Survei Charta Politika Sebut Prabowo Ketua Umum Partai Paling Disuka, Megawati Kedua
Facebook/Prabowo Subianto
Nasional

Survei tersebut dilakukan dengan melibatkan 2.000 orang responden dari 34 provinsi di Indonesia. Setelah Prabowo dan Megawati, ada SBY di peringkat ketiga.

WowKeren - Lembaga Survei Charta Politika kembali merilis hasil survei mereka. Bukan tentang elektabilitas Paslon, namun mengenai animo masyarakat terhadap ketua umum partai politik.

Dalam survei yang dilakukan antara rentang waktu 19-25 Maret 2019, Charta Politika menyebutkan bahwa Prabowo Subianto adalah ketua umum partai yang paling disukai oleh masyarakat. Ada 25,2 persen responden yang menyukai pola kepemimpinan Prabowo di Partai Gerindra.

"Jadi ketua umum partai yang paling disukai urutannya adalah memang masih Prabowo Subianto," kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Kamis (4/4). "Itu paling disukai dari semua ketua umum yang ada."

Di peringkat kedua, ada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Adapun tingkat perolehannya berada di angka 19,9 persen. Sedangkan di urutan ketiga ada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan persentase 18,1 persen.


Muslimin menuturkan bahwa sosok ketua umum partai bisa mempengaruhi simpati rakyat untuk memilih Caleg yang berasal dari Parpol tersebut. Sehingga hal ini cukup mempengaruhi perolehan suara nantinya. Dikatakan Muslimin, hal tersebut sudah terbukti dengan banyaknya masyarakat yang setia memilih partai tertentu lantaran melihat figur ketua umumnya.

Sementara itu untuk kasus Partai Gerindra, Muslimin mengatakan bahwa hal itu tak lepas dari citra Prabowo. Selain itu, partai ini juga yang mengusung Prabowo-Sandiaga Uno maju ke Pilpres 2019.

"Gerindra mendapatkan coat-tail effect yang sangat signifikan," jelas Muslimin. "Pertama karena alasan figur ketua umumnya Prabowo Subianto dan karena partai ini mengusung pasangan Prabowo-Sandiaga."

Di peringkat keempat hingga keenam, berturut-turut ada Ketum PKB Muhaimin Iskandar (6,9 persen), Ketum Partai Nasdem Surya Paloh (4,4 persen), dan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo (2,9 persen.) Selanjutnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan meraup persentase 1,3 persen dan disusul dengan Ketum PSI Grace Natalie sebesar 1,2 persen.

Adapun survei ini dilakukan secara menyeluruh di 34 provinsi di Indonesia dengan melibatkan 2.000 orang responden. Survei dilaksanakan dengan metode wawancara tatap muka secara langsung dengan memakai kuisioner.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait