Megawati Bicara Rumitnya Persoalan Bangsa, Tak Serta Merta Beres Hanya Dengan Ganti Pemimpin
Nasional

Megawati heran dengan pihak-pihak yang beranggapan bahwa dengan mengganti presiden maka seluruh persoalan bangsa akan selesai sebab hal ini memerlukan serangkaian proses.

WowKeren - Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengelola negara tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sejumlah masalah dari berbagai sektor tak pernah absen untuk menyita perhatian untuk segera diselesaikan.

Penyelesaian persoalan bangsa yang kompleks tentu saja memerlukan proses yang panjang. Begitu pula dengan Indonesia. Ditambah lagi dengan kondisi Indonesia yang amat luas dengan ratusan juta penduduk yang perlu diatur.


Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDPIP) Megawati Soekarnoputri menjelaskan bahwa untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang rumit perlu adanya proses-proses yang berkelanjutan. Ia mencontohkan seperti masalah lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Dikatakannya, pemerintah Joko Widodo alias Jokowi terus berupaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Oleh sebab itu, ia tidak sepakat jika ada pihak-pihak yang memberikan narasi seolah-olah persoalan bangsa bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Sebab, pemerintah Jokowi yang sudah berbuat banyak saja hingga kini masih belum bisa menuntaskan secara sempurna.

"Sudah banyak yang dilakukan, apa pun juga tidak bisa saya mengatakan umpamanya di pihak sana memberikan nuansa bahwa dalam satu hari solusinya bisa satu hari," kata Megawati di Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat, Kamis (4/4). "Tidak bisa apalagi masalah lingkungan, masalah bagaimana manusia itu."

Selain itu, ia mempertanyakan pihak-pihak yang beranggapan bahwa jika pemimpin negeri ini diganti maka persoalan bangsa akan selesai. Ia heran dengan pola pikir orang Indonesia yang maunya serba instan. Sebab, menangani persoalan bangsa tidak bisa dilakukan sekejap mata.

"Saya selalu berpikir kenapa sih orang Indonesia rasanya mulai kehilangan kesabaran," tegas Megawati. "Sehingga sifatnya instan, kalau ini tidak cocok ganti aja."

Berganti presiden tak serta merta akan menyelesaikan persoalan bangsa ini. "Padahal tak bisa begitu, apakah sudah ada sebuah hal yang sangat praktis yang akan menentukan bahwa kalau ada pergantian itu akan menyelesaikan semua persoalan?" imbuh mantan presiden ke-5 RI tersebut.

Ia yakin bahwa solusi penyelesaian persoalan bangsa tak bisa hanya dilakukan dengan mengganti presiden. "Saya berani ngomong enggak akan, saya kan pernah jadi presiden," pungkas Megawati.

You can share this post!

Related Posts
Loading...