hanya itu, vitamin yang terkandung di dalamnya mampu memproduksi hormon pendorong perasaan menjadi lebih baik. Maka dari itu, mari konsumsi ikan demi menjaga kesehatan mental kalian.

7. Cabai Membuat Perasaan Lega


Cabai Membuat Perasaan Lega

Tak banyak yang tahu bahwa cabai bermanfaat untuk membuat perasaan lega dan menghilangkan rasa sakit. Hal tersebut lantaran cabe merangsang pelepasan hormon endorfin. Bagi yang tengah patah hati, mungkin kalian dapat mencoba mengonsumsi makanan pedas.

Cabai juga dapat menurunkan berat badan, lho. Studi di University of Wyoming menyampaikan bahwa capsaicin dalam cabai dapat mengubah lemak yang disimpan menjadi lemak yang dapat dibakar untuk energi. Patah hati sembuh, berat badan pun menurun. Simak manfaat cabai lainnya di sini.

8. Manfaat Bawang Putih untuk Sembuhkan Patah Hati


Manfaat Bawang Putih untuk Sembuhkan Patah Hati

Makanan selanjutnya adalah bawang putih. Bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat ini dapat menyembuhkan patah hati dengan kandungan sulfur. Kandungan tersebut yang penting untuk meningkatkan mood dan energi secara bersamaan. Bawang putih juga dapat mencegah banyak penyakit berbahaya, simak di sini.

9. Gunakan Bawang Merah untuk Atasi Patah Hati


Gunakan Bawang Merah untuk Atasi Patah Hati

Tak hanya bawang putih, bawang merah pun memiliki manfaat yang sangat banyak. Bawang merah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan lain dalam bawang merah juga sudah diteliti ampuh membunuh sel-sel kanker tiga kali lebih baik daripada jenis bawang lain. Simak manfaat bawang merah untuk mengatasi 6 jenis kanker berbahaya di sini.

Bawang merah juga akan meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan menjadi lebih baik. Coba konsumsi bawang merah dan bawang putih bersamaan dalam suatu masakan agar galau dalam diri kalian hilang.

10. Jahe Sembuhkan Patah Hati


Jahe Sembuhkan Patah Hati

Pernah terpikirkan untuk mengonsumsi jahe saat sedang patah hati? Jahe rupanya dapat mendorong peningkatan energi tubuh sehingga kalian merasa lebih bersemangat. Rempah satu ini juga dapat melarutkan kalsium yang terkandung dalam tubuh.

Saat mengonsumsi jahe, tubuh akan menjadi lebih hangat. Perasaan pun semakin nyaman. Untuk memanfaatkannya mudah, cukup seduh atau rebus jahe dalam air. Tambahkan madu jika tidak menyukai rasa pedas pada jahe.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru