Ini 7 Kafe Asyik nan Instagramable yang Bisa Kalian Temukan di Kota Lama Semarang
Kuliner

Filosofi Kopi, Spiegel Bar & Bistro, Tekodeko Koffiehuis dan lainnya enggak boleh kalian lewatkan kalau ke kawasan Kota Lama Semarang! Ayo cari tahu di sini!

WowKeren - Jakarta memiliki kawasan Kota Tua yang menjadi objek wisata menarik wisatawan. Semarang pun memiliki kawasan serupa yang tak kalah menariknya, yakni Kota Lama.

Kawasan ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Atlas di abad 19-20. Terdapat sekitar 50 bangunan kuno yang mengusung gaya arsitektur Eropa tahun 1700an.

Bangunan yang berada di Kota Lama masih terjaga keasliannya. Banyak yang digunakan menjadi tempat makan atau museum yang menarik perhatian. Pembangunan jalanan pun terus dilakukan agar wisatawan semakin nyaman dan tertarik untuk jalan-jalan di kawasan Kota Lama Semarang.


Berkunjung ke Kota Lama Semarang, enggak lengkap rasanya jika melewatkan kuliner yang ada di sana. Berbagai kuliner tradisional Semarang dapat kalian temukan, bahkan penjualnya terbilang legendaris, lho.

Selain itu, kalian uga tak boleh lupa nongkrong asyik di kafe yang tersebar di Kota Lama Semarang. Lantaran lokasinya yang kuno, banyak kafe di Kota Lama yang juga menyajikan konsep retro, nih. Cocok banget buat jadi feed Instagram.

Nah, berikut 7 kafe di Kota LKama Semarang yang wajib banget kalian kunjungin. Ayo simak di bawah ini!

(wk/nris)

1. Hero Coffee Indonesia, Pahlawan Petani Kopi


Hero Coffee Indonesia, Pahlawan Petani Kopi
Instagram

Tempat pertama yang dapat kalian kunjungi di kawasan Kota Lama Semarang adalah Hero Coffee Indonesia. Kafe satu ini memiliki interior desain yang bergaya rustic dan vintage sehingga membuat pengunjungnya nyaman berlama-lama nongkrong bersama teman atau keluarga. Kalian sudah dapat melihat betapa "kuno"-nya desain kafe ini sejak pertama melihatnya.

Perlu kalian tahu bahwa Hero Coffee sendiri didirikan untuk mengangkat petani kopi lokal dan meningkatkan penjualan produk mereka. Jadi, kafe ini selalu membeli bahan pembuatan kopi dari petani-petani di Tanah Air.

Hero Coffee terbilang cukup padat dengan banyaknya kursi-kursi kecil sehingga dapat menampung pengunjung lebih banyak. Kalian juga dapat memilih tempat duduk di indoor ataupun outdoor. Pada bagian dalamnya, terdapat pula taman kecil yang indah. Untuk menunya, Hero Coffee tak hanya menyajikan kopi dan camilan, namun juga makanan berat seperti Beef Noodles Soup, Iga Bakar Madu, Rice Bowl Teriyaki dan masih banyak lagi.

2. Baca Buku Sambil Ngopi di Library Cafe John Dijkstra


Baca Buku Sambil Ngopi di Library Cafe John Dijkstra
Instagram

Buat yang suka baca buku sambil bersantai minum kopi, mungkin Library Cafe John Dijkstra di kawasan Kota Lama Semarang bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasi ini memadukan konsep perpustakaan dan kafe yang bisa digunakan untuk belajar atau sekedar nongkrong bareng teman-teman sambil diskusi ringan.

Library Cafe John Dijkstra terbilang baru, kafe ini dibuka pada 2016 lalu. Kafe ini dibangun dengan nama romo asal Belanda yang aktif dibidang pelayanan gereja dan kebudayaan. John Dijkstra sendiri meninggal di Semarang pada 2003 silam.

Dilihat dari luar, Library Cafe John Dijkstra memang tidak se-megah kafe instagramable lainnya, namun kafe ini sangat ramai pengunjung, lho. Pada lantai dua, kalian akan menemukan sekitar 500 hingga 1.000 buku yang dapat dibaca secara gratis. Nuansa kuno yang dipertahankan dari kafe ini membuat banyak pengunjung betah membaca buku. Kafe ini juga menyediakan tempat untuk membuat acara, lho.

3. Vercoffee di Kota Lama Semarang


Vercoffee di Kota Lama Semarang
Instagram

Selanjutnya adalah Vercoffee yang buka 24 jam. Kafe ini bakal cocok buat kalian pecinta kopi yang pengen nongkrong tengah malam. Kafenya memang tidak terlalu besar, namun kalian dijamin nyaman nongkrong belama-lama di Vercoffee.

