Jokowi Resmikan Halal Park di Kompleks GBK, Target Datangkan 158 Juta Turis Muslim di 2020
Nasional

Sejalan dengan meningkatnya kunjungan turis muslim ke Indonesia, Presiden Jokowi terus berupaya mengembangkan wisata halal, salah satunya dengan Halal Park.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dalam kesempatan itu, ia bersyukur karena Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia telah mampu mengembangkan industri pariwisata halal dengan pesat.

"Alhamdulillah sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, perkembangan industri halal sangat pesat," kata Jokowi saat memberikan pidato di Halal Park, Jakarta, Selasa (16/4). "Menurut Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia memenangi peringkat yang pertama. Ini sebuah capaian yang sangat bagus. Baru saja ini diumumkan."


Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan sepanjang 2018 ada 140 juta wisatawan muslim yang datang ke Indonesia. Optimis untuk terus mengembangkan ide wisata halal, Jokowi menargetkan akan ada 158 juta turis muslim yang berkunjung ke Indonesia pada 2020 mendatang.

"Tahun 2018 ini ada 140 juta wisatawan muslim. Dengan spending online sampai 35 miliar dolar AS," jelas Jokowi. "Jumlah turis muslim dunia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan tahun 2020 diproyeksikan akan mencapai jumlah 158 juta orang. Ini sebuah jumlah besar sekali."

Salah satu bentuk komitmen untuk mengembangkan wisata halal adalah dengan Halal Park. Di sini akan dibangun Halal District seluas 21 ribu meter persegi. Dikatakan Jokowi, nilai investasi proyek ini bahkan mencapai Rp 250 miliar.

"Dan hari ini, ini adalah sesuatu yang telah kita mulai, Halal Park sebagai embrio pembangunan Halal Disrict yang juga akan dibangun di sini," terang Jokowi. "Akan dibangun Kurang lebih 21 ribu meter persegi bangunan dan ruangnya dan mencapai nilai investasi bangunan Rp250 miliar, akan dikerjakan di sini."

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga turut hadir dalam acara peresmian tersebut, mengatakan bahwa Distrik halal harus dibuat berbeda dari yang lain. Yang lebih penting, distrik ini harus mengedepankan konsep ramah lingkungan.

"Kami ingin betul membuat bagaimana sih kita membedakan distrik halal dengan yang lain," kata Rini di Jakarta, Selasa (16/4). "Yang kami mau tekankan distrik halal ini harus sustainable dan friendly dengan lingkungan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...