Vercoffee memiliki dua lantai. Buat yang ingin merokok, kalian dapat naik ke lantai dua. Untuk kopi yang disajikan sangat beragam, mulai dari single origin, espreso, latte, americano, affogato dan masih banyak lagi. Buat yang enggak suka ngopi juga banyak minuman yang tersedia kok. Menu makanan di Vercoffee pun enggak cuman yang ringan tapi juga berat seperti spageti dan nasi.

4. Bersantai di Gelato Matteo


Bersantai di Gelato Matteo
Instagram

Tak hanya tempat ngopi asyik, terdapat kafe yang menyajikan gelato di kawasan Kota Lama Semarang, yakni Gelato Matteo. Kafe ini cukup mencolok dengan tulisan besar dengan lampu neon biru di depan kafenya.

Interior di Gelato Matteo ini sangat manis dengan dominan warna biru serta pernak -pernik lucu yang berwarna-warni. Kalian akan merasakan keceriaan saat berkunjung ke lokasi ini. Jangan lupa abadikan foto untuk mengisi feed Instagram, ya. Dijamin bakal kece banget, deh.

Nah, varian rasa yang disajikan di Gelato Matteo ini juga sangat beragam. Mereka juga menyediakan pilihan cone dan topping, lho. Kafe ini juga menyediakan varian menu lain seperti Gelato Cake, muffin, frappe, smoothies, milk shake, berbagai kopi dan masih banyak lagi. Wah, jadi makin tertarik ke Gelato Matteo, ya!

5. Filosofi Kopi Kini Hadir di Semarang


Filosofi Kopi Kini Hadir di Semarang
Instagram

Kalian pasti sudah tidak asing dengan Filosofi Kopi, kan? Berawal dari sebuah antologi cerpen milik Dewi Lestari, kemudian di-filmkan dan kini menjadi kedai ngopi yang hits banget. Tempat ngopi ini didirikan oleh Angga Dwimas Sasongko, Chicco Jerikho, dan Rio Dewanto yang berperan dalam "Filosofi Kopi".

Kehadiran Filosofi Kopi di kawasan Kota Lama Semarang ini membuat wisatawan semakin tertarik berkunjung. Peresmian salah satu cabangnya di Semarang baru saja dilakukan pada 11 Maret lalu, lho.

Kalian dapat menemukan berbagai jenis kopi khas Nusantara yang dipadu dengan ragam varian di Filosofi Kopi. Kafe ini juga menyajikan berbagai makanan pendamping seperti pancake, waffle, kentang goreng, churros, samosa, lumpia, serta kue manis berupa oreo cheese cake, red velvet dan lainnya.

6. Tekodeko Koffiehuis, Tempat Nongkrong Asyik dan Nyaman


Tekodeko Koffiehuis, Tempat Nongkrong Asyik dan Nyaman
Instagram

Kafe selanjutanya adalah Tekodeko Koffiehuis. Kafe satu ini baru saja dibuka pada tahun 2015 lalu tak jauh dari Gereja Blenduk. Popularitasnya cukup cepat berkembang apalagi dengan nuansa rustic ala Eropa yang menarik pengunjung.

Suasana di Tekodeko Koffiehuis sangat nyaman dan tidak berisik sehingga kalian yang datang sendirian juga tidak akan terganggu dengan pengunjung lain. Kafe satu ini mengusung konsep hommy ala rumah Belanda. Apalagi bangunannya memang peninggalan Belanda yang pernah dijadikan hotel, pabrik dan rumah pribadi.

Menu andalan dari Tekodeko Koffiehuis adalah kopi akulturasi. Namun bagi kalian yang enggak suka ngopi, banyak jenis minuman lain yang disediakan, kok. Lokasi ini juga menjadi tempat nongkrong para turis asing, lho.

7. Spiegel Bar & Bistro yang Bergaya Spanish Colonial


Spiegel Bar & Bistro yang Bergaya Spanish Colonial
Instagram

Jalan-jalan di Kota Lama Semarang, enggak lengkap rasanya jika kalian melewatkan nongkrong di Spiegel Bar & Bistro. Meski bakal mengeluarkan uang cukup banyak, kalian tidak akan menyesal berkunjung ke kafe dengan gaya Spanish Colonial ini.

Bangunan yang digunakan untuk mendirikan Spiegel Bar & Bistro merupakan bangunan tua yang tidak terawat. Bangunan ini kemudian direnovasi oleh pemilik tempat makan tersebut dengan tidak menghilangkan unsur "tua"-nya.

Lokasi ini tidak memiliki skat apapun di dalamnya. Jadi, bar dan tempat duduk biasa berada di dalam satu ruangan. Suasananya sangat nyaman dengan live music dan makanan khas Eropa. Menu makan sendiri beragam, hanya saja dominan makanan Eropa yang rasanya masih sangat dipertahankan, lho.

Nah, selain kafe asyik di kawasan Kota Lama, Semarang juga memiliki banyak makanan legendaris yang wajib kalian cobain. Simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel